span 1 span 2 span 2

Fotografi & Sinematografi

4 Cara Mengambil Foto Gambar Bergerak
Oleh: Intan Kirana
Dibaca Normal: 2 menit

Cara Mengambil Foto Gambar Bergerak
Sumber: i.imgur.com

Pastinya Anda pernah kan melihat foto yang diambil dari hasil gambar/objek yang bergerak? Meskipun foto-foto itu diam, tetapi entah kenapa nuansa pergerakan dalam foto-foto itu tidak hilang. Bukan, bukan karena objek dalam foto-foto itu tak bisa ditangkap oleh kamera, tetapi justru karena selain bisa ditangkap, entah kenapa kita tetap bisa tahu kalau objek-objek itu bergerak.

Ingin mendapatkan foto dengan objek bergerak? Jangan khawatir, karena hal tersebut bisa Anda lakukan. Asalkan, sebelumnya Anda telah memahami triknya. Berikut ini adalah trik-triknya.

1. Gunakan tripod


Gunakan Tripod


Sumber: keyassets.timeincuk.net
 

Tripod adalah salah satu penolong dalam pengambilan gambar bergerak. Tripod ini membuat gambar lebih stabil, tidak menjadi berantakan serta buram. Untuk itu, bagi Anda yang baru saja belajar mengambil gambar dengan kamera atau yang belum terbiasa mengambil gambar bergerak, kehadiran tripod sangatlah diperlukan

Tetapi, tentu saja penggunaan tripod saja tidak cukup. Karena gambar yang bergerak, kestabilannya berbeda dengan gambar diam seperti produk atau kuliner misalnya. Ada teknik-teknik lain yang juga tak kalah penting ketimbang keberadaan tripod ini.

2. Gunakan sport menu

Gunakan Sport Menu


Sumber: ephotozine.com
 

Ubah pengaturan kamera pada mode moving object sebelum mengambil gambar bergerak. Pengaturan ini akan membuat gambar bergerak menjadi lebih mudah diambil dan tidak menjadi kabur. Dengan melakukan pengaturan kamera pada mode ini, secara otomatis kamera akan mengatur shutter speed dan hal-hal lain yang diperlukan dalam pengambilan gambar bergerak.

3. Atur shutter speed

Atur Shutter Speed

Sumber: a5.images.reviewed.com
 

Shutter speed pada kamera berfungsi untuk mengatur kecepatan. Pertama-tama, alihkan kamera pada mode manual. Kemudian, aturlah menu shutter speed pada angka yang Anda inginkan, seperti 1/500 atau 1/1000.

Apa perbedaan pengaturan shutter speed dengan sport mode? Mode sport yang sebelumnya memang bisa membuat gambar bergerak menjadi stabil dan dapat tertangkap kamera dengan baik. Tetapi, sulit bagi Anda untuk menentukan seberapa cepat objek terlihat bergerak. Untuk itu, bila Anda ingin memodifikasi hal tersebut, gunakan pengaturan shutter speed.

4. Gunakan lensa tele

Gunakan Lensa Tele


Sumber: 1.bp.blogspot.com
 

Lensa tele lensa panjang. Biasanya lensa ini bertipe 70-200 mm atau berukuran 300 mm. Lensa tele sangatlah penting dalam pengambilan gambar bergerak. Karena gambar bergerak akan lebih baik bila diambil dari jauh gambar tidak kabur dan terlihat lebih dinamis.

Baca juga: Teknik Lighting Dasar dalam Pengambilan Film Untuk Pemula

Trik-trik di atas dapat membantu Anda saat ingin mengambil foto objek/gambar yang bergerak. Namun ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu cahaya. Jangan mengambil gambar di tempat yang gelap, karena gerakan objek akan lebih kabur dan menjadi tidak jelas. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://tipsfotografi.net/pengaturan-kamera-untuk-memotret-olahraga-dan-gerakan-cepat.html
http://fotokita.net/blog/2013/04/memotret-objek-bergerak-panning/


0 Comments