span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

6 Tips Membeli Kamera Sesuai Kebutuhan
Oleh: Billy Surya Julfian
Dibaca Normal: 5 menit

Tips Membeli Kamera Sesuai KebutuhanSumber: pictures.digitalrev.com

Saat akan membeli sebuah kamera, tentunya banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Terkadang banyak orang yang membeli kamera karena faktor keinginan, bukan faktor kebutuhan. Sebenarnya sah-sah saja jika ingin membeli kamera karena faktor keinginan. Namun hal tersebut akan mempengaruhi langkah selanjutnya dalam memilih kamera.

Selain itu, beberapa orang juga tergoda dengan merk/seri kamera tertentu, ikut-ikutan teman, dan fitur-fitur canggih yang dimiliki, padahal belum tentu dibutuhkan untuk penggunaan sesuai kebutuhan. Agar bisa membeli kamera sesuai kebutuhan, mari simak beberapa tips berikut ini.

1. Ketahui Tujuan Membeli Kamera

Ketahui Tujuan Membeli Kamera

Sumber: guardianlv.com

Sebelum membeli kamera, pastikan terlebih dahulu kamera tersebut akan digunakan untuk kegiatan apa dan akan dibawa kemana saja. Misalnya, jika kamera yang ingin dibeli akan digunakan untuk berwisata, jangan membeli kamera dengan ukuran besar dan beratnya yang hampir mencapai satu kilo karena akan menjadi hal yang sulit saat berwisata atau jalan-jalan. Namun, lain halnya jika seorang pelancong yang juga gemar fotografi dan menjadikan tempat wisata yang dikunjungi sebagai objek utama fotonya, tentunya membawa kamera yang besar dengan segala properti tambahan bukan menjadi suatu masalah.

Jika kamera yang dibeli akan digunakan untuk keperluan dokumentasi atau kulilah, kamera kit sangat cocok untuk digunakan. Kamera kit adalah kamera yang dijual dalam satu paket yang terdiri dari body kamera dan lensa kit-nya (biasanya lensa 18-55mm).

Selanjutnya, pastikan kualitas video dan alat perekam kamera tersebut bagus jika kamera yang dibeli akan Anda gunakan untuk membuat vlog. Jika kamera tersebut menyediakan portabel khusus mic tambahan, itu lebih baik.

Sebaliknya, jika kamera tersebut akan digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan seperti fotografi profesional dan pengambilan video untuk membuat suatu film (misalnya), maka tidak ada salahnya jika memilih kamera yang dilengkapi fitur canggih dan berbagai jenis lensa, seperti lensa wide, lensa fix, hingga lensa tele.

2. Memahami Kualitas Gambar yang ingin Dihasilkan

Memahami Kualitas Gambar yang ingin Dihasilkan

Sumber: i.ytimg.com

Jika kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera menjadi suatu pertimbangan yang sangat penting, maka pilihkan kamera yang memiliki fitur-fitur yang dapat memperindah hasil fotografi. Pilihkan kamera dengan kualitas yang bagus jika hasil foto tersebut ingin dipajang atau dijadikan bahan untuk mengikuti lomba fotografi. Sebaliknya, Anda bisa memilih kamera saku biasa jika foto yang dihasilkan hanya akan diunggah di sosial media.

3. Mengetahui Tone yang Dihasilkan oleh Suatu Kamera, bukan Hanya Tergiur dengan Merk/Seri Tertentu

Mengetahui Tone yang Dihasilkan oleh Suatu Kamera, bukan Hanya Tergiur dengan Merk/Seri Tertentu

Sumber: cdn.photographylife.com

Setiap merk atau seri kamera menghasilkan warna yang berbeda-beda. Sebelum membeli kamera, Anda harus mengetahui apakah warna yang dihasilkan oleh kamera tersebut sesuai dengan warna selera Anda atau tidak. Jika Anda adalah seorang fotografer atau influencer yang melakukan self-marketing di sosial media, tentunya Anda sangat mempertimbangkan warna foto yang dihasilkan oleh suatu kamera sehingga terlihat menarik saat diunggah dan memungkinkan klien untuk mengajak Anda bekerjasama dalam suatu proyek digital maupun non-digital.

Selain itu, setiap merk kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Carilah kamera yang setidaknya hampir memenuhi semua kebutuhan Anda.

4. Konektivitas Kamera

Konektivitas Kamera

Sumber: photographyreview.com

Fitur ini merupakan sebuah pertimbangan yang sangat penting untuk membeli kamera saat ini. Jika Anda sangat hobi untuk mengunggah foto-foto di sosial media namun foto tersebut harus dalam kualitas bagus dan harus diunggah saat itu juga, fitur ini adalah jawabannya. Carilah kamera yang terapat fitur Wi-Fi atau NFC, maka Anda akan sangat mudah menyalin foto dari kamera ke handphone.

5. Ganti Lensa atau Tidak

Ganti Lensa atau Tidak

Sumber: ephotozine.com

Tidak hanya body kamera dan fitur-fiturnya saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kamera. Penggunaan lensa juga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Kamera saku cocok untuk pengguna yang menggunakan kameranya hanya untuk kegiatan sehari-hari, bukan untuk kegiatan tertentu. Namun, bagi yang memiliki hobi memotret suasana konser musik (misalnya), Anda tentunya harus memilih kamera yang lensanya bisa diganti dengan beberapa jenis lensa yang cocok dengan hasil foto konser yang diinginkan. Untuk memotret suasana konser, lensa yang dibutuhkan antara lain adalah lensa tele, lensa fix dan lensa wide. Ketiga lensa ini tentunya menghasilkan foto-foto yang berbeda dan semuanya harus memiliki merk yang sama dengan body kamera yang dipakai.

6. Harga dan Budget

Harga dan Budget

Sumber: holidaysinindonesia.com

Kedua hal ini sangat berkaitan dan perannya sangat penting dalam memutuskan kamera seperti apa yang akan dibeli. Jika budget yang dimiliki tanpa batas, tentunya harga kamera tidak akan menjadi suatu persoalan dan Anda bisa langsung memilih kamera dengan kualitas yang sangat bagus. Jika budget yang dimiliki terbatas, Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan Anda dan mencari kamera yang sesuai dengan budget yang tersedia serta kebutuhan Anda terpenuhi.

Baca juga: Alat Untuk Meningkatkan Kualitas Foto Di Smartphone

Dengan mengetahui tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam menentukan kamera yang akan dibeli. Mengetahui harga dan budget merupakan hal yang penting, namun memahami apa yang Anda butuhkan jauh lebih baik agar tidak salah dalam memilih kamera. Pilihlah kamera yang sesuai dengan budget dan setidaknya hampir semua kebutuhan Anda dapat terpenuhi.


Sumber Referensi

​​​http://www.saveseva.com/8-pertimbangan-sebelum-membeli-kamera/
http://fotografidesain.com/tips-membeli-kamera-pertama-untuk-pemula/


0 Comments