span 1 span 2 span 2

Project Management

5 Cara Memenuhi Pekerjaan Menjelang Deadline
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 2 menit

Cara memenuhi pekerjaan menjelang deadlineSumber: aqusagtechnologies.com

Untuk seseorang yang bekerja—baik sebagai atasan maupun bawahan—tenggat waktu atau deadline kerap menjadi hal yang menakutkan. Deadline menjadi sesuatu yang terus menggantung di pikiran Anda, dan tidak jarang justru menghambat Anda untuk fokus dan melakukan pekerjaan sebaik-baiknya.

Nah, tidak mau kan dihalangi oleh ketakutan akan deadline? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan:

1. Setujui deadline yang realistis
 

Setujui deadline yang realistis
Sumber: coda.newjobs.com

Jika Anda mendapatkan sebuah tugas dengan tenggat waktu tertentu, Anda tidak perlu langsung menyetujui tenggat waktu tersebut. Anda perlu mencocokkan tenggat waktu dengan penilaian Anda soal kemampuan Anda sendiri. Apabila Anda merasa waktunya tidak cukup, maka katakan yang sejujurnya. Jujur lebih baik daripada lalai melaksanakan tugas, bukan?

2. Tentukan timeline sendiri
 

Tentukan timeline sendiriSumber: leftplusright.com

Agar dapat memenuhi deadline, Anda perlu membuat timeline sendiri. Timeline diperlukan agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selama beberapa hari ke depan. Dengan menetapkan timeline, Anda menuntut diri sendiri untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal Anda, baik jadwal harian, mingguan, maupun bulanan.

3. Selesaikan tugas lebih awal
 

Selesaikan tugas lebih awalSumber: immonet.de

Menyelesaikan tugas lebih awal tidak pernah merugikan. Sebaliknya, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Tugas yang selesai lebih dulu memungkinkan Anda melakukan pengecekan ulang, andai ada sesuatu yang membuat Anda kurang puas terhadap hasilnya.

Selain itu, Anda juga mendapat banyak sisa waktu yang dapat dialokasikan untuk melakukan pekerjaan yang lain yang juga menumpuk. Anda pun dapat memanfaatkan waktu sisa tersebut untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti berekreasi.

4. Lakukan delegasi tugas
 

Lakukan delegasi tugasSumber: espida.co.uk

Jika Anda berperan sebagai pemimpin dalam sebuah tim atau sebagai seorang Project Manager, Anda diharuskan mendelegasikan tugas kepada tim Anda. Delegasi tugas membantu Anda menyelesaikan sebuah proyek dengan lebih cepat, karena ada banyak sumber daya manusia yang dapat diberdayakan.

Selain itu, delegasi tugas menunjukkan bahwa Anda mempercayai anggota tim Anda dengan proyek-proyek yang penting. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin mudah Anda dan tim memenuhi tenggat waktu yang ditentukan.

5. Jangan segan bertanya
 

Jangan segan bertanyaSumber: abaforlawstudents.com

Tuntutan sebuah tugas dapat membuat proses pengerjaan menjadi lama. Oleh karena itu, Anda harus menjadi seseorang yang tak malu bertanya kepada atasan apabila mengalami kesulitan. Segan menanyakan perihal pekerjaan akan membuat proses pengerjaan tugas menjadi lebih lama, serta berpotensi membuat Anda menjauh dari tenggat waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Inisiatif sebagai Pemimpin


Nah, di atas adalah lima cara yang dapat Anda lakukan agar pekerjaan Anda selesai sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Tentu lebih baik jika Anda menyelesaikan pekerjaan dari jauh-jauh hari, bukan? Selamat bekerja!


Sumber Referensi

Bram, Thursday. (2013). How to Stick to Personal Deadlines. Diakses pada tanggal 28 Februari 2017 dari http://www.wisebread.com/how-to-stick-to-personal-deadlines
Boogard, Kat. 3 Reasons You Can’t Seem to Stick to Deadlines You Set for Yourself (and How to Start). Diakses pada tanggal 28 Februari 2017 dari https://www.themuse.com/advice/3-reasons-you-cant-seem-to-stick-to-deadlines-you-set-for-yourself-and-how-to-start


0 Comments