span 1 span 2 span 2

Influencer

7 Cara Yang Harus dilakukan Untuk Menjadi Youtuber Terkenal
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

7 Cara Yang Harus dilakukan Untuk Menjadi Youtuber Terkenal
Sumber: assets.jalantikus.com

Menjadi youtuber dengan jutaan subscribers dan viewers tentunya menjadi mimpi bagi setiap youtubers (orang-orang yang membuat video dan diunggah ke YouTube) pemula. Namun, belum tentu semua youtuber bisa mencapai prestasi tersebut karena butuh banyak cara dalam menjalaninya. Penasaran bagaimana caranya menjadi youtuber terkenal? Yuk, simak di bawah ini!

1.    Konsisten

KonsistenSumber: www.anakkost.tv

Poin ini adalah yang paling utama dan penting. Untuk menjadi youtuber terkenal, kamu harus konsisten dengan konsep yang sudah kamu tentukan di awal. Selain itu, kamu juga harus mempertahankan kualitas gambar dan suara dalam setiap video. Jangan hanya karena terburu-buru ingin mengunggah video ke YouTube kamu jadi melupakan kualitas videomu ya.

Catatan yang tidak kalah pentingnya adalah konsistensi dalam mengunggah video. Contohnya Edho Zell, yang menulis di akunnya bahwa ia akan mengunggah video setiap hari senin dan kamis. Hal tersebut tentunya tergantung dari kesanggupan masing-masing. 

2.    Konten yang Kreatif, Variatif, dan Trending

Konten yang Kreatif, Variatif, dan TrendingSumber: i.ytimg.com

Untuk menarik jumlah viewers, tentunya kamu harus membuat video-video yang kreatif. Misalnya jika kamu ingin membuat vlog, kamu bisa memperlihatkan pemandangan ataupun suasan saat kamu sedang nge-vlog.

Dalam membuat konten-konten, sebaiknya kamu juga harus membuat konten yang bervariatif. Walaupun kamu mempunyai konsep khusus di YouTube, misalnya channel gaming, namun sesekali kamu bisa memberikan video-video dengan konten “ringan” agar viewers tidak bosan. 

baca juga: Ide Konten Blog

Misalnya membuat challenge yang sedang booming, seperti PewDiePie, walaupun ia tetap konsisten mengunggah konten gaming, ia sesekali mengunggah video ringan seperti ‘Try Not To Laugh’ di mana ia harus menahan ketawa saat melihat video-video yang lucu.

3.    Kolaborasi

KolaborasiSumber: indowarta.com

Lakukanlah kolaborasi dengan youtuber lainnya. Tidak harus dengan youtuber yang sudah terkenal, kamu bisa mengajak kolaborasi youtuber yang mempunyai subscribers hampir sama denganmu. 

Caranya adalah buatlah dua video secara bersamaan namun berbeda konten, satu untuk channel kamu dan satu untuk di channel-nya. Dengan begitu, kalian berdua sama-sama sudah mempromosikan satu sama lain. 

4.    Manfaatkan Media Sosial 

Manfaatkan media sosial
Sumber: cdn2.tstatic.net

Gunakanlah semua media sosial yang kamu punya untuk mempromosikan channel YouTube dan video-video yang kamu unggah. Misalnya, kamu akan posting cuplikan vlog liburan kamu ke Bali di Instagram, lalu di caption-nya kamu bisa mengatakan: “Vlog terbaru sudah keluar, langsung klik di bawah ini atau check di link bio aku.” 

5.    Berinteraksi dengan Viewers

Berinteraksi dengan viewers

Sumber: 1.bp.blogspot.com

Membangun channel YouTube, berarti juga membangun relasi yang baik dengan viewers dan subscribers kamu. Caranya adalah dengan cara membalas comment atau memancing mereka untuk memberikan pendapat. Misalnya, kamu membuat vlog tentang liburan kamu ke Bali , kamu bisa menulis di kolom comment: “Ada yang tahu tempat liburan yang enak dan murah yang lain?”

baca juga: Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera

Kamu juga bisa membuat giveaway (memberikan hadiah biasanya berbentuk barang kepada subscribers). Giveaway bertujuan untuk memperlihatkan kalau kamu ingin berkontak langsung dengan mereka, serta berterima kasih kepada subscribers karena sudah setia menonton dan mendukung kamu.

6.    Jadi Diri Sendiri

jadi diri sendiri
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Kamu tidak perlu berpura-pura menjadi seseorang yang lucu atau malah terlalu serius. Menjadi diri sendiri adalah hal yang terpenting jika kamu ingin menjadi youtuber terkenal. Tunjukkan keunikanmu ya.

7.    Branding Watermark YouTube

branding watermark youtubeSumber: i.ytimg.com

Kamu bisa membuat branding watermark untuk channel Youtube kamu sendiri. Didalamnya kamu bisa menaruh informasi tentang channel kamu, seperti frekuensi kamu mengunggah video dan rangkuman apa saja konten yang kamu suguhkan.

baca juga: tips blog dilihat banyak orang

Jika kamu ingin menjadi youtuber terkenal, pastinya dibutuhkan kerja keras dan konten yang disajikan pun unik dan menarik. Selain itu, kamu juga harus mendengarkan kritik yang disampaikan oleh viewers dan subscribers kamu, agar jika ada kesalahan atau kekurangan dalam video kamu bisa segera memperbaikinya. Selamat mencoba dan berkarya!


Sumber Referensi

Bassanese, P. (2017). How to Become a Better YouTuber in 10 Steps. Diakses pada tanggal 28 Januari 2017 dari Turbofuture: https://turbofuture.com
Chapman, J. (2014). The most common question I am asked is 'How do I become a YouTuber?' This is my reply. Diakses pada tanggal 28 Januari 2017 dari INDEPENDENT: http://www.independent.co.uk
Cronin, S. (2016). 10 Things You Need to Do When Getting Started on YouTube. Diakses pada tanggal 28 Januari 2017 dari Constant Contact: https://blogs.constantcontact.com
Ahmawan, A. (2016, March 5). 15 Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal. Diakses pada tanggal 28 Januari 2017 dari ngelag.com: https://ngelag.com


0 Comments