span 1 span 2 span 2

Influencer

8 Cara Ampuh Menulis Blog yang Menarik Dibaca
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 4 menit

Cara Ampuh Menulis Blog yang Menarik di Baca
Sumber: cdn.datafloq.com

Dalam hal menulis, tidak ada yang namanya bisa atau tidak karena semua orang juga bisa menulis. Namun masalahnya apakah tulisannya enak dibaca atau tidak?. Terlebih, kamu yang suka menulis di Blog. Nah, untuk bisa menghasilkan tulisan yang enak di baca, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini agar tulisan di blog kamu menarik untuk dibaca:

1. Membuat Outline / Draft

membuat draft
Sumber: wikihow.com

Setiap menulis artikel atau tulisan untuk di post di blog, sebaiknya kamu membuat draft / outline atau kerangka tulisan. Outline ini berisi tentang poin-poin yang ingin kamu tulis. Hal ini berguna untuk menjaga alur tulisan agar tetap nyambung dan menghindari jika kamu lupa pada poin penting dalam artikel tersebut.

2. Pikirkan Kalimat Pertama Baik-baik

Pikirkan Kalimat Pertama Baik-baik

Sumber: i2.wp.com

Menulis kalimat pertama adalah kegiatan yang paling menantang. Namun, kalimat pertama juga bisa menjadi penentu apakah seseorang akan melanjutkan membaca atau malah memilih untuk berhenti membaca.

Pertama, kamu bisa memulai kalimat pertama dengan berbagai gaya, pertama dengan menanyakan pertanyaan, seperti “Apakah kamu tahu mengapa bahas inggris menjadi bahasa internasional?”

Kedua, apabila kamu sedang membicarakan tentang fakta, kamu juga bisa memulainya dengan menunjukkan statistik. Misalnya “Di Australia, bahasa Indonesia adalah bahasa terpopuler ke-4 dan 500 sekolah menjadikannya mata pelajaran.”

Ketiga, cara menceritakan cerita. Misalnya, “Kemarin saya pergi ke panti asuhan dan ternyata berkunjung kesana lebih menarik daripada pergi ke mall yang setiap minggu saya lakukan.”

baca juga: Ide Konten blog

Terakhir, kamu juga bisa memulainya dengan memberikan kata-kata bijak atau qoute yang relevan dengan topik. Seperti apabila topiknya tentang fashion, kamu bisa memulainya dengan quote dari Rachel Zoe “Style is a way to say who you are without having to speak.”

3. Tulis Topik yang Kamu Suka dan Kuasai

tulis topik yang kamu suka dan kuasai
Sumber: onestopsiteshop.com

Menulis topik yang memang sesuai dengan passion kamu akan menjadikan tulisanmu lebih ‘tulus’ dan dalam pengetahuannya. Hal ini dikarenakan kamu memang benar-benar menguasai topik tersebut. Kalau kamu memaksakan menulis topik yang tidak kamu kuasai, kamu juga kan yang akan kesulitan selama proses menulis?

4. Buat Paragraf dan Kalimat yang Singkat

Buat Paragraf dan Kalimat yang Singkat

Sumber: smartblogger.com

Dalam menulis blog, usahakan tulisan kamu jangan terlalu panjang (maksimal 600 kata) karena jika terlalu panjang akan membuat pembacanya bosan. Baiknya kamu juga harus menghindari paragraf dan kalimat-kalimat yang kompleks atau ribet.

5. Gunakan Bahasa yang Mudah

Gunakan Bahasa yang Mudah
Sumber: fizbang.com

Walaupun artikel kamu berisikan tentang hal yang serius (formal) atau bersifat akademik, usahakan pemakaian bahasa yang mudah agar semua orang bisa membaca dan mengerti tulisan kamu. Cara yang paling mudah adalah tulislah seolah-olah kamu sedang menceritakan sesuatu kepada temanmu.

baca juga: Tips Menjadi Youtuber Gaming

6. Gunakan Gambar

Gunakan Gambar

Sumber: www-tc.pbs.org

Penggunaan visualisasi atau gambar pada blog menjadi elemen yang sangat penting. Gambar bisa membantu menjelaskan maksud dari tulisan kamu dan bisa membuat orang tidak bosan karena hanya melihat kata-kata saja.

7. Hindari Repetisi

Hindari Repetisi

Sumber: il.cdn.1001fonts.net

Hindari pengulangan atau repetisi dalam artikel kamu. Pastikan dalam satu paragraf kamu fokus membicarakan satu pikiran utama dan tidak lagi dibahas di paragraf selanjutnya. Hal ini bisa membuat orang yang membaca artikel kamu pun menjadi bosan lho.

8. Baca Ulang & Minta Pendapat

Baca Ulang & Minta Pendapat
Sumber: banqsoft.com

Setelah selesai menulis, kamu wajib untuk membaca ulang dan memposisikan dirimu sebagai editor. Jangan ragu untuk menghapus atau mengubah kata-kata yang dianggap tidak perlu. Selain itu, kamu juga bisa meminta pendapat orang terdekat seperti keluarga atau teman untuk menilai apakah tulisan kamu sudah cukup jelas dan nyambung dari satu paragraf ke paragraf lain.

baca juga: Tips Agar Blog Kamu Dilihat Banyak Orang

Membuat tulisan untuk blog yang menarik sebenarnya bukan hal yang sulit. Hanya saja dibutuhkan latihan dan perbanyak membaca, serta jangan ragu untuk meminta penilaian kepada orang lain. Membuat artikel di blog juga tidak harus panjang lho, yang terpenting adalah semua informasi sudah tersampaikan. Selamat menulis!


Sumber Referensi

Shewan, D. (2016). How to Write an Awesome Blog Post in Five Steps. http://www.wordstream.com (Diakses pada tanggal 2 Februari 2017).
Mirandilla, I. (n.d.). Capture your Readers: 8 Tips to Writing Engaging Blog Posts. http://www.hongkiat.com (Diakses pada tanggal 2 Februari 2017).
Sulistya, Maya. (n.d). Inilah 4 Cara dalam Membuat Artikel yang Menarik dan Disukai Pembaca. Diakses pada tanggal 15 Februari 2017 dari https://www.mudation.com/inilah-4-cara-dalam-membuat-artikel-yang-menarik-dan-disukai-pembaca/1082/


0 Comments