span 1 span 2 span 2

Masak

4 Tips agar Sambal Nggak Kelewat Pedas
Oleh: Intan Kirana
Dibaca Normal: 2 menit

Cara membuat sambal yang tidak pedasSumber: fthmb.tqn.com

Sambal identik dengan rasa pedas. Namun banyak orang yang tidak tahan dengan rasa pedas yang kelewat “menggigit” lidah, dan lebih suka rasa pedas yang selintas saja karena dianggap sebagai pelengkap rasa dalam masakan. Lagipula, sambal yang terlalu pedas memang seringkali menganggu kita saat makan, bukan? Selain itu, bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung akut, sambal yang terlampau pedas dapat membuat Anda mengalami sakit maag yang parah dan bisa jadi berbahaya.

Nah, untuk itu, buat saja sambal yang tidak pedas! Iya, betul, sambal pun bisa kok memiliki rasa yang tidak terlalu pedas, tapi tetap lezat dan punya rasa khas di lidah.  Namun apa saja yang harus Anda perhatikan supaya sambal yang Anda buat tidak menjadi pedas? Berikut caranya:

1. Pilih cabai besar yang keriting
 

Pilih cabai besar yang keritingSumber: agritani.id

Tidak mengherankan kalau ada istilah yang berbunyi “kecil-kecil cabe rawit”. Pasalnya, cabai rawit, terutama yang berwarna oranye, punya rasa pedas yang tak hanya “menggigit”, tapi juga “mencabik” lidah. Bagi pecinta pedas, cabai semacam ini memang menjadi “primadona”. Namun bagi Anda yang hanya menjadikan rasa pedas sebagai pelengkap rasa makanan, sepertinya cabai jenis ini bukanlah rekomendasi yang tepat.

Pilihlah cabai yang berwarna merah, berukuran besar, dan agak keriting. Cabai jenis ini, meskipun kelihatan garang, tetapi sebetulnya tidak terlalu pedas.

2. Goreng cabai
 

Goreng cabai
Sumber: fab.ng

Sebelum menumbuk cabai, goreng terlebih dahulu dengan minyak yang tidak terlalu banyak. Mengapa kita harus menggoreng cabai? Pasalnya, buih biji cabai yang masih segar akan terasa lebih pedas, berbeda dengan buih yang dikeluarkan setelah cabai digoreng. Selain itu, minyak juga dapat mengurangi rasa pedas dalam cabai.

3. Tambahkan tomat
 

tambahkan tomatSumber: cdn-images-1.medium.com

Tomat yang segar, dapat membuat rasa pedas biji cabai jadi berkurang. Untuk itu, tak mengherankan apabila sambal tomat menjadi sambal rekomendasi bagi mereka yang tidak suka dengan rasa pedas.

Nah, saat menumbuk cabai, tambahkan tomat secukupnya saja, ya. Jangan terlalu banyak, supaya tidak mengurangi rasa khas pada cabai. Selain itu, jangan lupa untuk menumbuk tomat hingga teksturnya seperti bubur dan mudah bercampur dengan cabai dan bahan-bahan lain seperti garam dan bawang putih.

4. Kurangi bawang putih
 

kurangi bawah putih
Sumber: draxe.com

Bawang putih memang senjata utama dalam membuat banyak masakan menjadi gurih. Tahukah Anda alasannya? Rupanya, karena bawang putih berfungsi untuk mengikat rasa. Termasuk rasa pedas pada cabai. Untuk itu, tak mengherankan kalau sambal penyet super pedas yang membuat orang menangis, selalu menggunakan sambal bawang dengan campuran cabai kecil dan bawang yang banyak.

Bila Anda ingin mengurangi rasa pedas, kurangi pula bawang yang dicampurkan saat proses menumbuk sambai. Berikan saja secukupnya bawang untuk tetap mempertahankan rasa gurih di dalam sambal.

Baca juga: Cara Membuat Pizza tanpa Menggunakan Oven


Bila Anda tidak menyukai tomat, dan ingin membuat sambal dengan cita rasa yang tidak “terganggu” oleh kesegaran tomat, Anda bisa menyisihkan tomat. Anda dapat menggantinya dengan sedikit air segar. Nah, selamat makan dengan sambal yang tidak “menggigit” lidah ya!


Sumber Referensi

https://cookpad.com/id/resep/687515-sambal-tomat-tidak-pedas
https://cookpad.com/id/resep/257765-sambal-tomat-tidak-pedas


0 Comments