span 1 span 2 span 2

Soft Skills

5 Kebiasaan Mengatur Diri yang Membuatmu Menjadi Produktif
Oleh: Asti Prasetyawati
Dibaca Normal: 3 menit

Kebiasaan Mengatur Diri yang Membuatmu Menjadi Produktif
Sumber: s3-ap-southeast-2.amazonaws.com

Terlalu banyak hal yang harus dilakukan namun kamu memiliki tenaga dan waktu yang terbatas? Jika iya, kamu tidak sendirian. Banyak mahasiswa atau pekerja yang juga merasa demikian. Menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengikuti suatu kegiatan merupakan faktor utama yang dapat menghambat produktivitas kamu. Tak perlu khawatir, Harvard Bussiness Review telah merangkum lima hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas, yaitu:

1. Distribusikan energimu secara cerdas
 

Distribusikan energimu secara cerdas
Sumber: dkw5ssdvaqf8l.cloudfront.net

Mengerjakan beberapa kegiatan dalam satu waktu tentu bukan masalah jika kamu bisa mengatur pembagian energi dalam tubuhmu. Berani berkata “TIDAK” dan belajar untuk percaya membagi tugas kepada orang lain adalah kuncinya. Pikirkan kembali kegiatan mana yang lebih membutuhkan keberadaanmu secara fisik dan mana yang bisa diwakilkan dengan orang lain. Jangan habiskan energimu untuk menyanggupi hal-hal di luar kemampuan fisik kamu. Ingat, sakit itu tidak murah lho!

2. Lakukan pengelolaan waktu
 

Lakukan pengelolaan waktuSumber: cdn-images-1.medium.com

Pada intinya yang terpenting bukan seberapa lama kamu mendedikasikan waktumu untuk suatu kegiatan, melainkan seberapa besar hasil yang bisa kamu perbuat untuk kegiatan tersebut. Disiplin terhadap waktu merupakan cara ampuh untuk membuat hari-harimu menjadi lebih produktif. Kamu bisa mulai dengan membuat timeline kegiatanmu sehari-hari.

3. Berpikir sebelum bertindak
 

Berpikir sebelum bertindak
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Sebelum mengikuti suatu kegiatan, kamu harus tahu tujuan kamu mengikuti kegiatan tersebut. Dengan demikian kamu bisa merilis daftar prioritas yang harus didahulukan. Jernihkan pikiranmu sebelum mengambil keputusan agar tidak terjebak dalam kegiatan yang salah atau tidak cocok dengan kamu. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk bergabung dalam suatu kegiatan adalah cara tepat yang bisa kamu lakukan.

4. Selalu siapkan rencana, tapi jangan takut untuk merubahnya
 

Selalu siapkan rencana, tapi jangan takut untuk merubahnyaSumber: stamats.com

Pernah dengar self-driving training? Yap, itu merupakan salah satu bentuk pelatihan yang diberikan oleh akademisi dan praktisi bisnis Indonesia, Prof. Rhenald Kasali, untuk membentuk karakter seseorang menjadi mental supir. Dengan mengadopsi mental supir ini, tak hanya tujuan yang harus kamu ketahui melainkan juga jalan mana yang harus kamu tempuh dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Berpikir terbuka merupakan hal yang harus kamu terapkan agar tetap dinamis.

5. Keep things short and simple!
 

Keep things short and simple!Sumber: reallylearnportuguese.com

Budaya high context atau basa-basi cenderung diadaptasi oleh masyarakat timur (Wok, Ismail, & Hussain, 2005). Hal ini berpengaruh pada cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang jadi cenderung lamban. Untuk itu kamu harus mulai membiasakan diri untuk berbicara langsung dan tidak ‘bertele-tele’. Bicaralah! Karena tidak akan ada yang bisa mengerti kamu jika kamu tidak mengutarakannya. Begitu pun dalam hal bertindak, buang jauh-jauh rasa ragu yang dapat menghambatmu mengambil keputusan.

Baca juga: Peran Anggota Tim dalam Teamwork yang Baik


Agar bisa lebih produktif, kebiasaanmu yang terlalu banyak membuang waktu dan tenaga memang perlu diubah. Dengan menerapkan lima poin di atas, waktu dan tenagamu menjadi lebih terorganisir sehingga produktivitas kamu secara otomatis akan meningkat. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Pozen, R. C. (2011). Managing Yourself: Extreme Productivity. Amerika Serikat: Harvard Bussiness Review. Diakses dari https://hbr.org/2011/05/managing-yourself-extreme-productivity pada tanggal 27 November 2016.
Wok, Ismail, dan Hussain. (2005). Teori-teori Komunikasi. Kuala Lumpur: PTS Professional Publishing.


0 Comments