span 1 span 2 span 2

Project Management

4 Cara Membangun Brand Image Perusahaan Baru
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

Cara Membangun Image Branding Perusahaan BaruSumber: emotivebrand.com

Kamu sedang merintis sebuah perusahaan baru? Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan, brand image sangat penting untuk membedakan perusahaan yang kamu dirikan dengan peusahaan sejenis lain. Penting untuk membangun brand image perusahaan baru kamu, tidak mau kan jika perusahaan kamu tenggelam begitu saja diantara perusahaan-perusahaan besar lainnya?

1. Definisikan brand-mu
 

Definisikan Brand-muSumber: dawaplatform.blob.core.windows.net

Setiap perusahaan baru harus mendefinisikan dengan jelas brand image perusahaannya. Identitas perusahaan berawal dari visi misi perusahaan tersebut. Buatlah juga sebuah brief yang akan mempermudah pembuatan brand image. Brief tersebut yang akan menjadi acuan pembuat brand image dalam memecahkan masalah yang ada.

2. Riset segala sesuatu tentang perusahaanmu
 

Riset Segala Sesuatu tentang PerusahaanmuSumber: lh4.googleusercontent.com

Riset yang dilakukan, akan berkaitan dengan seberapa penting nilai yang dianut perusahaan kamu, maksud dan tujuan akhir perusahaan kamu, dan seberapa penting keberadaan perusahaanmu. Sesuaikan brand image yang akan kamu buat dengan hasil riset yang telah kamu lakukan, ya! Jangan memaksakan suatu kehendak yang sebenarnya tidak sesuai dengan hasil risetmu.

Baca juga: Cara Mendengar yang Baik

3. Susun rencana jangka panjang
 

Susun Rencana Jangka PanjangSumber: taralite.co

Mungkin, semua orang atau perusahaan menginginkan kesuksesan dengan cara cepat, maka dari itu mereka membuat perencanaan dengan jangka pendek agar mendapatkan keuntungan secara cepat. Namun sebenarnya, rencana jangka panjang sangatlah diperlukan untuk sebuah perusahaan, khususnya perusahaan baru. Memang perlu juga dipertimbangkan untuk merangkai beberapa rencana jangka pendek untuk menyokong rencana jangka panjang yang sudah dirangkai. Namun, jangan sampai terlalu merugikan rencana jangka panjang yang kamu susun, ya!

4. Buatlah perbedaan
 

Buatlah PerbedaanSumber: s-i.huffpost.com

Pandji Pragiwaksono, seorang stand-up comedian terkenal asal Indonesia pernah berkata “membuat sesuatu yang sedikit lebih beda, akan lebih baik daripada membuat sesuatu yang lebih baik”. Hal tersebut juga bisa diterapkan dalam membangun brand image perusahaan baru kamu. Dengan hal baru, tentu kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan usahamu dan tidak dianggap mengikuti perusahaan tertentu.

Misalnya, pada kasus Indomart dengan Alfamart. Secara kasat mata, apa yang mereka lakukan adalah hal yang sama, yaitu menjual sejumlah produk dalam toko swalayan. Bahkan, kalian sering bukan menemukan toko Alfamart bersebelahan atau tidak berjarak lebih jauh dari Indomart. Mereka tidak membuat sesuatu yang berbeda satu sama lain. Namun, 7Eleven muncul dengan sedikit perbedaan. Memang 7Eleven sama-sama berupa swalayan. Tapi perbedaan yang ditawarkan 7Eleven berupa tempat duduk-duduk yang dilengkapi steker listrik dan wifi. Alhasil, 7Eleven pun menjadi tempat yang ramai disambangi, karena perbedaannya.

Baca juga: Cara Mendelegasikan Tugas Ke Bawahan


Untuk membangun brand image perusahan baru, diperluan usaha ekstra karena dimulai dari nol. Coba juga untuk memperluas koneksi kamu dengan perusahaan-perusahaan besar lain agar mudah dalam mencari bantuan. Jangan patah semangat dan semoga berhasil!


Sumber Referensi

 “Design a brand identity in 10 easy steps”. Diakses dari http://www.creativebloq.com/branding/create-brand-identity-1233282 pada tanggal 25 April 2017.
 “Ten ways to build a brand for your small business”. Diakses dari http://www.marketingdonut.co.uk/marketing-strategy/branding/ten-ways-to-build-a-brand-for-your-small-business pada tanggal 25 April 2017.


0 Comments