span 1 span 2 span 2

Project Management

4 Cara Menentukan Prioritas Masalah untuk Dipecahkan
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

Cara Menentukan Prioritas Masalah untuk Dipecahkan
Sumber: thebluediamondgallery.com

Setiap orang memiliki masalah. Baik itu masalah pribadi maupun masalah kelompok. Namun satu yang pasti, setiap masalah hadir untuk ditemukan solusinya dan sesegera mungkin memecahkan masalah tersebut. kesalahan yang biasa orang lakukan adalah terlalu fokus kepada masalah yang ada, namun lupa untuk memikirkan cara penyelesaiannya. Dari sekian banyak masalah yang ada, tentunya ada yang harus diselesaikan secara cepat dan masalah yang masih bisa diselesaikan dengan tidak terburu-buru. Berikut tips menentukan prioritas yang masalah yang perlu dipecahkan.

1. Buat list masalah yang harus dipecahkan
 

Buat List Masalah Yang Harus Dipecahkan
Sumber: s-i.huffpost.com

Untuk kalian yang jarang membuat list karena terlalu malas, harus mulai melawan rasa malas itu mulai sekarang. List yang dibuat harus mudah untuk dilihat dan konsisten dalam melakukannya. Jika masih terasa kesulitan untuk melakukannya, mintalah bantuan teman-teman terdekatmu untuk mengingatkanmu selalu.

Misal kamu akan membuat list masalah berdasarkan lokasi, maka akan dituliskan pembabakan seperti “masalah rumah”, “masalah pekerjaan”, “masalah percintaan”, dan lain lain. setelah tiap-tiap pembabakan tertulis, maka bisa dirunut per bagian. Contohnya dalam “masalah pekerjaan” akan ada masalah seperti “deadline tugas 1”, “interview peserta magang”, dan lain lain.

2. Merinci tiap-tiap masalah
 

Merinci Tiap-tiap Masalah
Sumber: letsintern.com

Mulai untuk menjabarkan masalah-masalah yang ada menjadi sub-sub komponen penyebab masalah. Contohnya, kamu mempunyai bisnis berjualan makaroni. Lalu, terdapat masalah di bagian profit, yang terbagi ke masalah pendapatan dan masalah cost yang harus dikeluarkan. Proses ini akan menciptakan struktur kepada cara menyelesaikan masalahmu, kamu pun bisa mempermudah analisamu terhadap masalah yang tengah dihadapi.

Baca juga: Menyelesaikan Konflik Tim

3. Urutkan yang paling penting terlebih dahulu
 

Urutkan yang Paling Penting Terlebih Dahulu
Sumber: dytho.com

Setiap masalah memiliki deadline nya masing-masing. Maka dari itu, tentukan masalah mana yang perlu sesegera mungkin untuk diselesaikan dan pisahkan masalah yang masih bisa diundur waktu penyelesaiannya. Ingat, lebih penting untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan banyak orang dibandingkan masalah yang pribadi.

4. Selesaikan setiap masalah satu per satu secara konstan
 

Selesaikan Setiap Masalah Satu Per Satu Secara Konstan
Sumber: everydayinterviewtips.com

Semua masalah sudah tertulis dengan rapih, yang tinggal kamu lakukan hanya menyelesaikannya satu persatu, secara perlahan namun pasti. Jangan tiba-tiba kamu merasa malas untuk menyelesaikannya dan menunda-nunda pekerjaanmu, karena secara tidak sadar kamu akan kedatangan masalah baru dan akan semakin menumpuk jika dibiarkan begitu saja.

Baca juga: Cara Membuat Waktumu Lebih Produktif


Dengan metode pemecahan masalah diatas, kamu bisa menentukan mana masalah yang penting dan tidak terlalu penting untuk segera diselesaikan. Waktu yang tersisa pun bisa dimanfaatkan secara produktif dan lebih fungsional. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Figiuolo, Mike. (2014). “5 Steps to Solving the Problems With Your Problem Solving”. Diakses dari https://www.inc.com/mike-figliuolo/decision-making-process.html pada tanggal 5 Mei 2017.
Sammons, Leeann. (2010). “Problem Solving: How do leaders prioritize problems?”. Diakses dari http://www.somc.org/blog/problem-solving-how-do-leaders-prioritize-problems/ pada tanggal 5 Mei 2017.


0 Comments