span 1 span 2 span 2

Soft Skills

Cara Mengatur Pembagian Tugas dalam Kerjasama
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

Sumber: harrisonassociates.co.in

Dalam sebuah tim, kemampuan delegasi adalah sebuah skill yang sangat penting. Tidak mungkin kamu bisa mengerjakan semua pekerjaan hanya dengan tanganmu sendiri. Kalaupun selesai, hasilnya pasti tidak semaksimal yang seharusnya. Karena, kamu tidak terfokus dalam mengerjakannya. Alasan mengapa sering diadakan tugas kelompok agar sedari kecil kita dibiasakan untuk bekerjasama. Maka dari itu, penting menyadari pentingnya pembagian tugas dalam kerjasama, agar semua bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan mendapatkan sama rata.

Pentingnya Pembagian Tugas Dalam Kerjasama

http://www.harrisonassociates.co.in/core.php

Sumber: veeloinc.com

Delegasi tugas dalam bekerjasama tentunya sangat penting, terutama bagi kamu yang mempunyai banyak kegiatan atau kepentingan pasti tidak bisa fokus jika diberi tanggung jawab yang terlalu banyak. Berikut mengapa kamu perlu melakukan pembagian tugas dalam kerjasama

  1. Menjaga fokus ke pekerjaan yang kamu tangani
  2. Melatih skill kepemimpinan
  3. Membantu teman melakukan pengembangan diri
  4. Melatih komunikasi dengan kelompok
  5. Meningkatkan pengalaman bekerjasama
Tips Pembagian Tugas dalam Kerjasama

Tips Pembagian Tugas dalam Kerjasama

Sumber: thumbs.dreamstime.com

  1. Kenali kemampuan masing-masing anggota dalam mendelegasikan tugas.
    Dalam mendelegasikan tugas, penting untuk tiap-tiap anggota tim untuk mengenali kemampuan masing-masing anggota. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu, kenali individu-individu yang menjadi anggota tim mu. Ketahui tiap kelemahan dan kekuatan masing-masing anggota. Dengan ini, kamu tidak akan bingung akan melakukan pembagian tugas sesuai kemampuan.
  2. Delegasikan tugas kepada orang yang mendapat keuntungan paling banyak.
    Setiap orang pasti akan mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh ketika apa yang ia kerjakan akan membuahkan keuntungan untuknya. Maka dari itu, ketahui pula apa yang sebenarnya teman-teman kelompokmu butuhkan dan ungguli. Misalkan kamu mempunyai anggota tim yang mempunyai dasar arsitektur dan diberikan tugas untuk menggambar sesuatu. Ia akan bersemangat karena mengerjakan hal yang ia suka.
  3. Delegasikan tugas yang tidak mendesak atau penting ke anggota yang butuh pengembangan.
    Tidak ada orang yang sempurna. Begitu pula didalam tim yang kamu berada didalamnya. Pasti ada beberapa orang yang kurang mempunyai kemampuan yang mumpuni sehingga sulit untuk diberikan tugas yang agak sulit. Untuk itu, bantu ia berkembang dengan memberikan tugas yang tidak mendesak dan tidak terlalu penting untuknya. Kamu pun bisa mengontrol kinerja temanmu dan menambahkan jika ada yang kurang dari pekerjaannya.

Baca juga: Nilai untuk Membentuk Mental “Pengendara” dalam Diri

Baik pemimpin ataupun bukan, delegasi tugas tentu harus mampu kita lakukan. Kemampuan pembagian tugas ini akan menguji kemampuan berkomunikasi, mendengarkan, perencanaan, penentuan keputusan, dan penyelesaian masalah. Pembagian tugas dalam kerjasama juga akan membuat tim mu menjadi lebih baik. selamat mencoba!


Sumber Referensi

North Caroline State University. (n.d). “6 Tips for Delegating Effectively “. Dikutip dari https://projects.ncsu.edu/project/parkprgrd/PSTrainingModules/delegating/del13frame.htm. Diakses pada tanggal 17 Mei 2017.
Pearson, Judith E. (n.d). “6 Tips for Delegating Effectively “. Dikutip dari www.businessknowhow.com/growth/delegating.htm. Diakses pada tanggal 17 Mei 2017


0 Comments