span 1 span 2 span 2

Komunikasi

8 Cara Sukses Saat Presentasi
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

Cara Sukses Saat PresentasiSumber: englishlessons-houston.com

Tujuan utama dalam presentasi adalah menyampaikan pesan kepada penonton. Namun, pada kenyataannya agar pesan tersebut sampai ke penonton bisa menjadi hal yang menantang, karena perbedaan karakteritik masing-masing penonton dan yang paling utama adalah bagaimana cara presenter membawakan presentasinya.

Nah, kalau cara pembawaan presenternya saja membosankan, bagaimana penontonnya bisa menyimak presentasi dengan serius? Maka dari itu, yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1. Kuasai Materi

Kuasai Materi

Sumber: mikogo.com

Hal yang paling utama yang kamu lakukan adalah menguasai materi yang akan dipresentasikan, karena kamu akan menjelaskan materi tersebut kepada orang lain. Kalau kamu saja tidak mengerti materinya, apalagi orang lain?

Lakukan research sebanyak-banyaknya sebelum melakukan presentasi dan pikirkan kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pendengar.

2. Kenali Audience

Kenali Audience

Sumber: startupdonut.co.uk

Selain menguasai materi, kamu juga harus tahu siapa yang akan menjadi pendengar kamu. Hal tersebut berkaitan dengan gaya bahasa dan body language yang akan kamu gunakan.

Kalau kamu akan presentasi di depan dosen atau orang-orang akademik, baiknya kamu menggunakan bahasa-bahasa akademik juga. Namun, jika pendengar kamu adalah seusia kamu atau bahkan anak-anak sekolah, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti.

2. Membuat Pointer (Hindari Paragraf)

Membuat Pointer (Hindari Paragraf)

Sumber: ihub.co.ke

Dalam mempersiapkan presentasi, baiknya membuat pedoman untuk mempermudah kamu melihat apa saja hal-hal yang akan kamu presentasikan. Kamu bisa membuatnya di Microsoft Power Point.

Saat membuat pedoman di Microsoft Power Point, hindari menulis paragraf  yang akan membuat halaman tersebut terlihat penuh. Kamu cukup membuat pointer yang berisikan hal-hal utama saja dari pembahasan presentasi kamu.

3. Menggunakan Alat Bantu

Menggunakan Alat Bantu

Sumber: topmba.com

Selain membuat pointer, kamu juga bisa memasukkan gambar, grafik, tabel, atau video sebagai alat bantu. Hal tersebut berguna untuk menarik perhatian penonton. Kebanyakan orang biasanya akan semakin tertarik jika lebih banyak visual (gambar dan video) dalam presentasi dibandingkan banyak tulisan.

4. Berbicara, Bukan Membaca

Berbicara, Bukan Membaca

Sumber: master-and-more.eu

Pada saat presentasi, sebaiknya kamu fokus kepada audience. Jangan melihat ke arah laptop atau proyektor terlalu lama. Ingat! Pedoman yang kamu buat bukan untuk dibaca, melainkan hal tersebut hanya menjadi pengingat kamu.

5. Kontak Mata & Senyum

Kontak Mata & Senyum

Sumber: lexacount.com

Melakukan kontak mata dan senyum kepada penonton juga menjadi hal yang penting, agar pesan tersampaikan secara efektif. Dengan melakukan kontak mata, audience akan merasa kamu berbicara langsung kepada mereka.

Baca juga: Cara Menata Alur Presentasi

Namun, melakukan kontak mata bisa menjadi hal yang sulit karena membuat kamu semakin “grogi”. Untuk menyiasatinya, kamu bisa melihat ke arah hidung atas (tengah-tengah antara mata) audience saja.

6. Gunakan Gerakan Tangan

Gunakan Gerakan Tangan

Sumber: assets.entrepreneur.com

Gerakan tangan yang dimaksud berguna untuk membuat diri kamu lebih rileks dan membuat suasana sedikit tidak kaku. Namun, hindari gerakan tangan yang berlebihan ya! Hal itu justru akan membuat penonton merasa pusing dengan gerakan tanganmu.

7. Berikan Kesimpulan yang Jelas

Berikan Kesimpulan yang Jelas

Sumber: elearningindustry.com

Dalam penutupan, sebaiknya kamu berikan kesimpulan yang jelas dan padat, sehingga penonton akan semakin paham apa yang kamu sampaikan.   

Untuk membiasakan cara-cara di atas, tentunya kamu juga harus melakukan latihan sebanyak-sebanyaknya agar terbiasa pada saat presentasi. Latihan bersama teman juga bisa digunakan untuk melatih kamu agar tidak terlalu “grogi” lho! Selamat mencoba.


Sumber Referensi

Daum, K. (2013). Sales. Diakses pada tanggal 3 Januari 2017 dari Inc.: http://www.inc.com
Jacobs, L. F., & Hyman, J. (2010). Best Colleges. Diakses pada tanggal 3 Januari 2017 dari US News: http://www.usnews.com
RL. (n.d.). Belajar Yuk! Diakses pada tanggal 3 Januari 2017 dari Bacaterus: http://bacaterus.com


0 Comments