span 1 span 2 span 2

Influencer

9 Ide Konten Video Kreatif untuk YouTube
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 5 menit

9 Ide Konten Video Kreatif untuk YouTubeSumber: static1.squarespace.com

Banyak sekali ide-ide konten video yang bisa kamu buat jika kamu berniat untuk menjadi youtuber (orang yang yang membuat video-video lalu di unggah ke YouTube), yang tentunya sesuai dengan passion kamu. Berikut adalah ide-ide yang bisa kamu gunakan sebagai  inspirasi konten di channel YouTube kamu: 

1.    Video Games

video gamesSumber: 1.bp.blogspot.com

Bagi kamu yang suka bermain game di komputer, kamu bisa loh membuat video dan karya dari hobi kamu tersebut. Seperti youtuber terkenal, PewDiePie dan Reza Arap Oktovian yang membuat channel gaming. Seru kan kalau kamu bisa bermain namun juga bisa membuatnya menjadi pekerjaan kamu dengan cara menjadi Gaming youtuber?   

2.    Video Tutorial

video tutorialSumber: i.ytimg.com

Video tutorial atau video yang berisikan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu ini ada banyak jenisnya, seperti tutorial make up, tutorial masak atau tutorial DIY (Do It Yourself). Kamu bisa memilihnya sesuai dengan keahlian kamu.

Di dalam video tutorial biasanya berisi tentang seseorang yang mendemonstrasikan sesuatu. Seperti Cindercella, Beauty Vlogger yang channel YouTube-nya berisikan tentang tutorial make up, misalnya tutorial make up untuk acara Halloween atau New Year Eve.

3.    Video Review

video reviewSumber: i.ytimg.com

Konten ini berisikan tentang seseorang yang memberikan pendapatnya mengenai suatu barang atau tempat. Tempat tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari tempat makan sampai tempat rekreasi. Konten ini juga bisa memberikan rekomendasi untuk viewers. 

Contohnya seperti Kevin Hendrawan, seorang youtuber yang sering memberikan penilaian terhadap suatu barang, misalnya sepatu dan kamera. Selain itu, ada JwestBros (dua youtubers: Andy Garcia dan Victor Sam) yang mengkhususkan channel mereka untuk me-review makanan.

4.    Video Parodi / Komedi

video parodiSumber: i.ytimg.com

Video parodi adalah video yang menirukan gaya, tingkah laku dari seseorang ataupun dari sebuah karya tertentu. Misalnya Edho Zell yang sering memparodikan sesuatu, misalnya videonya yang berjudul “Mario Teguh Parodi / Mario Seduh”.

5.    Video Cover Lagu

video cover laguSumber: i.ytimg.com

Menyanyikan lagu seseorang dengan versi kita sendiri juga bisa dijadikan ide konten YouTube yang dapat menarik minat penonton lho. Seperti Eclat Story, sebuah group yang berisikan lima orang yang sering meng-cover lagu-lagu dengan versi mereka sendiri. Kemudian, Eka Gustiwana yang sering membuat konten video dengan menggabungkan beberapa lagu menjadi satu video.

6.    VLOG (Video Blog)

vlog (video blog)Sumber: i.ytimg.com

Kalau di Blog kita mencurahkan hari-hari kita dalam sebuah tulisan, kalau di YouTube, kita bisa memperlihatkan keseharian kita melalui gambar yang sering disebut dengan vlog (video blog). Terdapat macam-macam jenis vlog, misalnya vlog tentang keseharian dan vlog jalan-jalan ke suatu tempat. Di dalam vlog ini, kamu juga bisa memberikan rekomendasi tempat atau barang.

baca juga: Cara Memaksimalkan Penghasilan dari Channel Youtube

Kamu bisa melihat channel YouTube milik Arief Muhammad, youtuber yang pertama kali terkenal dengan akun twitter @poconggg. Ia mengisi channel YouTube-nya dengan melakukan vlog, mulai dari kesehariannya sampai saat dia sedang berlibur lho

7.    Film Pendek

film pendekSumber: i.ytimg.com

Membuat film pendek juga bisa menjadi salah satu ide kreatif untuk mengisi channel YouTube kamu lho. Namun, konten ini bisa memerlukan waktu yang banyak karena butuh proses shooting yang lebih lama daripada konten-konten lainnya. Selain itu, biasanya kita memerlukan beberapa pemain yang dirasa sesuai untuk memainkan film pendek tersebut.

8.    Video Fakta Unik

video fakta unikSumber: pandamz.files.wordpress.com

Memberi tahu penonton tentang fakta-fakta unik juga bisa menjadi ide konten video untuk di unggah ke YouTube. Seperti channel Kok Bisa?, yang membuat konten-konten edukasi dengan menggunakan animasi. Sebagian besar konten videonya berisikan pertanyaan-pertanyaan dari viewers mereka sendiri, seperti “Mengapa Kita Suka Drama” atau “Benarkah Golongan Darah Menentukan Sifat Kita?”

9.    Video Tips / How to

video tips/how toSumber: i.ytimg.com

Konten ini bisa sangat bervariatif dan biasanya mengandung unsur komedi juga. Seperti Last Day Production, akun Youtube yang di dalamnya mempunyai lebih dari satu cast yang sering membuat video-video seperti “Tips Bertemu Orang Tua Pacar” atau “9 Tipe Mantan”.

Walaupun sudah banyak youtuber-youtuber yang melakukan ide-ide konten video seperti di atas, kamu masih bisa kok membuat konten YouTube yang seperti itu. Namun, tentunya dengan versi kamu untuk menjaga originalitas, keunikan dan kebaruan dari karya pribadi kamu ya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Sekolah Blogger Indonesia. (2017). 14 JENIS Video Yang PALING BANYAK DICARI di YouTube. Diakses pada tanggal 30 Januari 2017 dari https://sekolahblogger.net
Cawley, Christian. (2016). 7 Most Popular Types of YouTube Video Yo Can Make Today. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari http://www.makeuseof.com/tag/7-popular-types-youtube-video-can-make-today/  
Zwillenberg, Eli. (2014). Make Money on YouTube With These 5 Types of Videos. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari http://www.therichest.com/business/technology/make-money-on-youtube-with-these-5-types-of-videos/


0 Comments