span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

Cara Menghemat Baterai Kamera
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 2 menit

Cara Menghemat Baterai KameraSumber: fthmb.tqn.com

Kamera digital menggunakan baterai sebagai sumber kekuatan mereka. Semua baterai memiliki kelemahan yang sama, yakni hanya terbatas pada kurun waktu tertentu, sampai akhirnya kita harus kembali mengisi daya untuk mendapatkan energi kembali. Terdapat dua jenis baterai yang digunakan oleh kamera digital, yaitu baterai sekali pakai dan baterai yang dapat diisi ulang (seperti: nikel kadmium, lithium ion atau lithium polymer).

Namun baterai tergolong memiliki waktu hidup yang singkat. Hal ini mungkin bisa menjadi ‘frustasi’ bagi sebagian fotografer. Tenang saja, berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai kamera kamu.

1. Matikan LCD dan gunakan viewfinder

Matikan LCD dan gunakan viewfinder

Sumber: upload.wikimedia.org

Jika kamera kamu memiliki viewfinder (jendela bidik), pakailah. Gunakan viewfinder untuk membidik gambar. Jangan menggunakan LCD untuk membidik gambar, karena LCD mengonsumsi banyak daya.

2. Kurangi Melihat Foto

Kurangi Melihat Foto

Sumber: ephotozine.com

Kurangi untuk melihat foto di galeri berkali-kali. Seperti halnya dijelaskan di poin satu, penggunaan LCD sangat menguras daya. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan LCD, salah satunya dengan sering melihat gambar di galeri ya.

3. Jangan Gunakan Continuous Focus jika Tidak Perlu

Jangan Gunakan Continuous Focus jika Tidak Perlu

Sumber: i.ytimg.com

Ketika kameramu sedang menentukan titik fokus, hal tersebut membutuhkan energi. Sistem motorik yang menggerakan komponen optik agar memfokuskan gambar, membutuhkan banyak energi. Memang kamu tidak bisa menghindari untuk tidak melakukan fokus gambar.

4. Jangan Menekan Setengah (half way down) Tombol Rana Tanpa Sebab

Jangan Menekan Setengah (half way down) Tombol Rana Tanpa Sebab

Sumber: alinea1cdn-a903.kxcdn.com

Menekan setengah tombol shutter mengonsumsi banyak daya, karena kamera menentukan titik fokus saat tombol shutter ditekan setengah. Bidiklah gambarmu sebaik mungkin, baru mencari fokus. Hal ini bisa mengkonsumsi banyak daya dari yang kita pikirkan. Saat kamu menekan setengah tombol rana, banyak komponen motorik yang berhubungan, seperti komponen fokus, komponen flash, dan lain sebagainya.

5. Bawa Baterai Cadangan

Bawa Baterai Cadangan

Sumber: upload.wikimedia.org

Cara ini merupakan cara terampuh yang bisa dilakukan. Belilah baterai cadangan. Beberapa kamera mungkin dibekali dengan baterai cadangan, namun beberapa hanya dapat satu baterai. Membawa baterai cadangan membuat kita lebih tenang dalam bekerja, khususnya saat mengambil gambar tanpa takut harus kehabisan baterai. Jangan lupa isilah daya baterai cadanganmu kapanpun disaat itu memungkinkan ya!

Baca juga: Beberapa Alat yang Bisa Membuat Hasil Foto Stabil

Nah, ternyata penting sekali memperhatikan hal-hal di atas agar baterai tidak cepat habis. Pada dasarnya, baterai memiliki cycle count, di mana semakin sering diisi dayanya, performa baterai akan semakin menurun. Dengan kata lain, melakukan beberapa hal di atas juga bisa membuat baterai kamera tahan lama lho!


Sumber Referensi

Xavides, Lexy. (2014). How to Extend Your Cameras Battery Life. Diakses pada 17 Februari 2017 dari https://www.cnet.com/how-to/how-to-extend-your-cameras-battery-life/
King, Michael. (2011). How to Extend Your Cameras Batterty Life. Diakses pada tanggal 20 Februari 2017 dari: http://www.techhive.com/article/240713/how_to_extend_your_cameras_battery_life.html


0 Comments