span 1 span 2 span 2

Influencer

6 Cara yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjadi Blogger
Oleh: Rizqia Faradiba
Dibaca Normal: 3 menit

Cara yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjadi BloggerSumber: shawacademy.com

Bagi kamu yang hobi menulis dan/atau mengambil foto, ada baiknya karya tulis dan foto kamu tidak disimpan untuk diri sendiri saja, namun juga dibagikan ke orang lain. Salah satu caranya kamu bisa membuat blog. Kamu bisa melakukan cara-cara ini sebelum kamu menjadi blogger:

1. Tentukan Blogging Platform

Tentukan Blogging Platform
Sumber: raghwendra.com

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah memilik blogging platform-nya. Ada banyak sekali platform yang bisa kamu pilih, seperti Wordpress, Blogger, tumblr dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilihnya secara bebas karena sebagian besar platformnya memiliki feature yang sama.

baca juga: Cara Membuat Vlog menarik

Apabila kamu ingin mengisi blog kamu dengan lebih banyak tulisan, kamu bisa memilih WordPress atau Blogger. Namun kalau kamu ingin lebih banyak memasukkan foto, tumblr akan cocok untuk kamu pilih sebagai blogging platform kamu. Untuk menjadi blogger pemula, baiknya kamu fokus pada satu platform dulu saja ya.

2. Design Blog

Design BlogSumber: i.pinimg.com

Setelah sudah memilih blogging platform, kamu perlu mendesain tampilan blog kamu. Desain tersebut ada yang gratis karena sudah disediakan oleh platform-nya seperti yang ada di WordPress, namun ada juga yang berbayar.

Buatlah desain dengan navigasi atau petunjuk-petunjuk menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Desain juga jangan terlalu ramai, apalagi untuk kamu yang akan mengunggah banyak foto.

3. Tentukan Konsep

Tentukan Konsep
Sumber: lyrathemes

Selanjutnya konsep, konten apa saja yang akan kamu tulis? Hal tersebut semua tergantung passion kamu. Untuk kamu yang suka jalan-jalan, kamu bisa mengisi konten kamu dengan pengalaman travelling kamu, atau untuk kamu yang suka dengan fashion dan make up, kamu bisa menjadi Beuaty Blogger.

baca juga: Memaksimalkan Penghasilan Youtube

Namun, jika kamu merasa mempunyai lebih dari satu passion dan tidak ingin terikat dengan satu konsep, kamu juga bisa loh memilih random posts di blog kamu.

4. Lakukan sebagai Hobi

Lakukan Sebagai HobiSumber: pardot.com

Bagi kamu yang ingin memulai menjadi seorang blogger, hindari mempunyai pikiran bahwa menjadi blogger akan menghasilkan uang dan akan menjadi pekerjaan utama. Berpikiralah kamu melakukan ini hanya sebagai hobi, tempat dimana kamu bisa berbagi pikiran dan ide-ide kamu dengan orang lain. Kalau nantinya kamu bisa mendapatkan penghasilan dan menjadi blogger terkenal, tidak ada yang tahu kan?

5. Terus Kembangkan Skill Menulis

Terus Kembangkan Skill MenulisSumber: liezeneven.com

Menjadi blogger berarti kamu harus selalu melatih dan mengembangkan kemampuan menulis kamu. Misalnya dengan kamu membaca buku atau artikel lain yang bisa menambah pengetahuan dan inspirasi kamu juga dalam menulis di blog.

6. Hindari Plagiat

Hindari PlagiatSumber: superscribecontent.com

Melakukan plagiat atau mencontoh karya orang lain tanpa mengutip adalah tindakan yang sangat salah. Sebagai blogger, hal tersebut adalah hal utama yang harus kamu pahami. Kamu boleh mengambil perkataan atau foto orang lain, namun jangan lupa untuk memberikan referensi.

baca juga: Ide Konten YouTube

Melakukan cara-cara di atas bisa dilakukan tidak kurang dari sehari, dan bisa dikatakan mudah. Tantangan yang sebenarnya adalah saat kita harus konsisten dalam membangun blog kita. Jangan cepat menyerah apabila kita kehabisan ide, karena sebenarnya ide menulis bisa diambil dari hal-hal yang dekat dengan kita.


Sumber Referensi

Knapp, J. (2016). How To Start a Blog – Beginner’s Guide for 2017. https://www.bloggingbasics101.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).
Santos, D. (2013). How To Become A Successful Blogger From Day One! https://www.goconqr.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).
Seager, C. (2015). Want to become a star blogger? Here's how to do it . https://www.theguardian.com (Diakses pada tanggal 1 Februari 2017).


0 Comments