span 1 span 2 span 2

Komunikasi

6 Tips Memulai Presentasi Agar Efisien dan Sukses
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

Tips Memulai Presentasi Agar Efisien dan Sukses
Sumber: bharatgrouponline.com

Memulai suatu presentasi adalah elemen yang sangat penting karena di titik itu lah kita harus mampu menarik perhatian audiences. Menurut Richard Feloni dalam artikel Business Insider Indonesia, beberapa penelitian mengatakan bahwa kamu hanya memiliki 15 menit untuk menarik perhatian audiences, di mana penelitian lain mengatakan kamu memiliki kurang lebih satu menit. Maka dari itu, penting bagi kita memelajari teknik memulai presentasi agar sukses mendapatkan perhatian dari penonton dalam waktu sesingkat-singkatnya.

1. Memulai dengan Quotes

Memulai dengan Quotes

Sumber: media.indiatimes.in

Teknik pertama yang kamu bisa pakai saat membuka presentasi adalah dengan menyebutkan kutipan atau quotes dari orang-orang terkenal. Seperti misalnya jika kamu sedang mempresentasikan tentang semangat pemuda, kamu bisa menggunakan kutipan dari Soekarno yang mengatakan

“Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

2. Menyajikan Video atau Gambar

Menyajikan Video atau Gambar

Sumber: blog.animaker.com

Menyajikan suatu visual atau audio visual dapat membuat orang lebih tertarik untuk melihatnya. Misalnya jika kamu ingin presentasi tentang global warming. Kamu bisa memberikan video atau gambar tentang perbandingan kondisi bumi di masa lalu, masa sekarang dan prediksi di masa depan. Dengan begitu, penonton bisa lebih mudah membayangkan apa yang kamu ingin bicarakan.

3. Menyajikan Data Statistik

Menyajikan Data Statistik

Sumber: netgains.org

Untuk menarik perhatian penonton, kamu juga bisa menyajikan fakta-fakta berupa grafik atau tabel. Misalnya kamu bisa menyajikan grafik tingkat pengangguran di Indonesia dari tahun ke tahun. Jadi penonton bisa melihat perubahan tersebut dengan jelas karena sudah ada grafiknya.

4. Bercerita

Bercerita

Sumber: aravindts.com

Kamu juga bisa memulai presentasi dengan cara bercerita. Kamu bisa menceritakan tentang pengalaman pribadi atau sejarah yang relevan dengan topik.

Misalnya jika kamu ingin menceritakan tentang pengalaman pribadi, kamu bisa mengatakan “Saya ingat sekali, mengapa saya sampai sekarang suka sekali dengan membaca. Hal itu karena dulu saya selalu diwajibkan membaca satu buku perbulan oleh orang tua saya. Namun sekarang yang saya lihat, anak-anak bukannya dikenalkan oleh buku, namun dikenalkan oleh permainan-permainan di gadget mereka.” 

Memberikan cerita di awal presentasi bisa membuat penonton tertarik. Namun, kamu harus berhati-hati terhadap durasinya. Kamu tidak mau kan audiences kamu justru mengantuk atau ketiduran saat kamu presentasi?

5. Menanyakan Pertanyaan

Menanyakan Pertanyaan

Sumber: spirit.gmu.edu

Kamu bisa memulai presentasi dengan menanyakan kabar atau bertanya yang langsung berkaitan dengan presentasi. Misalnya kamu bisa menanyakan “Apakah Anda tahu penyebab cuaca ekstrem yang kerap kali terjadi di Indonesia saat-saat ini? Lalu kamu tunggu apakah ada yang bisa menjawab.

Namun kalau tidak ada yang menjawab, kamu bisa melanjutkan dengan memberikan jawabannya dan langsung masuk ke dalam isi presentasi. Dengan menggunakan pertanyaan, kamu bisa membuat penonton merasa dilibatkan secara aktif dalam presentasimu.

6. Memulai dengan Lelucon

Memulai dengan Lelucon

Sumber: teenpregnancy.acf.hhs.gov

Lelucon bisa menjadi teknik yang efektif dalam membuka suatu presentasi. Dengan mengutarakan lelucon ringan, kamu bisa mencairkan suasana dan membuat pendengarnya menjadi lebih santai. Namun kamu harus berhati-hati memilih lelucon, karena kalau salah-salah kamu malah menyinggung hati penonton dan dapat merusak seluruh presentasimu lho.

Baca juga: Pengertian Lobby dan Negosiasi yang Perlu Diketahui

Sekarang kamu tidak memerlukan waktu yang lama untuk memulai presentasi, karena kamu sudah mengetahui teknik-teknik apa saja yang berguna untuk menarik perhatian audience. Tentunya diperlukan latihan, persiapan yang matang, dan kepercayaan diri juga lho agar kamu semakin sukses saat memulai presentasi. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Croxton, J. (2016, July 21). How To Start A Presentation Tips And Tricks – 22 Powerful Strategies. Retrieved January 17, 2017, from Custom Show: https://www.customshow.com
Feloni, R. (2016). The 5 Best Way To Start a Presentation. Diakses pada tanggal 17 Januari 2017 dari Business Insider Indonesia: http://www.businessinsider.co.id
Schwertly, S. (2013). 5 Powerful Ways to Open a Presentation. Diakses pada tanggal 17 Januari 2017 dari Linked in SlideShare: https://blog.slideshare.net
Wyeth, S. (2014). The Most Powerful Ways to Start a Presentation. Diakses pada tanggal 17 Januari 2017 dari inc: http://www.inc.com


0 Comments