span 1 span 2 span 2

Influencer

6 Cara Memaksimalkan Penghasilan dari Channel Youtube
Oleh: Ammar Kanz
Dibaca Normal: 5 menit

6 Cara Memaksimalkan Channel YouTube untuk Menghasilkan UangSumber: timesofindia.indiatimes.com

Saat ini, Channel YouTube semakin menjadi sorotan para pengguna internet. Pasalnya, tidak hanya mengandung konten-konten yang menarik dan informatif, Channel YouTube saat ini juga telah mengundang para pembuat konten kreatif untuk mengelola kontennya agar mendapatkan banyak penonton dan menghasilkan uang. Oleh karena itu, jika kamu memiliki ide-ide kreatif yang menurutmu menarik minat banyak orang, ada baiknya kamu mencoba memaksimalkan channel YouTube dengan cara-cara berikut:

1. Buatlah Profil YouTube yang Menarik!

Buat lah profil youtube yang menarik!

Sumber: mikirapablog.files.wordpress.com

Sebelum membuat konten yang menarik, profil dari YouTube yang berupa nama dan tampilan channel harus dipikirkan matang-matang. Hal ini membuat orang-orang lebih mudah untuk mengingat channel YouTube kamu loh! Tampilan yang dimaksud sudah termasuk background hingga gambar cover pada setiap video yang kamu unggah di channel YouTube kamu.

2. Maksimalkan Kualitas Video pada Channel YouTube Kamu!

Maksimalkan kualitas video pada channel youtube kamu!
Sumber: vimeo.com

Setiap orang pasti akan lebih suka melihat sesuatu yang indah, baik itu berupa seni, gambar, penampilan, termasuk kualitas video pada channel YouTube kamu. Maka dari itu, pastikan kamera yang kamu gunakan untuk membuat video YouTube setidaknya memiliki resolusi 720 x 1280 pixel, yaitu ukuran elemen video yang rata-rata digunakan pada layar laptop. Sehingga, video yang ditampilkan tidak “pecah” ketika ditonton.

Jika kamu menggunakan kamera dengan tipe yang cukup modern seperti DSLR, jangan memperkecil ukuran file video yang telah diedit karena hal tersebut akan menurunkan kualitas video. Selain itu, pastikan juga elemen suara pada video yang kamu unggah dapat terdengar dengan baik ya.

3. Perhatikan Penggunaan Hak Cipta pada Video yang Diunggah

Perhatikan penggunaan hak cipta pada video yang diunggah
Sumber: i.ytimg.com

Jangan menggunakan karya video ataupun musik orang lain tanpa adanya izin dari pemilik karya tersebut. Hal ini dikarenakan dapat membuat video pada channel YouTube kamu ditolak oleh pihak YouTube sebagai sarana beriklan. Jika kamu kesulitan membuat latar belakang musik karya sendiri, cobalah cari musik-musik non-komersil yang memang bukan diciptakan untuk dijual di pasaran. Musik-musik tersebut dapat ditemukan melalui berbagai website seperti freemusicarchive.com, orangefreesounds.com, dan masih banyak lagi.

4. Ciptakan Konten yang Menarik dan Konsisten

Ciptakan konten yang menarik dan konsisten
Sumber: ciprianicharlesdesigns.files.wordpress.com

Kita harus memiliki konsep pembahasan yang unik dan masih jarang dilakukan oleh youtubers lainnya, dan disampaikan dengan gaya video yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan video lainnya. Selain itu, agar channel YouTube dapat diunggah secara konsisten, buatlah editorial plan yang berisikan tema-tema apa saja yang akan dibahas dan jadwalkan waktu-waktu penayangannya. Usahakan agar rentang waktu video unggahan yang ada pada channel YouTube kamu tidak terlalu lama, misalnya sekitar dua minggu sekali.

5. Gunakan Keywords untuk Membuat Video Kamu Lebih Mudah Ditemukan!

gunakan keywords untuk membuat video kamu lebih mudah ditemukan

Sumber: sitechecker.pro

Penggunaan keywords pada YouTube tidak jauh berbeda dengan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dalam sebuah website. Caranya adalah lakukan riset mengenai keywords yang populer melalui Google Adword. Lalu, gunakan keywords tersebut pada bagian judul video, bagian deskripsi, hingga bagian tags saat mengunduh video. Hal ini dilakukan agar video yang diunggah pada channel YouTube kamu, dapat lebih terbaca oleh mesin pencari dan memungkinkan untuk muncul pada halaman awal pencarian YouTube.

6. Lakukan Monetize pada Channel Youtube!

Lakukan monetize pada channel youtube!
Sumber: problogger.com

Setelah video kamu mendapatkan banyak viewers, jangan lupa untuk melakukan monetize pada channel YouTube kamu. Monetize adalah sebuah fitur untuk membuat channel Youtube menjadi media pencari uang dengan adanya pemasangan iklan dari berbagai perusahaan pada video sebuah YouTube. Hal ini dilakukan oleh para perusahaan dalam rangka menyiarkan iklan kepada khalayak pengguna internet dalam jumlah yang besar.

baca juga: Cara Membuat Vlog yang Menarik

Cara untuk melakukan proses monetize sangat mudah, masuklah ke akun YouTube pribadimu, lalu klik menu ‘monetize’ dan pilih ‘monetize my video’ hingga kamu dapat mengatur format iklan yang dapat ditayangkan. Setelah ditinjau beberapa saat oleh pihak YouTube, kamu akan menerima konfirmasi penayangan iklan pada video-video yang ada di channel-mu!

Tentunya, sebelum mendapatkan keuntungan yang besar, kamu harus berusaha agar video yang kamu unggah dapat ditonton banyak orang. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan keywords seperti yang telah dijelaskan  di atas atau dengan mempromosikan link video ke berbagai media sosial yang kamu miliki. Dengan demikian, pengguna internet akan lebih mudah untuk menonton video di channel YouTube yang kamu miliki.


Sumber Referensi

Yeoman, Matthew. (2014) How to Increase Your YouTube Adsesnse Revenue. Diakses pada tanggal 13 Februari 2017 dari http://www.socialmediatoday.com/content/how-increase-your-youtube-adsense-revenue
Brown, Joel. 8 Ways To Create A Popular YouTube Channel. Diakses pada tanggal 13 Februari 2017 dari: https://addicted2success.com/success-advice/8-ways-to-create-a-popular-and-successful-youtube-channel/
Lopez, Lionel Luigi. 10 Ways To Create A Popular YouTube Channel. Diakses pada tanggal 13 Februari 2017 dari : http://www.lifehack.org/articles/technology/10-ways-create-popular-youtube-channel.html


0 Comments