span 1 span 2 span 2

Project Management

5 Tips Pintar & Mudah Membagi Waktu
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 2 menit

Tips pintar & mudah membagi waktuSumber: datamaticsinc.com

Membagi waktu untuk menjalankan berbagai aktivitas yang kita miliki kelihatannya mudah. Namun dalam kenyataannya, perlu adanya trik khusus untuk membiasakan dirimu menjadi orang yang bisa membagi waktu lho. Agar terhindar dari aktivitas yang lupa untuk kita lakukan atau tidak berjalan sesuai dengan rencana awalnya. Yuk, mari disimak.

1. Membuat Schedule
 

Membuat scheduleSumber: cdn.shopify.com

Kegiatan ini yang paling penting dan utama yang harus kamu lakukan dalam membagi waktu. Kamu bisa menulisnya di buku harian, kalender handphone lengkap dengan pengingatnya atau kamu bisa menempeli notes kecil di kalender kamar. Lebih baik lagi jika kamu menulis diketiganya.

Membuat schedule itu sangat penting karena kalau kamu hanya mengandalkan otak untuk mengingat, kesempatan untuk lupa sangatlah besar. Kamu bisa membuatnnya perminggu atau perbulan.

2. Jangan Multitasking
 

Jangan multitaskingSumber: wisdomlabs.com

Cara membagi waktu yang bijak itu bukan berarti kamu bisa mengerjakan lebih dari satu aktivitas dalam waktu yang bersamaan. Justru kegiatan multitasking bisa membuat kamu tidak fokus dan akhirnya pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak menghasilkan hasil yang maksimal.

Kerjakanlah satu-persatu sesuai dengan deadline-nya. Dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, hendaknya kamu juga melakukan istirahat sejenak agar otak tidak bingung saat menerima pekerjaan yang lainnya.

3. Mengatur Prioritas
 

Mengatur prioritasSumber: corporatecomplianceinsights.com

Membagi waktu juga berarti pintar-pintar mengatur prioritas. Mana pekerjaan yang hari ini harus selesai dan mana pekerjaan yang besok harus selesai. Lalu, mana kegiatan yang wajib dilakukan dan mana kegiatan yang mungkin bisa ditunda sesaat. Dengan mengatur prioritas, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut tepat waktu.

4. Belajar Berkata “Tidak”
 

Sumber: 4.bp.blogspot.com

Terkadang kita akan segan untuk menolak permintaan orang lain, apalagi orang terdekat karena takut menyakiti hati mereka. Namun, ujung-ujungnya kita sendiri yang akan bingung untuk membagi waktunya dan akhirnya ada saja kegiatan yang tidak bisa dikerjakan karena kegiatannya sudah terlalu penuh.

Tentu menjaga hati orang lain adalah perbuatan yang baik, namun kita juga harus bisa menolak permintaan orang lain jika memang kita tidak mampu, tentu dengan cara yang baik dan sopan.

5. Tidak Menunda-nunda
 

Tidak menunda-nundaSumber: 3.bp.blogspot.com

“Lima menit lagi ya”, “Nanti saja, deadline-nya masih lama”. Kata-kata tersebut yang biasanya akan membuat jadwal yang sudah kamu buat kacau berantakan. Sekali dua kali menunda memang belum tentu akan membuat jadwal kamu berantakan.

Namun kegiatan menunda itu biasanya mudah sekali berubah menjadi kebiasaan yang akan di ulang berkali-kali. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari penundaan karena sekali kita menunda, kita akan terbiasa dan akan mengulanginya lagi.

Baca juga: Cara Memilih Kandidat yang Tepat untuk Pekerjaan


Lakukanlah kegiatan yang disebutkan di atas secara berulang-ulang sampai kamu terbiasa. Memang mungkin akan sedikit sulit awalnya. Namun kalau sudah terbiasa pastinya akan lebih mudah bukan? Karena menjadi orang yang bisa membagi waktu sangat banyak sekali manfaatnya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Aku Ingin Sukses. (n.d.). Diakses pada tanggal 13 Desember 2016 dari Aku Ingin Sukses Web Site: http://www.akuinginsukses.com
White, D. M. (n.d.). Library. Diakses pada tanggal 13 Desember 2016 dari Psychcentral: http://psychcentral.com


0 Comments