span 1 span 2 span 2

Bisnis

4 Cara Membuat Marketing Plan yang Baik
Oleh: Manggala Nayahi
Dibaca Normal: 2 menit

cara membuat marketing plan
Sumber: lawfirmsites.com

Ada dua hal yang lazim kamu siapkan sebelum memulai sebuah bisnis, yakni business plan dan marketing plan. Saat business plan sudah kamu buat, kini waktunya kamu memfokuskan diri untuk merancang marketing plan. Marketing plan disusun untuk memetakan kegiatan pemasaran yang bisnis kamu butuhkan guna mencapai tujuan. Dengan merancang marketing plan, kamu juga dapat mengukur kebutuhan anggaran untuk memasarkan produk kamu.

Seperti dilansir oleh Business News Daily, seorang profesor di bidang pemasaran dari McDonough School of Business di Georgetown University, Robert J. Thomas menyatakan bahwa marketing plan yang baik memiliki beberapa komponen:

1. Temukan insight yang jelas perihal mengapa konsumen potensial akan menggunakan barang atau jasa kamu
 

temukan insight yang jelas
Sumber: teachaway.com

Kamu perlu menemukan tujuan dan objektif yang jelas akan kemunculan produk kamu di pasaran. Sebuah produk yang baik harus mampu menawarkan penyelesaian dari masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Minimal, produk kamu dapat memenuhi kebutuhan konsumen lebih memuaskan dari kompetitor kamu. Jika kamu telah menemukan insight tersebut, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan cara pemasaran yang tepat.

2. Identifikasi target customers kamu
 

identifikasi target customers
Sumber: ifengimg.com

Lakukan identifikasi terhadap target pasar dan target sasaran kamu. Identifikasi ini dapat dilakukan setelah kamu mengadakan riset terhadap pasar yang kamu tuju. Setelahnya, kamu akan dapat memetakan karakteristik dari target pasar kamu. Target pasar ini sebaiknya kamu jabarkan karakteristiknya secara rinci, agar kamu tahu kemungkinan respon yang dia berikan terhadap produk kamu.

3. Identifikasi kompetitor kamu
 

identifikasi kompetitor
Sumber: dri.es

Selain melakukan riset terhadap pasar yang hendak kamu tuju, kamu juga wajib melaksanakan riset terhadap kompetitor kamu. Kompetitor ini meliputi mereka yang menawarkan produk yang mirip atau sama, maupun kompetitor yang telah lebih dulu berkiprah di pasar yang kamu tuju.

Identifikasi ini dilakukan agar kamu dapat menyusun strategi penawaran untuk menyaingi mereka. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui bagaimana mereka nantinya merespon produk yang akan kamu luncurkan.

4. Tuliskan brand-positioning statement bagi target customers kamu
 

tulis brand positioningSumber: gloriouscreative.co.uk

Pernyataan ini penting karena merupakan inti dari keseluruhan rencana marketing kamu. Dengan memiliki pernyataan yang jelas mengenai posisi brand kamu bagi konsumen, kamu dapat mengembangkan rencana pemasaran yang jelas dan strategis.

Buat pernyataan ini sejelas mungkin, berfokus kepada cara menyelesaikan permasalahan yang ada pada konsumen, serta mampu menjelaskan nilai-nilai yang dibawa oleh produk yang kamu buat.

Baca juga: Tips yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membangun Perusahaan Sendiri

Setelah mengetahui cara-cara di atas untuk membuat marketing plan yang baik, tentu tak ada lagi kebingungan mengenai bagaimana sebaiknya memasarkan produk kamu, bukan? Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Martin, Marci. (2016). 4 Creating Effective Business Marketing Plan. Diakses pada tanggal 28 Februari 2017 dari http://www.businessnewsdaily.com/4-creating-effective-business-marketing-plan.htm
Lavinsky, Dave. (2013). Marketing Plan Template: Exactly What to Include. Diakses pada tanggal 28 Februari 2017 dari http://www.forbes.com/sites/davelavinsky/2013/09/30/marketing-plan-template-exactly-what-to-include/#5416b87e3b82


0 Comments