span 1 span 2 span 2

Research

8 Cara Meningkatkan Kemampuan Observasi
Oleh: Asti Prasetyawati
Dibaca Normal: 5 menit

Cara meningkatkan kemampuan observasi
Sumber: kdvmarron.nl

Menurut Joe Navarro, penulis buku “Spycatcher”, tinggal di kota besar dengan jumlah penduduk yang banyak dapat menurunkan tingkat sensitivitas seseorang. Terlalu banyak bertemu dengan orang dengan tingkat proksimitas atau kedekatan yang cukup intim membuat kamu kekurangan waktu dan kelelahan untuk dapat mengobservasi orang dengan baik. Maka tak heran jika kemampuan observasi kamu semakin lama akan menjadi semakin tumpul sehingga sulit untuk menemukan temuan saat melakukan observasi. Berikut adalah delapan cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan observasimu, yaitu:

1. Latih kemampuan bertanya kamu
 

Latih kemampuan bertanya kamu
Sumber: incimages.com

Bertanya adalah salah satu modal dasar seseorang untuk memperoleh informasi. Rasa ingin tahu menjadi kunci utama dalam poin ini. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka akan timbul dalam diri kamu hasrat untuk selalu penasaran sehingga secara otomatis kamu akan lebih banyak mencurahkan perhatian ke segala hal yang dapat menjawab rasa penasaran tersebut. Pertanyaan yang baik dalam observasi adalah pertanyaan yang dapat memancing subjek untuk bercerita tanpa membuatnya merasa tertekan atau merasa diawasi.

Baca juga: Metode Pengambilan Sampel Riset

2. Terapkan pemikiran yang terbuka
 

Terapkan pemikiran yang terbukaSumber: pas-wordpress-media.s3.amazonaws.com

Memiliki pemikiran yang terbuka dan reseptif sangat diperlukan dalam melakukan observasi. Sebagai manusia, pasti kamu memiliki personal bias, kepercayaan, dan level toleransi tertentu terhadap suatu informasi yang kamu terima. Saat melakukan observasi, kamu dituntut untuk objektif dan membuang semua bias tersebut. Objektivitas ini baru akan muncul jika kamu memiliki pemikiran yang terbuka.

3. Tingkatkan kemampuan mengingat
 

Tingkatkan kemampuan mengingat
Sumber: s.kaskus.id

Observasi berbeda dengan melihat-lihat. Melakukan observasi berarti kamu melihat sekeliling dan menyimpannya dalam memori, agar dapat mengartikannya atau membuat pertanyaan terkait dari hasil temuan di lapangan. Untuk itu, biasakan untuk mengingat segala hal dengan lebih detail. Kamu bisa melatih memori kamu dengan bermain games mengingat benda di ponsel atau sekedar me-recall percakapan yang terjadi hari ini di malam hari sebelum tidur.

4. Buat catatan lapangan
 

Buat catatan lapangan
Sumber: belmont.edu

Masih berkaitan dengan kebutuhan untuk mengingat, dalam observasi kamu diperbolehkan untuk membuat catatan lapangan selama hal tersebut tidak mengganggu jalannya observasi. Catatan lapangan bisa berupa tulisan singkat atau foto dalam jumlah yang sebanyak mungkin. Catatan ini akan memudahkan kamu untuk mengingat kembali hasil temuan dalam observasi. Kamu bisa mulai mencobanya dengan mengamati sekeliling ketika berjalan-jalan ke taman dan catat setiap detail yang kamu lihat. Lakukan hal ini secara berkala dan cobalah untuk menarik sebuah kesimpulan dari catatan yang telah kamu buat tersebut.

Baca juga: Info Universitas

5. Jangan mudah mengeneralisir keadaan
 

Jangan mudah mengeneralisir keadaanSumber: cdn-images-1.medium.com

Dalam melakukan observasi, kamu tidak boleh terburu-buru menarik kesimpulan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak melewatkan temuan-temuan penting yang berharga bagi hasil observasi. Cobalah untuk menaruh perhatian lebih terhadap sesuatu hal agar kamu mendapatkan gambaran detailnya. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga kamu dapat menemukan hal lain dari sesuatu yang selama ini kamu nilai sebagai hal yang biasa. Contohnya kamu bisa perhatikan keseharian rekan kerja kamu hingga kamu bisa menemukan hal unik dari kebiasaannya tersebut.

6. Bersemangat
 

Bersemangat
Sumber: futuready.com

Bersemangat sangat dibutuhkan dalam melakukan observasi. Ketika kamu bersemangat, ide-ide baru akan muncul dan kamu akan lebih bersungguh-sungguh dalam melakukan observasi. Jika hal ini terjadi, pasti akan lebih banyak lagi temuan yang akan kamu dapatkan di lapangan. Semakin banyak temuan tentu akan semakin mempermudah kamu untuk membuat kesimpulan, bukan? Untuk menumbuhkan rasa semangat, kamu bisa memulai dengan melakukan observasi pada hal-hal yang sesuai dengan minat kamu.

Baca juga: Macam-macam Pertanyaan dalam Kuesioner Penelitian

7. Latihan observasi
 

Latihan observasi
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Agar kemampuan observasi semakin baik, kamu bisa melakukan beberapa kali latihan observasi untuk mempersiapkan diri melakukan observasi yang sesungguhnya. Latihan terdiri dari mendiskusikan dan mengingat kategori dalam observasi, coba membaca catatan lapangan yang telah dibuat, dan melakukan observasi lapangan dengan ditemani oleh pendamping.

8. Meditasi
 

Meditasi
Sumber: artofliving.org

Meditasi dilakukan untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan distraksi agar kamu dapat fokus ketika melakukan observasi. Fokus dibutuhkan untuk mempermudah kamu melihat temuan penting di lapangan sehingga kamu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan observasi. Kamu bisa melakukan meditasi atau relaksasi selama 10 sampai 15 menit per hari di tempat tenang atau sekadar mendengarkan musik-musik instrumental untuk meningkatkan fokus kamu.


Kualitas suatu observasi memang sangat bergantung pada kualitas observer itu sendiri. Delapan cara di atas bisa kamu terapkan agar kemampuan kamu untuk melihat “benang merah” dari hasil observasi dapat meningkat. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Robbins, P. R. (2003). Understanding Psychology (3rd ed.). United States of America: J. Weston Walch.
Brassard M. R., & Boehm A. E. (2007). Preschool Assessment: Principles and Practices. London: The Guilford Press.
Navarro, J. M. A. (2012). Becoming A Great Observer. https://www.psychologytoday.com/blog/spycatcher/201201/becoming-great-observer Diakses pada tanggal 26 Maret 2017.
Latumahina, D. (2017). Key to Innovation: Becoming an Observer. http://www.lifehack.org/articles/featured/key-to-innovation-becoming-an-observer.html Diakses pada tanggal 26 Maret 2017.


0 Comments