span 1 span 2 span 2

Soft Skills

5 Cara Ampuh Mengatasi Stres dalam Bekerja
Oleh: Dian Safitri
Dibaca Normal: 3 menit

Cara ampuh mengatasi stres dalam bekerja
Sumber: outbounders.tv

Memiliki banyak tugas dan tanggung jawab di dalam pekerjaan memang seringkali membuat Anda dilanda dengan tekanan yang membuat Anda menjadi stres. Mengerjakan tugas dalam keadaan tertekan dan stres hanya akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi melamban, dan hilangnya konsentrasi. Bahkan, hal terburuk yang dialami ketika Anda tertekan akibat stres adalah kondisi kesehatan yang menurun.

Jangan biarkan stres membuat Anda menjadi tidak fokus. Oleh sebab itu, menjaga suasana hati dalam bekerja memang sangat dibutuhkan. Terdapat 5 cara ampuh mengatasi tekanan dalam bekerja yang wajib Anda lakukan, berikut adalah daftarnya:

1. Mendengarkan musik
 

Mendengarkan musikSumber: cmuse.org

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medecine di Amerika Serikat,  yang mengungkapkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik favoritnya selama 30 menit. Maka tubuh kita secara otomatis melepaskan zat endorphin yang dapat mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit.

Dengan Anda mendengarkan musik, otot-otot yang semula tegang akan menjadi rileks ketika mendengarkan musik yang disukai. Sehingga detak jantung melambat, dan energi negatif hilang tergantingan dengan energi positif. Pastinya Anda miliki lagu favorit saat mendengarkan masuk kan? Yuk sempatkan diri Anda dengarkan musik saat mulai merasa stress dalam bekerja!

2. Makanan sehat
 

Makanan sehat
Sumber: q4fit.com

Cara yang kedua adalah makanan sehat, banyak dari orang yang stres melampiaskannya dengan cara makan. Walaupun benar makan adalah cara yang ampuh dalam menghilangkan tekanan dan stres. Namun, patut di perhatikan juga mengenai asupan gizi yang masuk kedalam tubuh.

Makanlah makanan yang sehat, agar tingkat stres Anda bisa hilang. Contohnya adalah coklat. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk makanan yang satu ini, coklat kaya akan antioksidan yang tinggi. Kandungan theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylanine dipercaya mampu memperbaiki mood.

3. Berpikir positif
 

Berpikir positif
Sumber: performancecritical.com

Cara ampuh mengatasi tekanan saat bekerja adalah berpikir positif. Jika ada seseorang yang membicarakan Anda ‘di belakang’, tetaplah bersabar dan berpikir positif. Dengan berpikir positif, otomatis Anda sudah bisa menghindari tekanan yang terjadi di kantor. Jangan biarkan Anda terpuruk dengan omongan orang yang belum tentu itu benar.

Tetaplah bekerja dengan baik, fokus agar Anda bisa menyelesaikan tugas dengan benar. Tunjukkan kepada mereka kalau Anda adalah pribadi yang baik, dan karyawan yang teladan.

4. Tertawa
 

Tertawa
Sumber: astrodeva.files.wordpress.com

Tertawa secara lepas dapat memicu otak kita mengeluarkan hormon endorphin dan melatonin yang bermanfaat memicu perasaan menjadi lebih tenang. Efek ini sama saja dengan efek yang ditimbulkan saat kita memakan coklat dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu, tertawa juga bisa membentuk dan melatih otot-otot di wajah, sehingga otot wajah menjadi lebih lentur dan tidak mudah keriput. Orang yang sering tertawa terlihat lebih awet muda.

5. Tarik nafas dalam-dalam
 

Tarik nafas dalam-dalam
Sumber: cdn2.tstatic.net

Ketika Anda merasa mulai tertekan ada baiknya Anda melakukan tarik nafas dalam-dalam, menarik nafas dalam-dalam dapat memproduksi laju hormon endorphin yang membuat pikiran tenang serta hati kita menjadi bahagia.

Ketika Anda menarik nafas dalam, ada baiknya Anda lakukan di tempat yang tidak terlalu bising agar pikiran Anda pun menjadi tenang dan rileks. Anda juga bisa membayangkan hal yang membuat Anda bahagia, sehingga rasa tertekan saat di kantor menjadi hilang dan Anda bisa bekerja kembali penuh semangat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Stimulasi Otak untuk Meningkatkan Humor


Anda dapat langsung mempraktikan 5 cara tersebut sehingga tekanan Anda di kantor bisa teratasi dengan tepat. Selain itu, ada baiknya untuk Anda luangkan waktu sejenak untuk refreshing bersama keluarga atau orang tercinta sehingga tekanan tersebut tidak terus-menerus hinggap ke pikiran Anda.


Sumber Referensi

http://manfaat.co.id/18-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan
http://www.magwuzz.com/2015/01/manfaat-mendengarkan-musik-untuk-kesehatan.html
http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2013/02/tips-hilang-stress-sehat.html
https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/viewFile/7889/6122


0 Comments