span 1 span 2 span 2

Inspirasi

Christian Sugiono: Dalam Meraih Karier Dan Mimpi
Oleh : Nanda Aulia Rachman
02 Mei 2018

Highlight

Hargai dan hormatilah orang lain jika kamu ingin dihormati dan dibantu untuk menuju kesuksesan

Christian Sugiono
Christian Sugiono adalah seorang selebriti yang kini dikenal seabagai seorang pengusaha pendiri situs Malesbanget.com.
Sumber: klimg.com

Fenomena selebriti yang banting setir menjadi pebisnis bukanlah hal biasa. Akan tetapi, Cuma sedikit dari mereka yang sukses, handal dan juga mencintai bisnisnya. Kinibisa mengangkat Christian Sugiono sebagai salah satu dari mereka yang berhasil menggapai mimpinya. Ia merupakan pendiri Malesbanget.com dan Setipe.com.



"Entrepreneur yang sukses menurutku itu mereka yang mencintai apa yang mereka lakukan. Mereka harus melakukan itu dengan dasar yang kokoh, bukan karena uang semata. Jika uang menjadi motif utama, maka kamu kehilangan esensi."

Christian Sugiono lahir di Jakarta, 25 Februari 1981. Lelaki yang akrab dipanggil Tian dikenal sebagai seorang aktor, model, bintang iklan, dan wirausahawan. Ia mulai dikenal dari karirnya sebagai model untuk peragaan busana, majalah dan iklan. Selidik punya selidik, ternyata Tian memiliki minat yang besar dalam bidang teknologi internet dan digital. Malesbanget.com (MBDC) dan Setipe.com merupakan salah satu unit bisnis lelaki blasteran jerman ini.

Rekam Jejak di Dunia Hiburan
 

Suami dari Titi Kamal ini sudah menggeluti dunia modelling sejak duduk di sekolah menengah atas. Kover majalah Hai sudah sering dihiasi paras tinggi tegap Christian Sugiono muda pada 1997. Peragaan busana dan iklan juga tidak ketinggalan menginginkan jasa lelaki Tian 36 tahun ini. Selain melenggak lenggokan badan, Tian juga menguasai alat musik piano, gitar, bass dan drum ini pernah menjadi anggota grup musik “foto” dan berhasil menempati posisi kedua di Indie Lapan Radio Prambors tahun 1998.

foto dengan istri
Tian berfoto dengan sang istri Titi Kamal.
Sumber: gozzip.id

Tahun 2000, lelaki dengan tinggi 184 cm ini melanjutkan studinya ke Technische Universität Hamburg, Hamburg mengambil program studi teknologi informasi. Setelah enam tahun menempuh pendidikan, Tian kembali ke Jakarta tanpa gelar. Sekembalinya ke Jakarta, dia langsung berganti girnya dan fokus ke akting dan modelling. Tian, dengan cerdik, menggabungkan kompetensinya di ilmu komputer dan ketertarikannya terhadap industri hiburan. Ia membuat berbagai situs tentang teknologi dan aktif menjadi kontributor bagi majalah Trax dan MTV. Ulasan konser-konser dan festival musik musim panas di Eropa menjadi bahasan utama dalam tulisannya.

baca juga: kisah inspiratif Chairul Tanjung

Di dunia hiburan, ayah dari Arjuna Zayan Sugiono ini eksis di berbagai film dan sinetron. Masyarakat Indonesia sudah hafal dengan wajah bule-nya karena sering mejeng di layar kaca. Kemampuan aktingnya tak kalah dengan kepiawaiannya dalam dunia modelling.

Pada tahun 2004 ia dinobatkan sebagai The Sexiest Male Celebrity Insert Award. Tian juga sempat dinominasikan sebagai aktor terbaik di Festival Film Bandung berkat lakonnya di film Dunia Mereka, Aktor yang dikenal berkat perannya di Catatan Akhir Sekolah juga turut membintangi banyak film, sinetron dan serial TV, yakni:

  1. Penampilan di TV
    • 2014: Kita Nikah Yuk
    • 2014: Jakarta Love Story
    • 2013: Malam Minggu Miko
    • 2013: Yang Muda Yang Bercinta
    • 2011: Binar Bening Berlian
    • 2010: Dia Jantung Hatiku
    • 2010: Amanah Dalam Cinta
    • 2008: Alisa
    • 2007: Kasih
    • 2007: Ratu
    • 2007: Mukjizat Itu Nyata
    • 2007: Gantung – Melly Goeslaw
    • 2006: Mengejar Cinta
    • 2006: Dunia Maya
    • 2006: Foto Kotak dan Jendela
    • 2006: Pengantin Remaja
    • 2006: Dunia Tanpa Koma
    • 2006: Jomblo
    • 2004: Arti Cinta – Ari Lasso
  2. Penampilan film
    • 2016: Ada Apa Dengan Cinta 2
    • 2014: Aku, Kau dan KUA
    • 2013: Sang Pialang
    • 2010: Kabayan Jadi Milyuner
    • 2009: Rasa
    • 2008: Saus Kacang
    • 2008: Alisa
    • 2007: Tipu Kanan Tipu Kiri
    • 2007: Mukjizat Itu Nyata
    • 2006: Pengantin Remaja
    • 2006: Dunia Mereka
    • 2006: Jakarta Undercover
    • 2006: Foto Kotak dan Jendela
    • 2006: (Bukan) Kesempatan Yang Terlewat
    • 2006: Jomblo
    • 2005: Cinta Silver
    • 2005: Catatan Akhir Sekolah
Tertarik dengan Dunia Teknologi dan Bisnis
 

Sebagai seseorang yang sukses di dunia hiburan, Tian tidak melupakan pelajaran dan ilmu yang telah ia dapatkan selama menempuh bangku pendidikan. MBDC Media adalah salah satu proyek awal Tian yang berhasil ia kembangkan. Saat ditanya mengenai bisnisnya oleh storibrititi.com (14/01/2016), Tian mengaku mempunyai berbagai lini bisnis. "Kalau aku usaha di bidang teknologi, online media, online dating sama kalo yang konservatif ada properti," jelasnya.

memiliki ketertarikan dunia digital
Christian Sugiono mempunyai ketertarikan dengan dunia teknologi dan bisnis.
Sumber: tstatic.net

Lelaki yang menikah pada tahun 2009 mengaku bahwa ia lebih memilih berbisnis dibandingkan dengan berakting. Jika ingin menilik awal mula ide bisnis Christian Sugiono, kita harus menarik diri ke tahun 2001. Semua bermula ketika iabertemu dengan Aryo Sayogha dan Arianjie Az, bakal co-founder MBDC, di Internet Relay Chat (IRC) saat berkuliah di Jerman.

Malesbanget, yang merupakan situs humor, awalnya terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia yang berkuliah negeri dan kangen akan rumah. Akhirnya pada tahun 2002, Tian dan ketiga kawannya memutuskan untuk membeli domain malesbanget.com.

“Kami membuat situs dengan konten humor khas Indonesia. Arianjie dan saya menulis banyak artikel waktu itu. Aryo yang bertugas untuk mengambil gambar dan ada beberapa teman juga yang ikut membantu.” jelas Tian dikutip dari Techinasia (13/09/2014).

Namun setelah itu, Malesbanget mengalami mati suri pada 2006 karena Tian dan yang lain fokus ke projek mereka yang lain, Subtube Studio. Akan tetapi, ketiga sekawan ini kembali membangkitkan MBDC pada tahun 2011 karena masih penasaran dan terpacu membuat portal media yang menyenangkan dan menghibur. MBDC Media didirikan tahun 2011 dan membawahi segala proyek yang dipegang oleh Tian dkk yakni Subtube, Malesbanget, Kamusslang, dll.

Salah satu proyek terbaru yang sedang dikerjakan oleh Christian adalah Setipe.com. Situs ini ditujukkan untuk mereka yang ingin menemukan jodoh secara daring. Ide ini didapatkannya karena rasa kapoknya dengan hubungan jarak jauh (LDR) dengan pasangannya, Titi Kamal.

Ia mengaku harus bekerja lebih keras karena kehabisan uang untuk tetap menjaga komunikasinya selama menjalani hubungan jarak jauh. "Tapi karena uangnya sering dipakai untuk LDR, biaya hidup yang tadinya cukup untuk sembilan bulan, habis dalam waktu tiga bulan," ungkap ayah satu anak itu dikutip dari detik.com (04/02/2017).

Founder Setipe ini mengakui bahwa sudah banyak pasangan yang berhasil dijodohkan lewat media daring ini. "Sudah ada 100 pasangan yang berhasil jadi suami istri. Member aktif kami sudah lebih dari 800 ribu," ujar Tian ketika ditemui di SCBD, dikutip dari Tribunnews (25/08/2016).

dengan tim
Christian Sugiono dan tim Malesbanget.com.
Sumber: cloudfront.net

Malesbanget.com 2.0
 

Pada saat itu, apa yang dilakukan Christian merupakan sebuah gebrakan karena portal daring saat itu berfokus terhadap berita, olahraga, hiburan atau politik. MBDC langsung menentukan segmentasi khalayaknya terhadap remaja dan lelaki muda. Tian meyakini bahwa apa yang ia lakukan dapat menarik pihak-pihak yang ingin beriklan dengan cara kreatif dan berbeda.

Selain mengawasi, Tian juga menjadi otak atas inovasi yang dilakukan MBDC. Ia turun langsung dalam produksi konten video dan program Jalan Jalan Men, program travelling yang sukses juga ditayangkan di Global TV.

Pertengahan 2014, Takeshi Ebihara dari firma kapital venture asal Jepang, Redbright Partners mengontak MBDC soal ketertarikannya terhadap apa yang dilakukan MBDC. Setelah beberapa kali bertemu di Jakarta dengan 500 Startup, firma kapital venture besar di Asia Tenggara.,akhirnya mereka mengumumkan kerjasama secara resmi pada 4 September 2014.

“Mereka tertarik dengan kami (MBDC) karena permintaan pasar akan konten daring, terutama video. Permintaan itu terus meningkat dan mereka menilai bahwa MBDC mampu menelurkan ide-ide kreatif untuk ini.” Ujar Tian dikutip dari Techinasia (13/09/2014)

Soal menjadi wirausahawan yang sukses, Tian mengaku bahwa tekad kuat dan kemampuan untuk menghadapi orang lain adalah hal yang terpenting.  “Entrepreneur yang sukses menurutku itu mereka yang mencintai apa yang mereka lakukan. Mereka harus melakukan itu dengan dasar yang kokoh, bukan karena uang semata. Jika uang menjadi motif utama, maka kamu kehilangan esensi” ungkap lelaki yang berdarah Jawa ini kepada Prestige Online.

baca juga: kisah inspiratif Chelsea Islan

Mentalitas yang kuat, belajar dari kesalahan, dan tim yang solid menjadi beberapa kunci sukses yang mutlak bagi Christian Sugiono. “Hargai dan hormatilah orang lain jika kamu ingin dihormati dan dibantu untuk menuju kesuksesan.” Kata Christian Sugiono dikutip dari Prestige Online.

Christian Sugiono agaknya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia untuk berani membangun usaha, khususnya perusahaan start-up yang sangat berorientasi digital. Kisah Tian di atas juga dapat menjadi pelajaran bahwa banting setir dari profesi lama bukanlah suatu hal yang sepenuhnya salah. Simak kisah inspiratif tokoh-tokoh lainnya bersama Kinibisa!