span 1 span 2 span 2

Soft Skills

4 Cara Melatih Mental agar Lebih Percaya Diri
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

 

cara melatih mental agar lebih percaya diri
Sumber: footage.framepool.com

Cara melatih mental agar lebih percaya diri, dalam membangun kepercayaan diri, tentu banyak faktor yang perlu diperbaiki agar kamu mempunyai kepercayaan diri yang baik. salah satunya yang harus diperhatikan adalah mental. Untuk beberapa orang, kenyamanan dalam ketenangan mungkin tumbuh dengan sendirinya dari dalam diri mereka, itupun dibantu faktor lingkungan. Namun, bagaimana dengan kamu yang tidak mempunyai lingkungan yang memadai untuk melatih mental agar lebih percaya diri?

1. Masuklah ke dalam lingkungan orang-orang positif
 

Masuklah ke dalam lingkungan orang-orang positif
Sumber: blogspot.wearableimaging.com

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membawa kamu menjadi orang yang lebih baik lagi dan mendukung segala langkah yang kamu ambil. Tinggalkan orang-orang yang membawa aura negatif ke hidupmu. Mugkin memang kejam, namun orang seperti itu mungkin tidak layak untuk berada di hidupmu. Berteman dengan orang-orang hebat akan membawa kamu menjadi lebih hebat.

2. Jangan terlalu memikirkan apa kata orang lain
 

Jangan terlalu memikirkan apa kata orang lain
Sumber: cdn2.tstatic.net

Daripada kamu membiarkan banyak pikiran tidak baik berada dalam benakmu, lebih baik beripikir positif dan tidak usah semuanya dimasukkan ke hati. Setiap orang tentu takut terhadap sesuatu dan memiliki kekhawatiran atas sesuatu. Saat kamu takut terhadap apa yang orang pikirkan terhadapmu, sesungguhnya orang tersebut pun juga terlalu sibuk dengan mengkhawatirkan dirinya sendiri.

Cobalah untuk belajar untuk mencintai dirimu sendiri, anggap dirimu sudah melakukan yang terbaik apapun itu permasalahannya. Dengan ini, semakin mudah untukmu agar bisa lebih percaya diri dan lebih dihormati. Maka dari itu, fokuslah untuk diri sendiri terlebih dahulu! Tidak usah dengan apa kata orang, khususnya yang bersifat menjatuhkan.

3. Jangan terlalu meninggikan seseorang
 

Jangan terlalu meninggikan seseorang
Sumber: img.okezone.com

Terlalu meninggikan seseorang berarti merendahkan dirimu sendiri. Hal tersebut akan menekan rasa percaya dirimu dan merasa tertutupi oleh sosok orang yang kamu kagumi tersebut. maka dari itu, berekspresilah sesuai yang kamu mampu dan berdasarkan dirimu sendiri. Tidak usah terpaku dengan standar yang diciptakan orang lain.

4. Jangan malu untuk mengungkapkan sesuatu
 

Jangan malu untuk mengungkapkan sesuatu
Sumber: blogs.gcu.edu

Jika kamu mempunyai kemampuan, maka jangan malu-malu untuk menunjukkannya. Tidak ada istilah tidak cukup baik untuk sesuatu, orang lain pun tidak berhak menilai atas apa yang kamu kerjakan karena mereka tidak mengetahui apa yang sudah kamu usahakan untuk mengerjakan hal tersebut. kamu tidak bisa menunjukkan dirimu jika kamu selalu malu pada tiap kesempatan.

Baca juga: Tips Memanajemen Konflik


Melatih mental agar lebih percaya diri sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tapi kebanyakan orang masih belum bisa menjaga kepercayaan dirinya. Hal ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan hidup yang sukses dan bahagia. Dengan kepercayaan diri, kesempatan akan datag karena kamu yakin dalam mengerjakan segala sesuatu, sekalipun kamu tidak terlalu menguasai hal tersebut. selamat mencoba!


Sumber Referensi

“How to Develop Self Confidence”. Diakses dari http://elitedaily.com/life/how-to-be-self-confident-and-bring-yourself-inner-peace/ pada tanggal 24 Mei 2017.
Elite Daily. “How To Be Self-Confident And Bring Yourself Inner Peace”. Diakses dari http://www.theworldisallyours.com/develop-self-confidence.html pada tanggal 24 Mei 2017.


0 Comments