span 1 span 2 span 2

Traveling

4 Tips Teknik Fotografi Landscape saat Mendaki Gunung
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

tips teknik fotografi landscape saat mendaki gunung
Sumber: travelingcanucks.com

Bagi para pendaki, kurang lengkap rasanya ketika momen indah di pendakian kalian tidak diabadikan. Memotret pemandangan di gunung tentunya akan berbeda teknik dan komposisi dengan teknik fotografi di kota yang berlatarkan gedung atau jalanan aspal. Untuk di gunung, foto dengan mode landscape sangat direkomendasikan karena bisa menangkap seluruh bagian pemandangan gunung secara luas dan natural. Ingin kan, mempunyai koleksi foto pribadi berbalut keindahan alam ciptaan yang maha Kuasa? Berikut ini 4 tips fotografi landscape saat mendaki gunung agar pendakianmu menjadi lebih menyenangkan

1. Buat shot-list yang diincar
 

buat shot-list yang diincarSumber: medium.com

Sebelum memulai perjalanan, buatlah list gambar yang sudah direncanakan untuk diambil. Daftar ini bisa dibuat dari catatan perjalanan para pendaki sebelumnya yang telah mencapai tempat tujuan kalian. Misalnya kalian tidak ingin melewatkan momen foto sunset, atau berpose di landmark khas gunung tersebut. Selain daftar yang sudah dibuat, tentunya cari juga spot istimewa yang sudah diceritakan pendaki lain untuk menjadi inspirasi kalian.

2. Kamera siap sedia, kapanpun dan dimanapun
 

kamera siap sedia, kapanpun dan dimanapun
Sumber: myvan.com

Pendakian adalah sebuah proses yang tidak singkat. Maka dari itu, pastilah banyak waktu yang dilalui dan momen yang sayang untuk dilewatkan. Selain daftar yang tadi sudah dibuat, persiapkan kamera kalian sepanjang pendakian. Bukan tidak mungkin kalian akan menemukan spot-spot baru temuan kalian, kan?

Di gunung, semua keadaan mungkin terjadi. Bisa saja momen terbaik ada di pagi hari, dini hari, atau bahkan menjelang senja. Persiapkan diri kalian dan selalu jeli dalam memperhatikan momen yang tepat untuk memotret.

Selain waktu, cuaca di gunung sulit juga sulit untuk ditebak. Kondisi cuaca akan mengubah pencahayaan, yang mana hal ini akan memengaruhi kualitas gambar yang kita ambil. Terlebih di pegunungan dengan jenis medan yang berbeda-beda. Disarankan untuk menggunakan lensa 18-55mm atau lensa standar untuk mempermudah mobilitas dan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Bawa perlengkapan tambahan
 

bawa perlengkapan tambahan
Sumber: craftsy.com

Rata-rata kamera hanya mampu mengambil sekitar 500 gambar dengan menggunakan satu baterai. Untuk mengantisipasi itu, persiapkan 1-2 baterai cadangan sehingga tidak harus bingung ketika kehabisan baterai. Selain itu, jarangnya asupan listrik di gunung juga harus kita akali dengan mengisi penuh daya baterai kamera baik yang sedang dipakai maupun cadangan.

Selain baterai, memory card cadangan juga dianjurkan untuk disiapkan. Kita tidak tahu berapa banyak gambar yang akan kita ambil sepanjang perjalanan. Belum lagi banyaknya percobaan foto yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tentu dibutuhkan memori lebih untuk menyimpan semua data itu. Kalian cukup membawa 1 memory card berukuran diatas 4GB untuk cadangannya.

4. Perbanyak sharing dengan fotografer lain/Bertanya dengan yang ahlinya
 

perbanyak sharing dengan fotografer lain atau bertanya dengan yang lainnyaSumber: smarthustle.com

Tidak hanya fotografer andal yang tahu seluk beluk teknik foto di pegunungan. Para guide yang telah terbiasa naik turun gunung juga mempunyai pengalaman yang cukup untuk memotret landscape di pegunungan. Akan lebih baik lagi jika mencari guide yang memahami soal fotografi. Beberapa guide mempunyai kemampuan untuk mengambil foto yang bagus juga, lho. Bukan tidak mungkin kamu bisa bertukar ilmu dengan mereka.

Penting untuk memahami teknik fotografi landscape di pegunungan. Bukan tidak mungkin berkat hasil foto yang kalian tangkap, justu menjadi ladang uang bagi kalian. Ingat, selain foto yang bagus, keselamatan diri sendiri juga penting untuk diperhatikan. Selamat memotret!


Sumber Referensi

Simon. (2015). 13 Tips to Take Amazing Photographs While Hiking. http://www.travelledpaths.com/13-tips-to-take-amazing-photographs-while-hiking/. (Diakses pada tanggal 24 Maret 2017).
Zeisset, Amanda. How To Take Awesome Hiking Pictures. https://www.theadventurejunkies.com/how-to-take-hiking-photos/. (Diakses pada tanggal 24 Maret 2017).


0 Comments