span 1 span 2 span 2

Influencer

6 Tips Agar Blog Kamu Dilihat Banyak Orang
Oleh: Ammar Kanz
Dibaca Normal: 5 menit

Tips Agar Blog Kamu Dilihat Banyak Orang
Sumber: cdn2.hubspot.net

Sebuah blog dapat dibuat untuk kepentingan pribadi maupun dalam menunjang kebutuhan sebuah usaha. Pengertian dari blog itu sendiri menurut Rebecca dalam buku ‘Weblogs: A History and Perspective’ merupakan halaman internet institusi maupun perorangan untuk disiarkan pada sebuah halaman web yang dapat diakses oleh pengguna internet lainnya. Namun, pada era modern yang semakin maju ini, pastinya sudah banyak bukan blog yang kita temui saat mengakses internet lewat mesin pencari? Berikut adalah beberapa cara yang paling mudah untuk membuat blog pribadi maupun blog usahamu lebih mudah dilihat orang-orang diantara sekian banyak blog yang ada di internet:

1. Tentukan Tema Blog dengan Tampilan yang Sesuai
 

Tentukan Tema Blog dengan Tampilan yang Sesuai
Sumber: urbanhello.com

Pertama-tama, ibarat sebuah restoran, sebelum mengajak orang-orang untuk datang ke restoran tersebut kita perlu mempersiapkan tampilan terbaik dan sesuai dengan identitas restoran. Begitu pula pada tema blog kamu. Tampilan tersebut dapat terdiri dari elemen visual seperti background, tone warna, serta judul dan deskripsi pada halaman blog tersebut.

2. Lakukan Riset Keywords (Kata Kunci)

Lakukan Riset Keywords (Kata Kunci)
Sumber: bloggingbook.net

Melakukan riset mengenai keywords adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh pengguna blog. Keywords merupakan kata kunci yang berpotensi untuk dicari oleh pengguna internet di mesin pencari. Jadi, usahakan memakai keywords yang populer diketik pada mesin pencari.

Riset tersebut dapat dilakukan melalui layanan Google Adwords (keyword tools) secara gratis. Keywords tersebut dapat digunakan sebagai nama domain maupun disisipkan pada meta keywords. Misalnya, jika ingin membuat nama domain yang sesuai dengan bidang usaha kreatif, kita dapat menggunakan domain dengan keyword yang populer seperti creativework.com, inovatif.com, atau idekreasi.com.

3. Gunakan Keywords pada Meta Keywords

Penggunaan meta keywords adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses Search Engine Optimalization (SEO) atau pengoptimalisasian mesin pencari. Gunanya adalah untuk menyisipkan keywords yang populer dalam postingan blog. Saat keywords tersebut diketik oleh pengguna internet dalam mesin pencari, blog yang kita kelola berpotensi untuk muncul pada halaman awal.

Cara untuk menyisipkan keywords pada meta keywords adalah sebagai berikut:

     - Log in ke blog dan masuk ke bagian dashboard
     - Klik menu template
     - Klik ‘edit HTML'
     - Letakkan kode ini di bawah kode <head>


Sumber: Dokumen Kini Bisa

     - Kemudian, masukan keywords andalan pada postinganmu di bagian
       ‘katakunci1’ dan ‘katakunci2’.
     - Jika sudah, klik ‘simpan template’

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, keywords yang kamu gunakan dapat terbaca oleh sistem google sehingga dapat disimpan dalam mesin pencari.

4. Posting Konten yang Unik dan Relevan

Posting Konten yang Unik dan Relevan
Sumber: bloggersrefuge.com

Konten-konten yang di posting dalam blog haruslah unik, namun tetap relevan. Artinya, konten tersebut memiliki keunggulan dibanding konten-konten blog lain dan tidak klise. Kemudian, kontennya harus tetap relevan dengan identitas blog, begitu juga dengan keywords yang digunakan.

baca juga: Ide Konten Video Kreatif untuk YouTube

Contohnya, dibandingkan dengan membuat video berupa konten ‘tips-tips melupakan mantan pacar’ dengan penjabaran yang klise, kamu dapat membuat video komedi series mengenai cara menjadi seorang entrepreneur, atau tema-tema lainnya yang masih jarang ditonton namun tetap menarik perhatian penontonnya.

5Install Plug-In Optimalisasi SEO

Install Plug-In Optimalisasi SEO
Sumber: premium.wpmudev.org

Plug-in merupakan perangkat tambahan yang dapat mengoptimalisasi blog kamu, misalnya all in SEO pack, Yoast WP SEO, atau SEO Friendly Images. Beberapa plug-in tersebut dapat menambah galeri foto dan video, menampilkan judul halaman yang sebaiknya digunakan untuk melakukan SEO, serta menambah ketersediaan meta keywords untuk membuat penggunaan SEO jadi lebih efektif.

6. Lakukan Indexing pada Media Sosial

Lakukan Indexing pada Media Sosial
Sumber: optimized360.com

Singkatnya, indexing merupakan kegiatan mempromosikan postingan blog melalui jalur-jalur media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Sehingga, postingan tersebut lebih mudah diproses oleh Google agar masuk ke dalam sistem informasi. Contohnya, kamu dapat men-tweet pada akun twitter kamu berupa link dari blog yang kamu miliki dan mengajak mereka untuk mengunjungi halaman blog kamu.

Masih banyak cara lainnya untuk mengoptimalkan blog yang dikelola, namun cara-cara di atas adalah cara yang paling efektif dan dapat dilakukan tanpa berbayar. Oleh karena itu, gunakan langkah-langkah tersebut agar blog yang kamu miliki dapat lebih mudah ditemukan pada mesin pencari dibandingkan ­­blog-blog lainnya. Selamat berkreasi!


Sumber Referensi

Blood, Rebecca. (2000). Weblogs: A History And Perspective. McGraw-Hill
Rahman, Su. (2012). Jago SEO. Elex Media Komputindo


0 Comments