span 1 span 2 span 2

Soft Skills

4 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Berbicara Didepan Umum
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

CARA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SAAT BERBICARA DIDEPAN UMUMSumber: traveltrainingacademy.co.za

Public speaking menjadi momok tersendiri bagi sebagian pihak. Beberapa orang menganggap berbicara didepan umum adalah ketakutan terbesar mereka. Kemampuan dalam berbicara didepan umum tentunya merupakan kemampuan yang dihargai pada saat ini. jika kamu termasuk salah satu orang yang takut dalam berbicara didepan umum, berikut hal yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara didepan umum.

1. Berpenampilan menarik
 

Berpenampilan menarik
Sumber: tampilsehatcantik.com

Apapun yang kamu kenakan sangatlah berperan penting dalam kepercayaan dirimu. Sebuah studi yang dijalankan oleh Professor psikologis Karen J. Pine membuktikan bahwa, apa yang dikenakan pada saat berbicara didepan umum sangat berpengaruh terhadap mood si pembicara. Selain itu, bagaimana mereka berpakaian juga mampu membuat orang lain secara psikologis lebih kuat dan lebih mudah disukai.

2. Berlatih
 

berlatihSumber: consultanthr.com

Pembicara berpengalaman pun tetap bisa merasa nervous saat berada didepan panggung. Jangan mencoba untuk mneghilangkan kegugupanmu, ubah kegugupan tersebut menjadi energi yang bisa membantumu untuk meningkatkan penyampaianmu. Selain itu, dalam melakukan rehearse, berdirilah dan berbicara sekeras mungkin seakan kamu tengah berada didepan kerumunan orang. Utarakan dengan tegas, per poin dan dengan baik. jika gugup, kamu bisa coba mengandaikan kalau kamu hanya sedang berbicara dengan temanmu.

3. Fokus terhadap audiens
 

Fokus terhadap audiensSumber: progressivehypnosis.com.au

Demam panggung diakibatkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benakmu seperti “apakah yang saya ucapkan sudah benar?” atau “apakah aku terlihat konyol?”. Jika kamu masih berpikiran seperti ini, hentikan sekarang juga! Berhenti untuk fokus terhadap dirimu sendiri. Fokuslah teradap penonton dihadapanmu. Pastikan kamu menyampaikan apa yang audiens mau seperti kejelasan suara, atau seberapa paham penonton terhadap materi yang kamu sampaikan.

4. Memvisualisasikan kesuksesan
 

Memvisualisasikan kesuksesanSumber: maxmanroe.com

Buatlah seakan audiens yang hadir adalah temanmu. Cobalah untuk berinteraksi kepada mereka untuk mengetahui mereka sehingga terjadi kedekatan antara kamu dengan para penonton yang hadi. Jika audiens merasa sudah merasa dekat denganmu, maka mudah untukmu dalam melakukan public speaking. Memvisualisasikan kesuksesan berarti tidak memikirkan hal-hal negatif yang berpotensi mengganggu penampilanmu. Cukup bayangkan jika diakhir sesi, semua penonton akan bertepuk tangan untukmu.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Bekerja


Untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara didepan umum, tentu empat poin diatas harus dioptimalkan. Khususnya untuk kamu yang rutin dalam melakukan public speaking, tentu baik untuk mengembangkan kemampuan berbicara didepan umum kamu. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Witt, Chris. (n.d). “How to Develop Confidence Speaking”. Diakses dari http://wittcom.com/how-to-develop-confidence-speaking/ pada tanggal 22 Mei 2017.
Belknap, Leslie. (2016). “3 Ways To Build Your Confidence For Public Speaking”. Diakses dari https://www.ethos3.com/2016/01/3-ways-to-build-your-confidence-for-public-speaking/ pada tanggal 22 Mei 2017.


0 Comments