span 1 span 2 span 2

Musik & Kesenian

Macam-Macam Aliran Musik
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 2 menit

Macam-Macam Aliran Musik
Sumber: vignette.wikia.nocookie.net

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan berbagai keindahan yaitu irama, nada, lagu dan keharmonisan. Musik telah hadir sejak zaman kuno dahulu, sejak zaman kerajaan Timur Tengah yaitu Romawi dan Persia. Kehadiran musik sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada saat itu. Walaupun masih ada beberapa golongan pada saat itu yang menganggap bahwa musik membawa petaka tetapi semakin lama justru musik makin terkenal dan mewabah hingga saat ini.

Musik juga memiliki gayanya tersendiri pada setiap negara. Dalam tempo yang lama telah hadir banyak musik yang jenisnya sangat beragam. Berikut adalah jenis aliran musik yang ditemukan sejak tahun klasik sampai sekarang, yang dirangkum dan diulas secara sederhana:

1. Musik Country
 

Musik Country
Sumber: a.abcnews.com

Musik country adalah musik yang pada dasarnya berasal dari masyarakat dan bisa dibilang sebagai musik rakyat jika disebut oleh orang – orang di Eropa. Musik aliran ini lahir pada sekitaran tahun 1940 – 1970. Setelah tahun 70-an, musik country sudah sangat melesat jauh dan sangat diminati oleh berbagai kalangan di dunia hingga saat ini. Contoh musisi yang menggunakan aliran country adalah Elvis Presley dan Taylor Swift.

baca juga: Tata Cara Melakukan Pemanasan Suara

2. Jazz
 

JazzSumber: i.ytimg.com

Music jazz berasal dari Amerika Serikat dan merupakan perpaduan dari budaya orang Amerika dan Afrika. Musik jazz dikenal pada abad sekitaran ke-20 dan yang sangat menonjol dari musik aliran ini adalah permainannya yang terlihat lebih banyak mengandalkan improvisasi.

Bisa kita saksikan sendiri, ketika menyaksikan pertunjukkan musik jazz banyak orang yang melakukan improvisasi pada musik dengan aliran ini. Pada strukturnya, musik jazz ini sama seperti musik reggae yang memiliki keindahan dan kemudahan dalam melakukan improvisasi. Tetapi yang menjadi permasalahannya adalah harmoni dari musik jazz ini bisa dibilang sangat rumit. Salah satu musisi yang menggunakan genre jazz adalah Nat King Cole dan Jason Mraz.

3 . Orkestra

Orkestra

Sumber: i.ytimg.com

Jenis musik orkestra adalah musik yang hadir pada zaman era romantic. Musik orkestra pada zamannya lebih mengandalkan permainan alat musik seperti piano. Pianis yang sangat terkenal pada zaman era romantic yaitu sekitaran tahun 1820-1900 adalah Frederic Chopin yang terkenal dengan musik nocturne-nya.

Baca juga: Cara Perawatan Alat Marching Band

Itulah beberapa aliran musik yang bisa kalian ketahui. Macam - macam aliran musik ini didapatkan dari berbagai negara namun musik memang sudah menjadi satu oleh kepribadian semua masyarakat dunia saat ini.  Jadi, genre musik apakah yang lebih kamu sukai?


Sumber Referensi

http://senipandai.blogspot.co.id/2015/11/macam-macam-aliran-musik-yang-harus.html
https://askingxander.wordpress.com/2012/12/12/mengenal-bermacam-macam-aliran-musik-di-dunia/
https://en.wikipedia.org/wiki/Frédéric_Chopin
https://id.wikipedia.org/wiki/Genre_Musik
http://roinapitupulu.blogspot.co.id/2010/11/sejarah-musik-bab-1.html


0 Comments