span 1 span 2 span 2

Project Management

5 Tips Menjadi Orang yang Tepat Waktu
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

Tips menjadi orang yang tepat waktuSumber: aws-dist.brta.in

Tepat waktu, kata-kata yang sering diucapkan namun sulit dipraktekan. Alasannya bisa bermacam-macam, seperti telat bangun karena kemarin begadang, macet, nyasar, hujan sampai telat karena terlalu banyak kegiatan yang dilakukan. Alasan-alasan tersebut memang terkadang tidak bisa diprediksi apalagi kalau sudah berurusan dengan cuaca. Namun, bukan berarti alasan-alasan tersebut tidak bisa kita hindarkan. Kita bisa menghindari alasan-alasan tersebut dengan membiasakan hal-hal di bawah ini.

1. Pasang Alarm
 

Pasang alarm
Sumber: cdn.pixabay.com

Setelah kamu membuat jadwal dari kegiatan yang akan kamu lakukan, kamu dapat memasang alarm sebagai pengingat di handphone kamu. Baiknya kamu memasang alarm dengan pengingat berkali-kali, misalnya sehari sebelumnya, dua jam sebelumnya dan 15 menit sebelumnya. Hal ini berguna untuk mengingatkan kamu agar tidak lupa dengan kegiatan tersebut.

2. Hitung Jarak Perjalanan
 

Hitung jarak perjalanan
Sumber: i0.wp.com

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum, sebaiknya kamu harus memperhitungkan jarak perjalanan sebelum kamu berangkat. Apalagi dengan kendaraan umum, kamu harus memikirkan kendaraan apa saja yang akan kamu butuhkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui jarak perjalanannya, maka kamu bisa mempersiapkan waktu di perjalanan, misalnya apakah kamu harus berangkat satu jam sebelumnya atau dua jam sebelumnya atau malam hanya membutuhkan 30 menit saja untuk sampai.

3. Persiapkan Semua Sehari Sebelumnya
 

Persiapkan Semua Sehari SebelumnyaSumber: i.ytimg.com

Mempersiapkan segala sesuatu di hari sebelumnya akan membuat kamu tidak tergesa-gesa di keesokan harinya. Hal tersebut juga menghindari jika ada barang-barang yang tertinggal karena lupa dimasukkan ke dalam tas misalnya. Penting sekali bukan melakukan persiapan?

4. Tahu Kapan Harus Berhenti
 

Tahu kapan harus berhenti
Sumber: happybiopharma.com

Terkadang hal yang membuat kita telat adalah saat kita tidak tepat waktu dengan kegiatan kita sebelumnya. Contohnya, kamu sedang mencuci pakaian dirumah, setelah itu kamu berencana untuk pergi bersama teman-teman. Namun, karena ternyata kamu sudah selesai mencuci pakaian sebelum waktu yang kamu pikirkan, kamu mempunyai pikiran, “ya sudah, sekalian menyetrika saja”. Biasanya, hal ini yang dapat membuat kamu telat karena kamu terlanjur asyik dengan pekerjaan sebelumnya dan melupakan janji selanjutnya.

Sebaiknya kamu tetap pada jadwal yang sudah kamu tentukan. Kalau memang jadwal sebelumnya selesai sebelum waktunya, gunakan lah sisa waktu itu untuk istirahat sejenak.

5. Mempunyai Rencana Kedua
 

Mempunyai rencana kedua
Sumber: klaus-heidegger.at

Mempunyai rencana lebih dari satu adalah sikap yang bijak, terutama dalam urusan transportasi, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dan akhirnya akan membuat kita telat. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi kalau kita sudah memikirkan kemungkinan-kemungkinannya terlebih dahulu.

Misalnya, saya akan pergi ke Depok menaiki kereta. Namun kalau sampai kereta tersebut mengalami gangguan, saya langsung tahu saya harus menaiki bis A untuk sampai ditujuan. Memang memakan waktu lebih lama, namun hal tersebut lebih baik daripada menunggu kereta yang sedang ada gangguan.

Baca juga: Tips Memilih Anggota Tim agar Pekerjaan Maksimal


Dengan melakukan cara-cara di atas, maka kita bisa menjadi orang yang tepat waktu. Mengapa tepat waktu sangat penting? Karena sesungguhnya menjadi orang yang tepat waktu bukan hanya menghargai orang-orang yang bersangkutan, namun juga menghargai diri sendiri dengan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.


Sumber Referensi

White, D. M. (n.d.). Library. Diakses pada tanggal 13 Desember 2016 dari Psychcentral: http://psychcentral.com
Zabell, S. (n.d.). Diakses pada tanggal 22 Desember 2016 dari Real Simple: http://www.realsimple.com


0 Comments