span 1 span 2 span 2

Project Management

Perbedaan dan Manfaat Clarifying dan Problem Solving
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 1 menit

Perbedaan dan Manfaat Clarifying dan Problem Solving
Sumber: tinoshare.com

Setiap manusia tidak bisa lepas dari sebuah masalah. Namun, masalah seberat apapun pastilah ada jalan keluarnya. Yang perlu diperhatikan adalah bagimana cara mencari jalan keluar dari masalah tersebut. berikut dua cara penyelesaian masalah, clarifying dan problem solving.

Clarifying, definisi dan manfaat
 

Clarifying, Definisi dan Manfaat
Sumber: content.gallup.com

Dalam komunikasi, clarifying atau yang biasa disebut klarifikasi menawarkan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, sesuai dengan pemahaman berbagai sisi. Dengan kata lain, mengecek apakah pemahaman pendengar telah benar atau masih meninggalkan pertanyaan yang membawa kepada ketidakpahaman.

Klarifikasi sangat penting didalam berbagai situasi. Khususnya saat yang coba disampaikan menjadi sulit untuk diutarakan. Komunikasi dapat menjadi sulit untuk tercapai karena berbagai alasan, baik dari perbedaan persepsi ataupun perbedaan emosi yang diterima. Maksud dari klarifikasi adalah untuk meyakinkan pihak yang mendengarkan apakah mengerti secara tepat apa yang coba pembicarakan utarakan. Selain itu, pembicara juga harus mempercayai jika pihak pendengar mengerti apa yang coba pembicara ucapkan.

Klarifikasi berguna untuk para pendengar aktif agar mendapatkan pemahaman secara keseluruhan dan menunjukkan pemahamannya, serta mendorong pembicara untuk berbicara dengan lebih jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Problem Solving, definisi dan manfaatnya
 

Problem Solving, Definisi dan Manfaatnya
Sumber: d2gr5kl7dt2z3t.cloudfront.net

Menurut kamus Oxford, sebuah masalah didefinisikan sebagai “hal yang sulit dan membutuhkan solusi”. Ada dua hal yang digarisbawahi dari keterangan tersebut, yakni ‘tujuan’ dan ‘halangan’. Maka secara harafiah kita bisa mendeskripsikan problem solving sebagai cara untuk menghilangkan halangan menuju tujuan kita.

Manfaat dari problem solving tentu saja menghilangkan masalah yang menghalangi kita menuju tujuan kita. Selain itu, masalah yang kita selesaikan secara tidak langsung menambah kemampuan kita dalam berpikir kritis dalam memandang suatu masalah. Maka dari itu, jangan takut untuk mencoba terjun menyelesaikan suatu masalah karena pasti berdampak baik untuk kita.


Mungkin tidak ada perbedaan secara mendasar antara clarifying dan problem solving. Keduanya memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh, yakni menyelesaikan suatu masalah. Namun, clarifying lebih terfokus pd pemecahan masalah yang ditimbulkan akibat kesalahan penerima pesan dalam menerima pesan. Sedangkan, problem solving lebih membahas penyelesaian masalah secara umum.


Sumber Referensi

Figiuolo, Mike. (2014). “5 Steps to Solving the Problems With Your Problem Solving”. Diakses dari https://www.inc.com/mike-figliuolo/decision-making-process.html pada tanggal 18 Mei 2017.
Sammons, Leeann. (2010). “Problem Solving: How do leaders prioritize problems?”. Diakses dari http://www.somc.org/blog/problem-solving-how-do-leaders-prioritize-problems/ pada tanggal 18 Mei 2017.


0 Comments