span 1 span 2 span 2

Traveling

5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Naik Gunung
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 5 menit

tips yang harus kamu persiapkan sebelum naik gunung
Sumber: alpineinterface.com

Jika kamu bosan dengan suasana kota yang berisik dan penuh polusi, mendaki gunung bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan kembali pikiranmu. Bagi kamu yang belum pernah naik gunung, tentu berdebar-debar rasanya memikirkan medan yang tidak kamu kenal sebelumnya, peralatan yang harus dibawa, dan masih banyak lagi.

Persiapan menjadi hal yang sangat penting. Tidak mau kan, sudah susah-susah naik gunung tapi terhambat saat mendaki? Berikut 5  tips yang harus kamu persiapkan sebelum naik gunung agar berhasil sampai puncak dan pulang dengan selamat.

1. Fisik
 

fisik
Sumber: cookinglight.timeinc.net

Ketahuilah bahwa pendakian gunung sangat berbeda dengan trekking di bukit biasa. Tak bisa dipungkiri, naik gunung membutuhkan banyak energi. Untuk itu, stamina kamu harus sangat baik. Kelelahan saat mendaki merupakan hal yang berbahaya, dan dapat mengganggu jalannya pendakian. Kamu bisa terjatuh, sesak napas, bahkan terkena hipotermia.

Mempersiapkan diri dari beberapa bulan sebelumnya menjadi sebuah pilihan yang bijaksana. Rutin olahraga seperti lari, push-up, sit-up, dan naik turun tangga dapat sangat membantu melatih fisik kamu. Jaga pola makan agar sesuai dengan aktivitas olahraga kamu, dan minum vitamin yang cukup agar kekebalan tubuh kamu meningkat.

2. Mental
 

mentalSumber: isilgence.com

Selain menyiapkan fisik, mental juga menjadi salah satu elemen terpenting saat kamu sedang mendaki gunung. Naik gunung tidak semudah yang kamu bayangkan, loh. Setiap pendakian selalu punya ceritanya masing-masing, setiap tanjakan ada kesulitannya masing-masing. Jika kamu tak siap secara psikologis, maka bisa merugikan kamu saat mendaki.

Lakukan riset mengenai gunung yang menjadi tujuan pendakian kamu, misalnya dari blog milik pendaki lain, atau dari situs-situs yang menyediakan pengetahuan tentang mendaki gunung (seperti situs nationalgeographic.co.id, jalanpendaki.com, jejakpendaki.web.id, dan sebagainya).

Mulai bertanya juga kepada senior kamu, teman dan kerabat, serta orang-orang di sekitarmu mengenai kisah petualangan mereka ketika mendaki gunung. Kamu bisa belajar banyak dari pengalaman orang lain.

3. Perlengkapan yang memadai
 

perlengkapan yang memadaiSumber: maioloo.com

Menyiapkan perlengkapan naik gunung sangat penting bagi para pendaki. Salah membawa perlengkapan, bisa-bisa kamu terkena bahaya di atas gunung. Apalagi jika sedang terjadi perubahan cuaca yang ekstrem, hujan, dan suhu dingin. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan perlengkapan dengan teliti.

Pilih carrier yang sesuai dengan berat tubuh kamu. Jika tubuhmu kecil, tas dengan muatan 40 sampai 50 liter dapat menjadi pilihan. Jika tubuhmu lebih besar, kamu bisa membawa 60 liter ke atas. Sesuaikan pula dengan kemampuan kamu membawa beban.

Siapkan sepatu atau sandal gunung, karena kondisi tanah dan bebatuan di gunung tidak memungkinkan kamu mengenakan sepatu biasa, apalagi sepatu datar. Siapkan juga jas hujan, beberapa baju ganti sesuai kebutuhan, baju hangat, jaket hangat, jaket windbreaker, kaos kaki, sarung tangan, dan topi hangat.

4. Perbekalan
 

perbekalanSumber: 20772-presscdn-pagely.netdna-ssl.com

Jika kamu tidak ingin kelaparan di atas gunung, pastikan kamu dan tim membawa perbekalan yang memadai. Perbekalan penting karena memberimu energi yang dibutuhkan untuk naik dan turun gunung, yang keduanya sama sulitnya. Pada umumnya, perbekalan naik gunung terdiri dari alat masak dan bahan makanan.

Setiap tim perlu membawa gas, kompor kecil, dan nesting (sebuah wadah aluminium yang dapat berfungsi sebagai wajan dan juga tempat makan). Bahan makanan yang hendak dibawa dapat kamu rundingkan dengan tim kamu, namun usahakan membawa pula makanan yang berkuah dan hangat untuk mengatasi dinginnya udara di gunung nanti.

baca juga: Tips Memulai Komunikasi dengan Penduduk Lokal Ketika Traveling

Bawalah makanan yang mudah dimasak untuk keperluan cepat, seperti sosis, nugget, telur, dan mie. Beberapa gunung juga tidak memiliki sumber mata air, jadi kamu harus membawa air botol dalam jumlah yang cukup.

5. Kamera
 

kamera
Sumber: bearandbear.com

Jika sudah berada di atas, tentu kamu ingin mengabadikan momen tersebut sebagai cinderamata bahwa kamu telah berhasil naik ke puncak gunung. Tentu tidak mau kan, tidak membawa oleh-oleh foto untuk ditunjukkan pada keluarga dan teman-temanmu?

Bagi kamu penggemar fotografi, gunung menjadi tempat yang sangat tepat untuk memperkaya galeri foto kamu. Kalau tak punya kamera, kamera ponsel pun bisa menjadi pilihan.

Momen yang sering ditunggu para pemburu foto adalah terbit dan tenggelamnya matahari. Atur jam naik gunungmu agar kamu berada di puncak saat matahari tampak sedang bagus-bagusnya.

Selain memotret pemandangan, jangan lupa abadikan juga momen pendakian kamu dengan teman-temanmu, agar dapat diingat di kemudian hari sebagai kenangan milik bersama.

Demikian lima hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaki gunung. Meski prosesnya cukup sulit, namun semua kelelahan kamu saat mendaki gunung akan terbayar ketika kamu sampai di puncaknya. Selamat mendaki!


Sumber Referensi

http://goborobudur.com/2016/05/01/11-hal-yang-sebaiknya-tidak-dilakukan-saat-mendaki-gunung/
http://www.merbabu.com/?fn_mode=fullnews&fn_id=15
http://piknikasik.com/gunung-prau-dieng-tempat-paling-indah-dan-romantis-untuk-menikmati-sunrise


0 Comments