span 1 span 2 span 2

Project Management

5 Cara Menyusun Jadwal Tepat Waktu
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

Cara menyusun jadwal tepat waktuSumber: az616578.vo.msecnd.net

Manajemen waktu tentunya skill yang sangat dibutuhkan setiap orang. Dari kalangan pelajar sampai karyawan, dengan manajemen waktu yang baik akan membebaskan kalian dari jeratan deadline yang tiba-tiba muncul. Tentunya, manajemen waktu harus melalui banyak percobaan sampai menemukan komposisi penyusunan jadwal yang pas untuk kamu. Berikut tips untuk mengatur jadwalmu agar tidak terlambat dalam mengerjakan setiap kewajibanmu!

1. Mencatat semua jadwal di kalender sesegera mungkin
 

Mencatat semua jadwal di kalender sesegera mungkinSumber: beautyandthechic.net

Dengan padatnya jadwal yang dihadapi, penting untuk mencatat semua janji atau kepentingan di kalender. Zaman sekarang, semakin mudah untuk menyusun jadwal dengan berbagai aplikasi, baik itu kalender di handphone, ataupun aplikasi to-do list yang bisa di download. Atau jika kamu jarang memegang handphone, kamu bisa membuat tabel kalender yang ditulis tangan dan mempermudah kamu untuk menuliskan jadwal yang akan datang.

Satu yang penting dalam pencatatan jadwal ini, lakukan pencatatan sesegera mungkin. Jangan menunda-nunda mencatat jadwal ketika janji sudah ditetapkan. Ketika kamu lupa, kemungkinan jadwal yang tumpah tindih bukan tidak mungkin akan terjadi. Tentu kamu tidak mau kan, harus mengorbankan salah satu jadwalmu?

2. Buatlah deadline
 

Buatlah deadlineSumber: assets1.bigthink.com

Jangan membuat tenggat waktu jika kamu mengundur-undur waktu pengerjaannya sendiri. Kunci dari pembuatan deadline adalah komitmen. Jika kamu membuat tenggat waktu dan berkomitmen terhadap deadline yang kamu buat, tentu tidak sulit untuk menyelesaikannya sebelum deadline.

Tentukan tenggat waktu beberapa hari sebelum waktu sebuah pekerjaan dibutuhkan. Misalkan kamu mempunyai tugas presentasi yang akan dikumpulkan rabu pagi, buatlah tenggat waktu tugas tersebut pada hari selasa, sehingga kamu bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan yang lainnya. Sebanyak apapun deadline mu, pasti akan terselesaikan jika kamu komitmen terhadap apa yang telah kamu tentukan.

3. Delegasikan tanggung jawab yang bisa kamu berikan (jgn multitasking)
 

Delegasikan tanggung jawab yang bisa kamu berikan (jgn multitasking)Sumber: oliveblue.com

Setiap manusia pasti mempunyai batasan dalam melakukan sesuatu. Jangan terlalu bernafsu dengan melakukan banyak kegiatan sekaligus. Memang, banyak kegiatan yang ingin kamu lakukan. Namun, perlu diprioritaskan mana yang penting dan mana yang hanya menghabiskan waktu kamu nantinya. Delegasikan ketika kamu mempunyai tanggung jawab yang bisa kamu serahkan ke orang lain. belajarlah untuk memercayai orang lain.

4. Luangkan waktu lebih dalam mengerjakan sesuatu
 

Luangkan waktu lebih dalam mengerjakan sesuatuSumber: farm1.static.flickr.com

Misalkan kamu mempunyai jadwal les piano dari jam 4 sore sampai jam 6 sore, tuliskan dijadwalmu 30 menit lebih awal dan 30 menit lebih akhir dari jadwal yang seharusnya. Waktu 1 jam yang dilebihkan akan berguna untuk menanggulangi peristiwa-peristiwa tak terduga seperti macet atau kecelakaan. Penting juga untuk melihat mungkin tidaknya jadwal yang disusun. Misalnya kamu mempunyai jadwal ujian dari jam 8 sampai 10 pagi, namun pukul 11 kamu harus berada di tempat yang berjarak 2 jam dari tempat kamu ujian. Tentukan kegiatan yang paling penting untukmu.

5. Review jadwalmu per hari di awal aktivitas
 

Review jadwalmu per hari di awal aktivitasSumber: i0.wp.com

Untuk mengingat kembali apa saja kegiatanmu hari itu, gunakan beberapa menit sebelum memulai aktivitasmu untuk mengurutkan apa saja yang akan kamu lakukan pada hari itu. Pertimbangkan sedari awal kemungkinan-kemungkinan yang ada, dan susun jadwal dan perencanaan yang baik dan saling mendukung, supaya tidak kesulitan di salah satu kegiatan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengeluarkan energi terlalu banyak dan efisiensi waktu.

Baca juga: Cara Meningkatkan Inisiatif pada Diri Karyawan


Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Semoga dengan tips ini, julukan “jam karet” akan pergi dari identitasmu, ya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Mathews, Joe, et al. (n.d). “How to Manage Time With 10 Tips That Work”. Diakses dari https://www.entrepreneur.com/article/219553 pada tanggal 4 Mei 2017.
White, Donna M. (n.d). “6 Tips to Improve Your Time Management Skills”. Diakses dari https://psychcentral.com/lib/6-tips-to-improve-your-time-management-skills/ pada tanggal 4 Mei 2017.


0 Comments