span 1 span 2 span 2

Bisnis

Mengenal Software yang Dapat Digunakan Untuk SEO Website
Oleh: Ammar Kanz
Dibaca Normal: 8 menit

mengenal software seo
Sumber: netdna-ssl.com

Menurut Daulay dalam bukunya “Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer, software atau perangkat lunak merupakan pengatur aktivitas kerja komputer yang menjadi penghubung antara instruksi pengguna dengan mesin komputer. Software tidak memiliki bentuk fisik. Software dapat digunakan untuk bermacam aktivitas, termasuk aktivitas SEO. Dalam melakukan kegiatan Search Engine Optimizer (SEO), seorang web developer membutuhkan software-software tertentu untuk menganalisa, menarik data, serta melakukan pencarian variabel-variabel lainnya seperti keywords, backlink, hingga segmen pasar dalam ranah digital. Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk proses analisa SEO.

Desktop Based Software
 

dekstop based softwareSumber: threetechnology.in

Desktop Based Software merupakan software yang dapat digunakan setelah kamu mengunduh dan melakukan instalasi software tersebut. Kelebihan dari software jenis ini adalah kamu tidak memerlukan koneksi internet untuk menggunakannya. Hanya saja, ini berarti kamu hanya bisa menggunakan software tersebut dari komputer atau laptop yang telah terinstalasi. Jika kamu hendak menggunakannya sambil bepergian, kamu harus membawa laptop atau komputermu. Berikut beberapa software yang dimaksud.

  • GSA Search Engine Ranker

GSA Search Engine Ranker

Sumber: gtvseo.com

GSA Search Engine Ranker merupakan sebuah software SEO yang memudahkan kamu dalam membangun backlink, berupa link pada halaman-halaman website lain, untuk mengarahkan pengguna internet menuju halaman website kamu. Umumnya, backlink ini dibangun secara manual dengan menempatkan link website kamu pada berbagai halaman website lain. Namun, hal itu tentu lebih merepotkan dan memakan waktu lebih lama, bukan?

GSA Search Engine Ranker dapat menyebarkan link ke halaman-halaman website yang optimal (website dengan volume pengunjung yang relatif besar). Selain itu, mencegah adanya backlink tidak alami, yaitu backlink yang mengganggu dengan menutupi konten pada website ataupun backlink lainnya yang berpotensi membuat Google menutup halaman website kamu. Pada sebelah kiri jendela software, terdapat kotak dialog yang berjudul ‘Where to Submit’. Cara menempatkan backlink dengan software ini adalah mencentang halaman website yang kamu inginkan di bagian tersebut.

  • CuteRank

cuterank
Sumber: ariffshah.com

Dalam membangun website, kamu harus menggunakan keywords yang populer dicari oleh pengguna internet pada mesin pencari, sehingga mesin pendeteksi Google dapat menempatkan website kamu di halaman utama mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, kamu membutuhkan bantuan software untuk mengetahui dan memilih keywords yang populer. CuteRank merupakan software yang tepat untuk hal tersebut. CuteRank dapat digunakan untuk melihat peringkat keywords serta mencari tahu pada website apa saja keywords tersebut digunakan. Data-datanya dapat diunduh dalam format Excel maupun PDF. Kamu hanya perlu memasukkan alamat website serta keywords yang ingin kamu periksa peringkatnya, dan software ini akan melakukan analisisnya untuk kamu.

  • Video Niche Finder

video niche finder
Sumber: gstatic.com

Video Niche Finder adalah software yang umumnya digunakan untuk mengoptimalkan traffic pada halaman YouTube. Traffic merupakan jumlah kunjungan yang diterima oleh website-mu, dan ini dipengaruhi oleh keywords yang kamu gunakan. Software ini akan membantumu menemukan keywords yang peringkatnya tinggi di Google maupun YouTube. Selain itu, software ini juga sangat membantu dalam analisis SEO YouTube kompetitor kamu. Software ini membantumu melihat keywords yang mereka gunakan, sekaligus menunjukkan keywords populer yang belum mereka gunakan.

Misalnya, hasil analisis software menunjukkan bahwa kompetitor menggunakan keywords ‘vlog,’ dan ‘liburan.’ Software ini juga akan menunjukkan keywords lain yang populer dan terkait dengan konten, namun belum digunakan oleh kompetitor. Contohnya adalah ‘jalan-jalan’.

Web Based Software
 

web based softwareSumber: pantunstudiobali.com

Berbeda dengan Dekstop Based Software, jenis software ini dapat digunakan secara online pada situsnya masing-masing. Dengan demikian, kamu dapat menggunakannya secara langsung tanpa perlu melakukan instalasi software tersebut. Berikut ini adalah beberapa software yang bisa kamu gunakan secara online untuk menganalisis SEO.

  • Ahrefs

ahrefsSumber: nurzaga.com

Sama halnya dengan GSA Search Engine Ranker, Ahrefs merupakan software yang dapat membuat backlink website kamu bekerja lebih optimal. Fitur utama yang dimiliki oleh Ahrefs adalah Site Explorer, Content Explorer dan Position Explorer. Site explorer memungkinkan kamu untuk melihat data mengenai link kamu secara keseluruhan, seperti jumlah backlink, backlink website kompetitor, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Memulai Riset Evaluasi Bagi Perkembangan Bisnis

Sementara itu, content explorer dan position explorer dapat digunakan untuk melihat konten dan halaman website yang sebaiknya kamu gunakan sebagai backlink, berdasarkan besarnya pengunjung yang melihat konten dan halaman tersebut. Kemudian, tampilan pada Ahrefs juga mempermudah navigasimu di website-nya dengan memisahkan hasil analisisnya ke dalam tab-tab berbeda sesuai konteks. Misalnya, tab untuk analisis keyword berbayar dipisahkan dari keyword berbayar.

  • SEMRush

semrush
Sumber: profitablebusiness.online

SEMrush memiliki kurang lebih 40 juta domain dan lebih dari 95 juta keywords dalam basis datanya. Oleh karena itu, SEMrush merupakan salah satu online software yang juga efektif untuk menganalisis apakah keywords yang kamu pakai tergolong populer dan mampu mengundang pengunjung ke website-mu. SEMRush juga dapat memberikan informasi mengenai website apa saja yang sudah menggunakan keywords tersebut. Software ini memberikan tampilan yang lebih mudah bagi kamu untuk melakukan analisis keywords tersebut dan mampu menganalisis keywords yang tidak berbayar maupun keywords pada iklan yang berbayar.

  • MOZ SEO Toolbar

Moz SEO
Sumber: assets.pcmag.com

Meskipun berbayar, MOZ SEO Toolbar merupakan salah satu software analisa domain website terbesar yang sudah digunakan sejak kemunculannya pada tahun 2010. Selain menganalisa website berdasarkan keywords, MOZ SEO Toolbar juga memberikan data rinci mengenai jumlah pengunjung, tingkat bounce rate (rata-rata pengujung website menutup halaman suatu website sesaat setelah halaman tersebut dibuka), tingkat popularitas, hingga page authority (tingkat kualitas sebuah domain website). Selain itu, MOZ SEO Toolbar ini memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan kompetitornya yang memiliki fungsi sama, yaitu www.alexa.com.

Banyak sekali software lainnya yang dapat digunakan dalam proses analisa dan pencarian data untuk SEO dari sebuah domain website. Namun, masing-masing software seperti yang telah disebutkan di atas memiliki tampilan dan kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengenal masing-masing software agar kamu bisa memilih mana yang paling cocok dan nyaman digunakan, terutama oleh para web developer.


Sumber Referensi

Daulay, Melwin Syafrizal. (2007). Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Yogyakarta: Andi.
Odom, Sean. (2011). SEO for 2011: Search Engine Optimization Secrets. London: Media Works Publishing
Rivera, Andreas. (2017). The Best SEO Software of 2017.  http://www.toptenreviews.com/business/marketing/best-seo-software/  (Diakses pada tanggal 7 Maret 2017)


0 Comments