span 1 span 2 span 2

Influencer

5 Persiapan Sebelum Membuat Video untuk Konten Youtube
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

5 Persiapan Sebelum Membuat Video untuk Konten YoutubeSumber: roadtovrlive-5ea0.kxcdn.com

Sebelum membuat Video untuk konten YouTube kamu, terdapat persiapan-persiapan yang perlu kamu lakukan agar saat pembuatan video semua lancar dan hasil videonya menarik untuk di tonton. Yuk, langsung saja di simak.

1.    Persiapkan Konsep 

Persiapkan konsep
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Hal yang paling utama yang harus kamu persiapkan adalah membuat konsep video tersebut. Mulai dari tema, peralatan yang dibutuhkan, sampai apa saja yang harus kamu bicarakan di depan kamera. Kalau video kamu membutuhkan research kecil-kecilan, seperti mencari informasi di internet, tentunya kamu harus melakukan hal tersebut terlebih dahulu. 

Kemudian, sebaiknya kamu membuat outline tentang poin-poin apa yang harus kamu bicarakan agar tetap relevan dengan topik. Sebagai contohnya:
         Topik:  3 Hal Wajib yang Harus di Persiapkan Sebelum Travelling
         Points:
1. Check musim, budaya dan kultur dari kota/negara tersebut 
                         (menyesuaikan dengan pakaian)
                     2. Cara packing yang baik (dengan cara “digulung” pakaiannya agar
                         muat lebih banyak di tas/koper)
                     3. Siapkan anggaran dana (agar tidak kelewatan belanjanya)

2.    Pikirkan Stock Shots

Pikirkan stock shotsSumber: 1freewallpapers.com

Stock shots adalah persediaan gambar-gambar yang dibutuhkan dalam suatu video. Sebelum membuat video, ada baiknya kita sudah memikirkan gambar-gambar apa saja yang kita butuhkan. Hal tersebut dapat memudahkan kita saat editing

Misalnya kamu ingin membuat vlog liburan ke pantai. Sebaiknya sebelum pergi ke tempat itu, kamu sudah memikirkan gambar-gambar apa saja yang menarik, seperti video gambar laut yang berombak, dan gambar-gambar lain yang bisa membuat vlog kamu menarik. 

3.    Periksa Kamera 

Periksa kameraSumber: www.trendsmap.com

Persiapan ini sebaiknya kamu lakukan pada malam sebelum kamu membuat video. Kamu harus memastikan battery sudah dalam kondisi full charged dan siap digunakan dikeesokan harinya. Jangan lupa untuk menyediakan battery cadangan, apalagi kamu membuat video di outdoor. Kamu tidak mau kan kalau pembuatan video harus ditunda bahkan bisa gagal gara-gara battery kameranya habis? 

Selain itu, memory card juga tak kalah pentingnya. Sebelum pembuatan video, kamu harus membawa cadangan memory card atau “mengosongkannya” agar kamera tersebut dapat menyimpan banyak video dan gambar. 

4.    Persiapkan Alat Pendukung 

Persiapkan alat pendukung
Sumber: nwttbb.biz

Selain kondisi kamera, kamu juga harus mempersiapkan alat pendukung lainnya, seperi microphone, tripod dan lighting. Kamu membutuhkan microphone untuk mengontrol kualitas audio, apalagi untuk kamu yang membuat video di outdoor. Dengan menggunakan microphone, kamu juga bisa meminimalisir gangguan-gangguan suara, seperti suara hembusan angin. 

Kemudian, kamu bisa gunakan tripod untuk membuat video kamu lebih stabil. Untuk vlog, kamu bisa menggunakan GorillaPod (tripod  mini yang mudah di bawa kemana-mana) agar gambar tetap stabil.

baca juga: Cara Berpenghasilan Tinggi dengan Nge-Vlog

Lighting berguna untuk menjaga kualitas gambar dalam video agar video lebih terang. Kamu membutuhkan lighting saat membuat video di outdoor saat malam hari dan indoor (saat malam dan siang hari) agar membantu memperkuat detail gambar. 

5.    Siapkan Filming Background Setup

Siapkan filming background setup
Sumber: cdns.klimg.com

siapkan filming background rachel

Sumber: awsimages.detik.net.id

Bagi kamu yang membuat video di dalam ruangan, seperti membuat tutorial make up atau membuat video lainnya yang hanya membutuhkan satu spot saja, kamu bisa menyiapkan background untuk memperindah video kamu. 

Seperti Kyra Nayda, seorang youtuber, yang memilih background dinding berwarna gelap dengan susunan foto-foto yang membentuk gambar hati. Selain itu, Rachel Goddard, beauty vlogger, yang membuat background-nya dengan sehelai kain hitam lalu ia beri hiasan lampu-lampu. 

Persiapan-persiapan di atas sebaiknya kamu lakukan setiap kali ingin membuat video konten untuk YouTube kamu ya! Hal ini dikarenakan persiapan yang matang adalah proses dari pembuatan video yang menarik di tonton. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

wikiHow. (n.d.). How to Make a YouTube Video. Diakses pada tanggal 30 Januari 2017 dari wikiHow: http://www.wikihow.com
Olona, Shannon. (2015). How to Create a Vlog in 9 Easy Steps. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari https://www.newbluefx.com/blog/how-create-vlog-9-easy-steps
Dogan, Dino. (2010). 10 Steps to Successful Video Blogging. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari http://www.socialmediaexaminer.com/10-steps-to-successful-video-blogging/


0 Comments