span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

Cara Mengambil Gambar Konser dengan Ponsel
Oleh: Intan Kirana
Dibaca Normal: 2 menit

Cara Mengambil Gambar Konser dengan PonselSumber: s3.amazonaws.com

Konser memang sebuah momen yang menyenangkan. Apalagi bila konser tersebut digelar oleh musisi yang sangat kita gemari. Rasanya, kita ingin sekali mengabadikan setiap momen saat musisi kesayangan bernyanyi bukan? Bahkan kalau bisa, seindah mungkin bak fotografer profesional.

Sayangnya, kerumunan orang saat konser membatasi kita untuk memotret musisi kesayangan saat tengah tampil. Apalagi bila kita tidak mendapatkan tempat yang strategis. Tetapi jangan khawatir. Kalian pun tetap bisa kok memotret musisi kesayangan kalian saat konser berlangsung. Tak perlu menggunakan kamera DSLR, karena kita akan menggunakan ponsel supaya lebih mudah. Nah, beginilah caranya:

1. Tunggu Cahaya Panggung

Tunggu Cahaya Panggung

Sumber: learn.usa.canon.com

Ini berlaku apabila konser yang kita tonton berada di dalam ruangan dengan penerangan minim, atau pada malam hari. Saat musisi kita tengah tampil, pastilah ada saat di mana cahaya panggung “disetel” dengan penerangan maksimal.

Biasanya, hal ini berlangsung di tengah-tengah lagu. Saat itu adalah saat yang tepat untuk mengambil foto, karena pencahayaan adalah hal yang paling penting untuk mengambil foto yang jelas dan cerah.

2. Kestabilan

Kestabilan

Sumber: lazone.id

Saat konser, kita dikelilingi oleh banyak orang yang melakukan gerakan aktif. Untuk itu, agak sulit mengambil foto yang benar-benar stabil. Apalagi dengan menggunakan tangan. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menggunakan Go-Pro, supaya kalian bisa tetap mengontrol gambar dengan menggunakan ponsel, dan membidik gambar yang stabil. Namun hati-hati dengan ponsel Anda, dan pastikan panitia konser memperbolehkan penggunaan Go-Pro.

3. Gunakan Mode Night/HDR

Gunakan Mode Night/HDR

Sumber: thejasminebrand.com

Untuk konser di dalam ruangan atau konser di malam hari, ada mode night dan juga mode HDR (High Dynamic Range). Mode ini membuat kamera ponsel dapat mengambil gambar dengan jangkauan cahaya yang lebih luas dan membuat gambar terlihat lebih jelas dan terang.

Meski begitu, mode HDR membuat proses penangkapan gambar berjalan lebih lama. Untuk itu, jangan terburu-buru ya saat menangkap gambar dengan mode HDR. Tunggu sekitar beberapa detik, hingga gambar tertangkap. Jangan goyangkan tangan pada saat pengambilan gambar ya.

4. Tunggu Waktu yang Tepat

Tunggu Waktu yang Tepat

Sumber: cdn-images-1.medium.com

Saat konser, banyak orang yang menggerakkan tangan ke atas hingga menutupi pandangan ke arah panggung. Nah, tunggulah momen saat gerakan tangan penonton tak menutupi jangkauan kamera Anda ke arah panggung, agar gambar yang Anda ambil bisa lebih maksimal.

5. Tak Perlu Gunakan Blitz

Tak Perlu Gunakan Blitz

Sumber: siliconsquad.com

Pada jarak jauh, penggunaan blitz tak berguna. Apalagi, kita akan memanfaatkan pencahayaan panggung. Untuk itu, sebaiknya tak perlu gunakan blitz pada ponsel Anda. Matikan saja, dan gunakan mode HDR atau night yang telah digunakan sebelumnya.

Baca juga: Cara Membuat Time Lapse

Mudah sekali bukan? Momen-momen berkesan saat menonton musisi kesayangan pun bisa Anda abadikan, dan Anda unggah ke dalam media sosial. Tentunya, dengan kualitas foto yang bagus dan menarik. Selamat menonton konser!


Sumber Referensi

http://iphonephotographyschool.com/music/
https://www.slrlounge.com/taking-pictures-concerts-without-professional-camera/
http://digital-photography-school.com/10-must-have-camera-settings-for-concert-photography/


0 Comments