span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

Mengenal Perbedaan Kamera Full Frame dan Crop
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 2 menit

Mengenal Perbedaan Kamera Full Frame dan CropSumber: i.ytimg.com

Kamera saat ini memiliki berbagai macam bentuk jenis dan beranekaragam. Salah satunya adalah kamera yang berjenis DSLR yang memiliki dua varian,  yaitu kamera full frame dan kamera crop. Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex adalah sebuah kamera digital yang menggunakan teknik pengambilan gambarnya melalui pantulan cermin yang diteruskan pada sensor yang nantinya akan terbaca pada detector. DSLR adalah kamera yang paling banyak digemari oleh para remaja masa kini, banyak remaja yang ber-selfie ria dengan menggunakan kamera ini.

Kamera full frame adalah kamera yang pada intinya memiliki sensor yang besar. Pada awalnya, DSLR didirikan oleh Contax dengan memperkenalkan kamera full frame pada khalayak ramai di pasar dunia. Akan tetapi, penjualan kamera tersebut tidak memenuhi harapan dan akhirnya kandas di tengah jalan. Alasannya adalah ukuran kamera yang memiliki ukuran sama seperti kamera film dan juga dengan berat yang tidak jauh beda dengan kamera film pada saat itu.

Tetapi selang kegagalan Contax memperkenalkan kamera full frame, hadirlah Canon yang memperkenalkan kamera dengan jenis serupa hanya saja bentuknya sudah lebih disempurnakan agar tidak terjadi kegagalan pada masa sebelumnya. Akhirnya Canon pun laris manis menjual kamera full frame ini dan menjadi titik awal berhasilnya bisnis kamera DSLR sampai saat ini.

Dalam pengertian khususnya, kamera full frame adalah kamera yang memiliki sensor yang besar. Jenis kamera full frame yang terkenal sampai saat ini adalah kamera Canon EOS 1Dx atau 5D Mark III, Nikon D3 dan D4 atau Nikon D800 dan D700. Sementara Sony mengeluarkan kamera full frame bernama Sony Alpha A900. Dari segi sensor memang kamera full frame lebih dijuarakan dibandingkan kamera crop. Lantas apa itu kamera Crop?

Kamera Crop adalah kebalikannya dari kamera full frame. Jika kamera full frame memiliki sensor yang lebar dan besar kamera crop justru memiliki sensor kameranya yang kecil. Dan bentuknya juga tidak sebesar dari kamera full frame pada umumnya. Kamera crop adalah kamera penyempurnaan yang dihadirkan oleh Canon. Dari segi efektivitas, kamera crop lebih dijuarakan ketimbang dengan kamera full frame namun dalam masalah kualitas gambar semua itu tergantung jenis dan modelnya yang terdapat pada kamera itu sendiri.

Mengetahui perbedaan kamera full frame dan crop dapat memudahkan kamu untuk memilih kamera yang akan kamu beli atau pakai. Selain itu, hal tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kamera sesuai kebutuhan. Tentunya kamu tidak ingin kan sampai salah memilih kamera?


Sumber Referensi

https://tommyvotograph.wordpress.com/2013/11/15/perbedaan-kamera-fullframe-aps-c/
http://www.infofotografi.com/blog/2015/05/memilih-sistem-aps-c-atau-full-frame/


0 Comments