span 1 span 2 span 2

Bisnis

7 Cara Membuat Perbedaan dengan Produk Lain
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 5 menit

cara membuat perbedaan dengan produk lain
Sumber: ed100.org

Saat kamu bermaksud memasarkan sebuah brand, kamu dituntut oleh pasar untuk melakukan diferensiasi dari produk lain yang sudah beredar sebelumnya. Tak adanya perbedaan antara produkmu dengan produk lain akan membuat kamu dilabeli ‘copycat’, di mana kamu hanya melakukan imitasi terhadap barang orang lain. Namun, bagaimana cara membuat diferensiasi dengan produk lain? Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Bangun image yang berbeda
 

bangun image
Sumber: danielmelegari.com

Sebagai contoh, kamu menghadapi kompetitor yang membangun image sebagai produk yang paling lama ada di pasaran. Kamu dapat memilih untuk membangun citra sebagai produk modern yang menggunakan teknologi mutakhir, namun tetap user-friendly. Dalam membangun image, kamu perlu menonjolkan apa yang menjadi kelebihan produk kamu dan terus-menerus memberitahukannya kepada khalayak.

2. Buatlah perbedaan harga jual dengan kompetitor
 

buatlah perbedaan harga jual
Sumber: valueresearchonline.com

Perihal harga merupakan masalah yang penting bagi konsumen. Perbedaan harga mampu membuat perbedaan terhadap permintaan dan penawaran barang. Harga pun menjadi elemen yang bisa kamu pergunakan untuk melakukan diferensiasi produk kamu.

Bila kamu memiliki kompetitor yang menjual produk dengan harga mahal, kamu dapat menjual barangmu dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, konsumen yang loyal sekalipun akan tertarik membeli barangmu. Meskipun begitu, jangan lupa untuk mencocokkan harga dengan biaya produksi produkmu, agar diferensiasi harga tak sampai merugikan kamu.

3. Sasar target konsumen yang berbeda
 

sasar target konsumen
Sumber: radioadvertisingcalgary.com

Persaingan dalam bisnis merupakan sebuah hal yang wajar. Kamu tak lantas perlu mundur dari persaingan tersebut. Sebaliknya, kamu harus merancang strategi khusus agar tetap bisa mendapatkan tempat di pasar yang ketat dengan persaingan.

Salah satu caranya dalah dengan menyasar konsumen yang berbeda. Contohnya, jika kompetitor kamu menyasar khalayak di rentang umur remaja menuju dewasa, kamu dapat menyasar khalayak pada rentang umur dewasa saja. Kamu juga dapat menyasar khalayak tertentu yang spesifik, seperti perempuan dewasa. Dengan taktik ini, kamu dapat memegang segmentasi pasar yang fokus dan dapat menguntungkanmu.

4. Rancang strategi pemasaran yang unik dan kreatif
 

rancang strategi pemasaranSumber: bolojawan.com

Di era teknologi kini, bentuk aktivitas iklan dan pemasaran pun ikut mengalami perubahan. Semakin banyak media yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk kamu. Untuk melakukan diferensiasi, kamu perlu merancang strategi pemasaran yang unik, inovatif, dan kreatif. Buatlah kampanye yang menarik serta interaktif, yang membuat khalayak penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai produkmu.

5. Berikan bonus dan promo yang tak bisa didapati di kompetitor
 

berikan promo
Sumber: guardian.com.my

Kamu perlu secara teratur memberikan bonus dan promosi yang hanya bisa didapati pada produkmu. Hal ini dilakukan untuk menegaskan kepada konsumen bahwa kamu bersedia memberikan apa yang tidak mau kompetitor kamu berikan.

Sebagai contoh, kamu dapat memberikan promosi untuk hari-hari besar tertentu (Lebaran, Natal, Tahun Baru, Imlek, dan seterusnya). Kamu juga dapat memberikan bonus atau kejutan kepada konsumen, seperti program Beli 1 Gratis 1 ataupun bonus-bonus lain yang menarik bagi target konsumen kamu.

6. Jual di tempat yang berbeda dengan kompetitor
 

jual di tempat yang berbedaSumber: bluecollarcomp.com

Kamu juga dapat menjual produk kamu di tempat yang berbeda dengan kompetitor kamu. Misalnya kompetitor kamu menjual produk melalui warung-warung kecil, kamu dapat menjual produkmu melalui jalur grosir. Hal ini dilakukan agar kamu juga dapat menyasar tempat-tempat di mana kompetitor kamu tak berkiprah. Konsumen pun jadi semakin leluasa memilih produk kamu tanpa perlu memilih antara dua produk—produkmu dan kompetitormu.

7. Berikan pelayanan lebih baik
 

berikan pelayanan lebih baik
Sumber: hotelogix.com

Setiap konsumen tentunya senang diperlakukan dengan baik. Seperti kata pepatah lama, “pembeli adalah raja”. Karenanya, pastikan kamu memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen kamu. Biarkan mereka tahu bahwa kamu bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan keinginan mereka dan menanggapi aspirasi mereka. Beri pelayanan yang lebih baik dari yang mampu kompetitor kamu berikan.

Baca juga: Pentingnya Analisis Statistik dalam Sebuah Perusahaan

Kini kamu sudah tahu bagaimana cara membuat perbedaan antara produk kamu dengan produk lainnya yang ada di pasar. Siapkah mencoba taktik tersebut? Selamat Mencoba!


Sumber Referensi

Visram, Shazi. 3 Ways to Differentiate Your Business From Competitors. Diakses pada tanggal 28 Februari 2017 dari http://www.inc.com/shazi-visram/3-ways-to-differentiate-your-business-from-competitors.html
Gordon, Kim T. (2010). Five Ways to Outshine the Competition. Five Ways to Outshine the Competition. Diakses pada tanggal 27 Februari 2017 dari https://www.entrepreneur.com/article/207020


0 Comments