span 1 span 2 span 2

Influencer

6 Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

6 Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera
Sumber: www.fotosklad.ru

Berbicara di depan kamera bisa menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang jika mereka tidak terbiasa. Maka dari itu, keluwesan berbicara di depan kamera memerlukan latihan dan trik-trik tersendiri. Hal ini agar orang yang menontonnya tidak bosan dengan cara berbicara kita. Yuk, langsung saja simak cara-caranya di bawah ini!

1.    Belatih di Depan Cermin

Berlatih di depan cerimnSumber: ceotudent.com

Dengan berlatih berbicara di depan cermin, kamu bisa mengetahui bagaimana cara kamu berbicara, dari mulai ekspresi wajah sampai bahasa tubuh yang kamu gunakan. Kamu harus melakukan hal ini serutin mungkin, seperti setiap sehabis mandi dan sebelum tidur.

2.    Membuat Perencanaan yang Matang

Membuat perencanan yang matang

Sumber: pmsstopmotion.weebly.com

Membuat perencanaan adalah hal yang penting dilakukan jika kita ingin berbicara di depan kamera. Jadi kita tahu betul apa yang ingin kita bicarakan dan tetap relevan dengan topik.

Kamu bisa membuat poin-poin yang hanya menjadi panduan kamu berbicara. Namun, jika kamu masih kesulitan untuk merangkai kata-kata saat berbicara, kamu bisa membuat script. Dengan membuat script, kamu bisa membacanya saat take video sehingga akan memudahkan kamu. Tapi hati-hati, jangan sampai kamu terlalu fokus membaca karena akan terasa bosan dan monoton. 

3.    Gunakan Bahasa Sehari-hari 

Gunakan bahasa sehari-hari
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Saat berbicara di depan kamera, hindarilah kalimat-kalimat yang terlalu panjang dan kompleks. Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan kalimatnya tidak terlalu panjang. Hal tersebut akan membuat penonton bingung dan bosan. Kamu tidak mau kan orang menutup laman video kamu karena bahasa yang kamu gunakan sulit dimengerti? 

4.    Melatih Tone Suara dan Body Language

Melatih tone suara dan body language

Sumber: www.templatemonster.com

Untuk berbicara secara natural dan lancar di depan kamera, kamu juga harus melatih tempo bicara, nada, serta bahasa tubuh yang kamu gunakan. Hindari berbicara yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Untuk body language, jangan terlalu banyak menggerakkan anggota tubuh karena akan membuat pusing penonton. 

5.    Lakukan Pemanasan 

Lakukan pemanasan
Sumber: www.facegym.com

Sebelum kamu memulai berbicara di kamera, lakukanlah pemanasan tubuh dan suara terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah saat kamu membuat video, kamu harus dalam kondisi pikiran yang tenang. 

baca juga: Persiapan Sebelum Membuat Video untuk Konten Youtube

Lakukan juga senam wajah dan badan untuk melemaskan otot-otot wajah dan badan, Kemudian, lakukan latihan suara dengan cara melafalkan huruf vokal dengan artikulasi sejelas-jelasnya. 

6.    Konsisten Berlatih 

Konsisten berlatih
Sumber: cdn.brilio.net

Cara terakhir namun yang paling penting adalah berlatih terus-menerus. Jika kamu terbiasa untuk berbicara di depan kamera, maka sikap natural akan muncul dengan sendirinya. 

Lakukanlah hal-hal di atas secara teratur. Kamu bisa berlatih dengan cara membuat video iseng-iseng, setelah itu kamu bisa menontonnya dan mengevaluasi apa yang masih kurang dari video tersebut saat kamu sedang berbicara di depan kamera. Memang, awalnya pasti akan terasa canggung melihat diri sendiri berbicara di depan kamera, namun jika sering dilakukan maka akan terbiasa kan?


Sumber Referensi

Darusman, G. (2016). Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera. Diakses pada tanggal 24 Januari 2017 dari ngelag.com: https://ngelag.com
wikiHow. (n.d.). How to Talk to a Camera. Diakses pada tanggal 24 Januari 2017 dari wikiHow: http://www.wikihow.com
Hook, S. (n.d.). 7 Tips for Speaking Well on Camera. Diakses pada tanggal 24 Januari 2017 dari Replay Science: http://www.replayscience.com


0 Comments