span 1 span 2 span 2

Influencer

7 Peralatan Wajib Menjadi Youtuber
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

peralatan wajib menjadi youtuberSumber: i.ytimg.com

Membuat channel di YouTube memang sangat mudah dan bisa dibilang gratis, hanya cukup mendaftar dengan email dan kamu sudah memiliki channel YouTube. Namun, untuk mengisi channel tersebut dengan content tertentu, ternyata diperlukan modal tersendiri dan pastinya mengeluarkan uang. 

Akan tetapi, bukan berarti kamu yang tidak mempunyai modal materi yang banyak tidak bisa menjadi youtuber lho! Sebenarnya kamu bisa menggunakan alat-alat yang bahkan sudah kamu miliki atau kamu bisa meminjamnya kepada teman terlebih dahulu. Yuk, simak hal apa saja yang harus kamu miliki jika ingin menjadi youtuber!

1.    Kemauan dan Niat

kemauan dan niat

Sumber: 2.bp.blogspot.com

Modal awal dan yang paling penting adalah kemauan dan niat menjadi youtuber, bukan hanya sekedar kemauan sesaat karena meniru orang lain. Kalau kamu sudah mempunyai niat yang besar, walaupun modal kamu pas-pasan, tidak menutup kemungkinan kalau video kamu akan booming di YouTube lho

2.    Kamera

kamera

Sumber: id-live-02.slatic.net

Kamu memerlukan kamera untuk membuat video, seperti DSLR, Mirrorless, dan sebagainya. Jika kamu tidak memiliki kamera dengan jenis tersebut, kamu bisa menggunakan kamera handphone atau webcam saja. Perbedaannya memang akan terlihat dalam segi kualitas gambarnya. Namun jika kamu belum mampu membeli kamera, bukan berarti kamu tidak bisa berkarya kan? 

3.    Komputer atau Laptop

komputer atau laptopSumber: images-na.ssl-images-amazon.com

Komputer atau laptop digunakan untuk mengedit video kamu nantinya. Tidak perlu dengan spesifikasi yang tinggi, cukup komputer atau laptop yang bisa menampung software editing, seperti Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro.

4.    Internet

internet

Sumber: www.siasat.com

Untuk mengunggah video ke YouTube, sudah jelas kamu pasti membutuhkan internet. Namun, bukan berarti kamu harus berlangganan wifi di rumah lho! Kamu bisa mengunggah video kamu di Warnet atau Café yang memiliki jaringan wifi.

Sebenarnya, dengan keempat modal di atas, kamu sudah bisa memulai membuat video dan mengunggahnya ke YouTube. Namun, kalau kamu masih mempunyai modal yang lebih, kamu bisa membeli alat-alat tambahan di bawah ini untuk mendukung kualitas video kamu. 

5.    Microphone

microphoneSumber: www.bhphotovideo.com

Kamu membutuhkan microphone terutama jika kamu ingin membuat video di outdoor. Dengan menggunakan microphone, maka dapat membantu meningkatkan volume suara kamu agar tidak kalah dengan gangguan suara, seperti hembusan angin atau suara dari keramaian orang lain.

6.    Tripod

Menggunakan tripod bisa membuat video kamu menjadi lebih steady (stabil). Selian itu, kamu juga tidak perlu bingung-bingung lagi di mana akan meletakkan kamera, misalnya saat kamu sedang membuat video untuk tutorial hijab atau tutorial make up. 

tripodSumber: images-na.ssl-images-amazon.com

7.    Lighting

Kegunaan utama dari lighting adalah meningkatkan detail dari sebuah video. Dengan lighting pula, kamu bisa membuat video dimanapun dan kapanpun, misalnya di malam hari yang gelap dan outdoor. Video kamu akan terlihat lebih baik kualitas pencahayaannya karena ada bantuan dari cahaya lighting tersebut. Bagaimana? Menarik sekali, bukan?

lightingSumber: i.pinimg.com

Nah, setelah kamu memiliki hal- hal seperti di atas, kemudian ditambah dengan konsisten dan semangat yang kuat, kamu sudah bisa membuat channel YouTube kamu sendiri dengan lebih prepare. Selamat berkreasi dan mencoba!


Sumber Referensi

Fritz. (2016). 7 Youtube Equipment Needed To Start A Channel. Diakses pada tanggal 24 Januari 2017 dari http://wpvsblogger.com
Dede. (2016). 7 Modal yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Youtubers Sejati. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari https://www.vebma.com/tips/7-Modal-Untuk-Menjadi-Youtuber/2502
Ramadhan, A. (2016). 5 Modal Awal Menjadi Youtuber . Diakses pada tanggal 24 Januari 2017 dari ngeYoutube.com: http://www.ngeYoutube.com


0 Comments