span 1 span 2 span 2

Komunikasi

4 Jenis Presentasi yang Umum Digunakan
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

Jenis Presentasi yang Umum DigunakanSumber: saxonsgroup.com.au

Presentasi mempunyai banyak ragam dan maksud-maksud tertentu. Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa jenis presentasi yang umum diketahui. Setiap jenis presentasi, tentulah butuh pengetahuan dan spesialisasi tertentu dalam melakukannya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui perbedaan tiap-tiap jenisnya sehingga bisa membawakan tiap-tiap jenis presentasi dengan baik. Yuk Kita simak!

1. Informatif

Informatif

Sumber: s-i.huffpost.com

Presentasi jenis ini merupakan jenis yang paling sering umum kita temukan. Presentasi dengan jenis ini bertujuan untuk memberitahu sesuatu yang baru atau informasi yang terkait suatu topik atau isu terbaru. Pembicara tentunya harus menguasai topik yang dibahas atau bahkan seorang ahli dalam topik yang ia bicarakan.

Kita biasa menemukan jenis presentasi ini di kegiatan kuliah (baik mahasiswa atau dosen tamu). Presentasi akan mendekati sempurna jika para penonton mendapati maksud dari apa yang kita sampaikan. Maka dari itu, yang perlu dipersiapkan lagi adalah mengumpulkan fakta yang lengkap.

2. Persuasif

Persuasif

Sumber: assets.entrepreneur.com

Presentasi jenis ini bertujuan untuk mengajak sekelompok orang atau perseorangan melakukan atau mempercayai sesuatu. Untuk membangun kercayaan orang lain, dibutuhkan pembicara yang benar-benar ahli. Karena bukan tidak mungkin pembicara harus menghadapi orang atau kelompok yang tidak setuju dengan apa yang dibawakan oleh pembicara.              

Kegiatan kampanye dan presentasi produk merupakan banyak contoh dari presentasi jenis ini. Ingat, jangan sampai kita tidak memahami betul apa yang mau kita sampaikan karena hal ini bisa mengurangi kredibilitas kita dalam menyampaikan materi kita. Tidak mau kan, kalau kita malah dianggap pembohong karena pembawaan kita yang tidak terlihat meyakinkan?

3. Demonstratif

Demonstratif

Sumber: i.ytimg.com

Dalam presentasi ini, sang public speaker akan mendemonstrasikan cara melakukan sesuatu. Misalnya pada demo masak, sang koki akan mendemonstrasikan cara memasak makanan andalannya agar bisa diikuti oleh para penonton yang melihat. Pada presentasi jenis ini, poin yang harus diperhatikan adalah tahapan-tahapan yang dilalui atau step by step yang harus dilalui agar tidak menimbulkan kebingungan oleh para penonton.

4. Inspirational

Inspirational

Sumber: farm4.static.flickr.com

Kalian akrab dengan nama Mario Teguh? Ya, beliau adalah contoh pelaku public speaking tipe inspirasional atau motivasional. Presentasi tipe ini bertujuan untuk membawa orang-orang yang mendengar pemateri menjadi bergerak menuju arah yang menjadi lebih baik. presentasi jenis ini membawa para pedengarnya menuju tujuan tertentu, sesuai dengan topik yang dibawakan dalam presentasi. Yang dibawakan dalam presentasi seperti ini biasanya seperti pengalaman pribadi atau cerita-cerita yang berkaitan dengan suatu momen, sehingga membuat para penontonnya menjadi tergerak untuk mencapai suatu tujuan.

Baca juga: Cara Sukses Saat Presentasi

Dengan karakter dan jenis yang berbeda-beda, tentu tidak semua jenis cocok untuk dibawakan pada semua jenis acara. Kalian tidak mau kan, salah momen sehingga presentasi yang kamu bawakan tidak cocok untuk acara tersebut? Semoga berhasil!


Sumber Referensi

Types of Presentations”. Diakses dari https://www.accuconference.com/blog/types-of-presentations/  pada tanggal 17 April 2017.
“6 Different Types of Presentations”. Diakses dari https://www.bobpikegroup.com/resources/trainer-blog/presentations pada tanggal 17 April 2017.


0 Comments