span 1 span 2 span 2

Influencer

5 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

5 Cara Membuat Caption Menarik di InstagramSumber: cdn3.stockunlimited.net

Instagram memang media sosial yang memberi kesempatan penggunanya untuk mengunggah gambar atau foto. Namun, bukan berarti hal yang penting dalam Instagram adalah mengambil foto yang indah saja, tapi kamu juga bisa memberi caption atau tulisan yang menjelaskan gambar atau foto tersebut. Caption juga berguna untuk mengajak dan berinteraksi dengan followers kamu. Berikut cara-cara menulis caption yang menarik untuk inspirasi kamu:

1.    Perhatikan EYD dan Tidak Typo

Perhatikan EYD dan Tidak Typo

Sumber: alicdn.com

Hal pertama yang sebaiknya kamu perhatikan adalah ejaan dan penggunaan huruf kapital yang benar. Penggunaan bahasa slang memang sah-sah saja digunakan, namun jangan terlalu banyak singkatan karena dapat membingungkan followers. Kamu tidak mau kan kalau pesan dari foto tersebut tidak tersampaikan hanya karena struktur bahasa yang tidak baik atau terlalu banyak singkatan?

2.    Batasi Penggunaan Hashtag

Batasi Penggunaan Hashtag
Sumber: contrapunto.com

Dalam menulis caption, kamu bisa menggunakan hashtag agar foto kamu bisa dilihat orang banyak, namun batasi penggunaan hashtag (1-4 hashtag) yang relevan dengan foto yang kamu post, karena jika banyak-banyak akan tidak efektif  dan terlihat berantakan.

Kemudian, sebaiknya letakkan hashtag tersebut di akhir caption kamu dan pastikan bahwa hashtag yang kamu gunakan adalah hashtag yang banyak gunakan orang lain juga. Misalnya kamu mengunggah foto pakaian yang kamu gunakan, kamu bisa menggunakan hashtag  #ootd.

3.    Masukkan Informasi Terpenting di Awal Caption

Masukkan inforamasi terpenting di awal caption
Sumber: static.agorapulse.com

Di dalam Instagram, setelah caption kamu lebih dari 3-4 baris, maka kalimat dalam caption kamu tidak akan terlihat seluruhnya oleh followers. Untuk melihat keseluruhan caption, mereka harus meng-klik ‘more’ terlebih dahulu. Maka dari itu, sebaiknya kamu menulis informasi atau bagian terpenting dari caption kamu di awal kalimat saja.

4.    Gunakan Call-to-Action (CAT)

Gunakan Call-to-action (CAT)

Sumber: plannthat.com

Call-to-Action atau CAT adalah kalimat yang mengajak followers untuk melakukan sesuatu. Hal tersebut bisa mengajak seseorang untuk membagikan foto atau informasi yang kamu ingin sebarkan ke banyak orang. Terdapat banyak cara untuk melakukan CAT

Pertama, kamu bisa mengatakan “Double-tap kalau menurut kamu ini lucu” atau “Kamu bisa membagikan cerita yang sama di kolom comment.”

Kedua, menggunakan pertanyaan untuk memancing orang-orang untuk memberikan komen. Misalnya, “Pantai selalu menjadi pilihan utama aku kalau aku sedang suntuk. Kalau kamu biasanya kemana?”

Ketiga, menggunakan cara tag friends untuk menyebarkan foto kamu. Misalnya kamu mengunggah foto di hari Valentine dengan keluarga kamu, kamu bisa menulis caption seperti ini, “Menghabiskan hari kasing sayang ini dengan orang tersayang. Tag seseorang yang bersama kamu di hari spesial ini”

baca juga: Macam-macam ide Konten untuk Personal Bloggers

Terakhir, untuk kamu blogger atau youtuber, kamu juga bisa mempromosikan channel kamu di Instagram, dengan cara mengajak mereka langsung ke link yang ada di bio atau mengajak langsung untuk mengunjungi website atau channel kamu. Misalnya, “Aku baru saja mengunggah video terbaru, langsung aja check di link bio aku.”

5.    Gunakan Emoji

Gunakan emoji

Sumber: www.jennstrends.com

Jangan ragu untuk menggunakan emoji atau simbol simbol. Selama masih relevan dan tidak terlalu banyak, emoji bisa mempercantik caption kamu lho. Misalnya kamu mengunggah foto pantai, kamu bisa memasukkan simbol pohon kelapa, matahari, dan ombak.

Dari kelima cara di atas, kamu bisa menggunakannya secara bergantian. Pastinya hal tersebut akan menjadikan caption kamu semakin bervariasi. Sebaiknya, untuk mendapatkan caption yang bagus, pikirkan baik-baik terlebih dahulu dan periksa kembali sebelum mengunggahnya, siapa tahu masih ada yang salah pengejaannya.


Sumber Referensi

Holmes, E. (2015). 5 Things To Know About Writing Captions on Instagram. http://blogs.wsj.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).
Kolowich, L. (2016). How to Write Good Instagram Captions: 8 Tips for Perfecting Your Copy. https://blog.hubspot.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).
Pradipta, A. W. (2016). Bagaimana Menulis Caption Dengan Benar di Instagram Menurut Ahli?. http://www.penggagas.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).


0 Comments