span 1 span 2 span 2

Project Management

Apa itu Positive Mental Attitude?
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

Apa itu positive mental attitude?
Sumber: youth-time.eu

Sikap mental positif atau positive mental attitude adalah sikap mental psikologis yang membangkitkan rasa ingin berhasil lewat sifat optimistik. Konsep Positive Mental Attitude pertama kali diperkenalkan oleh Napolean Hill, seorang penulis asal Amerika Serikat yang mengkhususkan diri menulis tentang self-development. Hal ini akan membawa pemikiran mereka yang menganutnya untuk mengatasi masalah yang tengah dihadapinya.

Contoh dari Positive Mental Attitude ini tidak sulit untuk dicari. Misalnya dalam industri pemasaran, attitude akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan mereka. Contoh lain adalah pada website amazon.com yang menawarkan fitur user experience yang lebih variatif dengan menawarkan barang berdasarkan history atau barang yang pernah si pembeli itu beli sebelumnya.

Diawali dengan positive thinking
 

Diawali dengan positive thinkingSumber: unyp.cz

Berpikir positif adalah sebuah disiplin yang melatih pikiran untuk merubah realita yang diterima dengan secara rutin memikirkan hal-hal yang positif. Seseorang yang melakukan ini saat dia mengubah energi positif seperti optimisme, saling memiliki, dan menghargai akan mendapatkan timbal balik yang lebih besar dan lebih baik untuk mereka sendiri. Positive thinking adalah proses pemilihan emosi yang positif dari lingkungan dan menerapkannya pada persepsi yang kamu jalankan. Tujuannya, untuk memunculkan satu “kenyataan” baru yang lebih baik.

Mengaplikasikan Positive Mental Attitude
 

Mengaplikasikan positive mental attitudeSumber: alrasub.com

Dalam menerapkan sikap mental positif bisa dengan berbagai cara, yakni:

  • Memberikan kebebasan pada diri untuk mengontrol hidup.
  • Mempercayai perubahan kearah yang lebih baik.
  • Menerima kritik, saran, dan tantangan yang muncul dari berbagai sisi dan mengubahnya menjadi semangat positif.
  • Belajar dari pengalaman dan fokus ke masa depan.
  • Bersyukur terhadap segala sesuatu yang telah dimiliki.
Menjaga sikap Positive Mental Attitude
 

Menjaga sikap positive mental attitudeSumber: makapua.co.nz

Berikut beberapa cara untuk menjaga sikap mental positif

  • Fokus memandang masa depan
    Dengan fokus dengan apa yang akan terjadi kedepannya, kamu dapat meminimalisir masalah dan ketakutan yang akan memawamu kepada energi negatif.
  • Gunakan bahasa yang positif
    Pernahkah kamu menyadari kata-kata yang kamu tuturkan? Positif atau negatif? terkadang, beberapa orang sering mengeluhkan beberapa hal seperti pekerjaan, cuaca, lingkungan atau lainnya. Hal seperti itu yang memunculkan energi negatif dalam diri kita.
  • Menerima ketidaksempurnaan yang ada
    Sulit untuk menerima ketidaksempurnaan yang ada di hidupmu. Tapi sesekali, sangat mudah untuk menerima hal-hal yang kadang tidak sesuai yang kamu inginkan. Beberapa kejadian terjadi diluar kendali.
  • Berkumpul bersama orang-orang dan lingkungan yang positif
    Semakin sering kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang dengan aura positif, semakin sering juga kamu terpengaruh kepada kegiatan atau aktivitas teman-temanmu.
  • Belajar dan terus belajar
    Jangan merasa puas dengan apa yang telah kamu kuasai. Kembangkan selalu rasa ingin tahu tentang dunia sekitarmu. Tidak peduli dalam situasi apapun, akan selalu ada yang bisa pelajari.

Baca juga: Cara Memenuhi Pekerjaan Menjelang Deadline


Jangan lupa, hidupmu adalah pilihanmu. Tidak ada yag memaksamu, khususnya untuk emmiliki sikap negatif. maka dari itu, kendalikan hidupmu dan ubah menjadi lebih baik, lebih energis, dan lebih bahagia dalam menjalani hidup.


Sumber Referensi

Proctor, Charlene M. (n.d). “The Definition of a Positive Mental Attitude”. Diakses dari http://www.selfgrowth.com/articles/Definition_Positive_Mental_Attitude.html pada tanggal 28 April 2017.
Thomassian, Melanie. (n.d). “7 Strategies to Developing a Positive Mental Attitude”. Diakses dari http://www.stevenaitchison.co.uk/blog/7-strategies-to-developing-a-positive-mental-attitude/ pada tanggal 28 April 2017.


0 Comments