span 1 span 2 span 2

Influencer

Yuk Jadi Influencer dalam Isu Lingkungan Hidup
Oleh: Salwa Shahab
Dibaca Normal: 2 menit

yuk jadi influencer dalam isu lingkungan hidupSumber: greenglobaltravel.com

Kesadaran masyarakat dunia, khususnya para generasi muda, terhadap isu lingkungan hidup kini mulai meningkat. Pasalnya, keadaan alam kita memang semakin memprihatinkan setiap harinya. Cuaca yang berganti secara drastis, panas yang ekstrem, serta hujan yang tak kunjung berhenti merupakan pertanda akan global warming.

Keadaan alam yang mulai memburuk sepatutnya memberikan dorongan kepada kita untuk melakukan perubahan, sekecil apapun itu. Mulai dari tindakan seperti tidak membuang sampah sembarangan dan menggunakan transportasi umum.

Tindakan nyata lainnya untuk bumi kita adalah dengan menjadi seorang penggagas kesadaran akan cinta lingkungan. Salah satu contohnya adalah seorang public figure yang cantik dan juga pintar, Tasya Kamila. 

tasya kamila
Sumber: static.republika.co.id

Penyanyi ini adalah seorang Duta Lingkungan sejak tahun 2006. Hebatnya lagi, Tasya Kamila mendirikan sebuah LSM lingkungan hidup yang ia namakan Green Movement Indonesia. Tasya memiliki misi untuk menginspirasi masyarakat khususnya anak muda agar lebih peduli terhadap lingkungan hidup. Keren, kan?

Selain Tasya, yang patut kita contoh adalah aktor legendaris Leonardo DiCaprio. Beliau juga merupakan influencer yang sangat peduli mengenai isu lingkungan hidup. 

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menunjuk Leonardo DiCaprio untuk menjadi United Nation Messenger of Peace yang khusus mengkampanyekan kewaspadaan tentang perubahan iklim. Leo juga mendirikan yayasan untuk mengatasi kepunahan macan di Nepal, pertumbuhan gajah di alam liar, hingga kehidupan makhluk laut.

leonardo dicaprio
Sumber: tunza.eco-generation.org

Kebiasaan menjaga kelestarian lingkungan hidup memang dimulai dari diri sendiri, namun tentu dapat kita tularkan kepada orang lain disekeliling kita. Mulai dari keluarga, teman, kerabat, hingga teman di media sosial. Menjadi influencer yang aktif mengangkat isu lingkungan hidup merupakan suatu hal yang sangat keren loh!

Tidak harus seperti Tasya Kamila dan Leonardo DiCaprio untuk menjadi influencer terkait lingkungan hidup. Hal tersebut bisa kita mulai dari melakukan hal-hal kecil, seperti :

1.    Hematlah!

Biasakan untuk menghemat pemakaian listrik, air, dan barang-barang elektronik lainnya. 

hematlah
Sumber: www.qirunep.com

2.    Be fun with social media

Kebiasaan Anda yang peduli terhadap lingkungan dapat ditularkan kepada orang lain melalui media sosial. Sesuatu yang viral dan menarik perhatian di media sosialseringkali menjadi tren, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi influencer mengenai isu lingkungan. MisalnyaAnda bisa mem-posting kerajinan tangan yang dibuat dari bahan daur ulang, atau hal-hal unik serta fakta mengenai keadaan bumi.

be fun with social media
Sumber: climatehustler.org

3.    Dimanapun,kapanpun, ingat “Go Green”!

dimanapun, kapanpun, ingatlah go green!
Sumber: www.householdappliancesworld.com

Mulailah kebiasaan untuk berkendara menggunakan transportasi umum atau sepeda dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak hanya ramah lingkungan, namun juga bagus untuk kesehatan tubuh kita lho.

Penting untuk selalu diingat bahwa bukan hanya kita yang akan menikmati lingkungan di masa sekarang, tetapi juga anak cucu kita di generasi mendatang. Kebiasaan-kebiasaan baik yang ramah lingkungan bisa membuat perubahan besar jika dilakukan oleh banyak orang.Yuk, sebarkan “virus-virus kebaikan” pada orang-orang disekitar kita!


Sumber Referensi

http://www.bintang.com/celeb/read/2256735/lama-jadi-duta-lingkungan-tasya-kamila-dirikan-lsm
http://entertainment.kompas.com/read/2015/08/15/214818710/Tasya.Kamila.dan.Misi.Peduli.Lingkungan.Hidup
http://www.hpli.org/isu.php
https://m.tempo.co/read/news/2014/09/17/219607538/leonardo-dicaprio-jadi-duta-peduli-lingkungan-pbb
http://id.wikihow.com/Menyelamatkan-Lingkungan-bagi-Remaja


0 Comments