span 1 span 2 span 2

Influencer

8 Macam Ide Konten untuk Personal Bloggers
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

8 Macam Ide Konten untuk Personal Bloggers
Sumber: dessign.net

Personal Bloggers adalah orang-orang yang membuat tulisan tentang keseharian atau gaya hidup mereka, kemudian di post pada platform blogging (seperti WordPress, Blogger, tumblr, dan lain-lain). Tentunya, jika bicara tentang keseharian pastinya mencakup banyak sekali area, bisa jadi hobi, pengalaman, pekerjaan atau hanya sekedar pemikiran pribadi.

Nah, buat kamu yang ingin menjadi personal bloggers, jangan takut kehabisan ide. Banyak sekali konten-konten yang bisa kamu tulis. Seperti contoh ide-ide konten di bawah ini. Yuk, langsung saja di simak.

1. Travelling
Travelling

Sumber: cdn.colorlib.com   

Bagi kamu yang hobi jalan-jalan, kamu bisa berbagi cerita di blog tentang pengalaman perjalanan kamu. Kamu bisa memberikan review tentang tempat penginapan dan tempat-tempat yang kamu kunjungi. Blog travelling sebaiknya diimbangi dengan foto-foto agar pembaca dapat ikut merasakan atmosfir tempat tersebut. Seperti Farchan Noor Rachman (efeneer.com) yang menceritakan kisahnya saat meminjam kimono di Kyoto, Jepang.

   ​​​
2. Fashion & Beauty

Fashion & Beauty

Sumber: anarieldesign.com

Membicarakan topik tentang fashion & beauty juga bisa menjadi konten yang menarik. Untuk fashion, kamu bisa membahas tentang style yang sedang trend, menceritakan daily outfit atau kamu juga bisa membuat mix & match pakaian. Seperti Olivia Lazuardy yang membuat artikel tentang fashion, seperti artikel tentang outfit yang bagus saat travelling.

Untuk topik tentang beauty, tentunya kamu dapat membahas tentang make up dan skincare. Seperti skincare routine kamu, review salah satu produk make-up atau tips kesehatan muka dan badan, misalnya tips memilih sabun muka untuk wajah yang berminyak.

3. Kesehatan

Kesehatan

Sumber: pertanyaanku.com

Kamu tidak perlu menjadi dokter atau pakar kesehatan untuk dapat menulis tentang kesehatan. Di dalam blog, kamu bisa membagi pengalaman hidup kamu yang berkaitan dengan kesehatan. Seperti cara olahraga yang efektif, pola makan sehat atau cara-cara ampuh menurunkan berat badan.

4. Makanan & Minuman

Makanan & Minuman

Sumber: cdn.colorlib.com

Indikator keberhasilan seorang food blogger adalah membuat pembacanya jadi lapar karena melihat foto-foto, dan penjelasan makanan serta minuman yang kamu ceritakan. Jika kamu ingin mencoba satu resep seperti resep soto ayam, kamu bisa menceritakan dari bahan-bahannya, cara memasaknya sampai rasa dari soto ayam tersebut.

Selain memasak, kamu juga membuat review tentang makanan dan minuman yang kamu coba di tempat makan tertentu. Kamu bisa mengambil foto dan menceritakan dari penampilan hingga harga makanan dan minuman tersebut.

5. How-to

How-to

 

Sumber: firstsiteguide.com

Artikel tentang How-to bisa mencakup hal-hal yang berkaitan dengan tips & tricks melakukan sesuatu. Misalnya kamu membuat artikel cara membuat lampu kamar, hal-hal yang bisa digunakan dari kardus bekas, dan sebagainya. Kamu bisa menceritakan prosesnya dengan memperlihatkan foto dan menjelaskan step by step-nya melalui kata-kata.

6. Photography
Photography

 

Sumber: static.c.photoshelter.com

Kamu bisa memamerkan hasil jepretan kamu kepada seluruh orang melalui blog. Foto-foto tersebut bisa tentang apa saja, misalnya pemandangan atau juga objek lainnya. Untuk pelengkap, kamu bisa menambahkan tulisan untuk menjelaskan maksud atau cerita dari foto tersebut.

7. Film & Musik

Film & Musik

 

Sumber: gooyaabitemplates.com

Ide konten berikutnya bisa tentang film dan musik. Kamu bisa memberikan review atau pendapat kamu tentang suatu film atau album/lagu seseorang. Namun, hal yang harus kamu ingat, memberi review film bukan berarti memberi tahukan klimaks atau adegan-adegan penting. Memberikan review berarti memberikan pendapat pribadi tentang bagaimana film tersebut. Misalnya saat menonton film Doctor Strange, kamu bisa memberikan review tentang bagusnya permainan visualnya dari film tersebut.

8. Random Thoughts

Random Thoughts

 

Sumber: firstsiteguide.com

Keunggulan menjadi personal blogger adalah kamu bebas mencurahkan apa saja di dalam blog kamu. Hal itu termasuk mencurahkan pikiran-pikiran kamu terhadap sesuatu, misalnya mengapa bumi itu bundar? Atau alasan kamu memilih pekerjaan yang sekarang kamu lakukan. Selama tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan), kamu bebas untuk mengutarakan apa saja yang kamu pikirkan dan pertanyakan.

baca juga: Cara Ampuh Menulis Blog yang Menarik Dibaca

Kamu bisa membuat semua ide-ide ini untuk satu akun blog kamu atau kamu juga bisa memutuskan untuk fokus terhadap satu hal saja. Namun, jika kamu memutuskan untuk membuat lebih dari satu ide atau malah banyak ide, pastikan kamu mengelompokkan artikel-artikel tersebut sesuai kategorinya. Jadi pembaca bisa memilih dengan mudah artikel tentang apa yang ingin mereka baca. Selamat berkreasi!


Sumber Referensi

Mijatovic, M. (2014). What Type of Blogger Are You? 7 Blogging Types Revealed . https://firstsiteguide.com (Diakses pada tanggal 2 Februari 2017).
Mijatovic, M. (2015). The Best Lifestyle Blogs To Follow. https://firstsiteguide.com (Diakses pada tanggal 2 Februari 2017).


0 Comments