span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

Beberapa Alat yang Bisa Membuat Hasil Foto Stabil
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 2 menit

Beberapa Alat yang Bisa Membuat Hasil Foto Stabil
Sumber: bhphotovideo.com

Foto yang tajam dan tidak blur merupakan hasil yang diinginkan semua fotografer. Kecuali memang mereka ingin membuat foto blur dengan tujuan artistik. Namun, mengambil gambar dengan hasil yang tajam bisa menjadi sukar lho. Hal ini dikarenakan kamu harus bisa mengatur dengan tepat dari segitiga eksposur: aperture, shutter speed, dan ISO. Akan tetapi, jangan khawatir! Kamu juga bisa menggunakan beberapa alat yang membantu menstabilkan hasil fotomu dengan praktis. Alat-alat tersebut antara lain :

1. Tripod

Tripod

Sumber: target.scene7.com

Tripod merupakan alat yang yang sangat populer di kalangan fotografer. Alat ini sangat membantu untuk menstabilkan gambar. Selain kualitas hasil gambar kamu tidak akan mudah berbayang (blur), kamu pun tidak perlu repot-repot untuk memegang kamera apalagi kalau kamera kamu cukup berat. Sangat membantu kamu sekali, bukan?

2. Monopod

Monopod

Sumber: media.pricebook.co.id

Kamu memiliki mobilitas yang tinggi pada saat mengambil gambar? Mungkin kamu bisa memilih monopod disamping tripod. Monopod memiliki fleksibilitas lebih tinggi. Mengapa? Alat ini sangat mudah untuk dipindah-pindah dan lebih kecil dari tripod. Akan tetapi, bisa dikatakan monopod lebih cocok untuk mengambil gambar subjek yang bergerak, misalnya hewan yang sedang berjalan, tanpa menghilangkan ketajaman gambar.

3. Stabilizer dari Karet

Stabilizer dari Karet

Sumber: alexnld.com

Beberapa alat tersebut sangat berguna untuk menstabilkan gambar. Namun, jika budget kamu menipis, maka ada beberapa alternatif yang bisa kamu buat sendiri atau yang biasa kita kenal sebagai Do It Yourself (DIY). Pernahkan kamu membayangkan membuat stabilizer dari karet? Ya, kamu bisa membuat stabilizer (alat untuk menstabilkan gambar) dari karet. Caranya adalah kaitkan karet di celanamu, kemudian kaitkan ujung karet lainnya ke kameramu dengan menggunakan camera plate.

4. Stabilizer Menggunakan Tali

Stabilizer Menggunakan Tali

Sumber: knowtech.tv

Kamu juga bisa membuat stabilizer menggunakan sebuah tali. Caranya adalah kaitkan tali (bagian tengah) ke kamera dengan menggunakan camera plate. Kemudian, ikat ujung-ujung tali (tali menyambung jadi satu). Lalu, injak tali dengan satu kaki.

5. Stabilizer dengan Barang-Barang Disekitarmu

Stabilizer dengan Barang-Barang Disekitarmu

Sumber: thephotoargus.com

Kamu masih ingin membuat stabilizer yang lebih murah? Kamu bisa menggunakan beberapa benda di sekitarmu, seperti tanaman, batu, gelas, dan lain sebagainya. Hanya perlu meletakkan kamera kamu di atas salah satu benda yang disebutkan tadi (sesuai keinginanmu).

Baca juga: Tips Membeli Kamera Sesuai Kebutuhan

Ternyata banyak sekali alat yang bisa kita lakukan untuk menstabilkan gambar. Mulai dari benda yang bisa kita beli, sampai benda yang bisa kita buat sendiri di rumah. Menggunakan stabilizer merupakan langkah yang wajib dilakukan jika kamu ingin hasil yang stabil. Tentunya kamu menginginkan gambar yang tajam bukan? Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Redd, Tom. How to Use a Monopod. Diakses pada 17 Februari 2017 dari https://photographylife.com/how-to-use-a-monopod
Filmora Video Editor. 5 Ways to Stabilize Your Camera – Easy & Effective!. Diakses pada 17 Februari 2017 dari https://www.youtube.com/watch?v=lCVEhmiPzO0


0 Comments