span 1 span 2 span 2

Bisnis

Pentingnya Evaluasi Secara Berkala Untuk Perusahaan Anda
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

pentingnya evaluasi
Sumber: media-exp2.licdn.com

Evaluasi biasa kita lakukan setelah melakukan suatu kegiatan baik itu secara individual ataupun secara berkelompok di dalam suatu organisasi. Evaluasi adalah tahap akhir dari sebuah siklus manajemen strategi, baik itu strategi komunikasi, ataupun strategi pemasaran lainnya. Tanpa adanya tahapan ini, tingkat keberhasilan sebuah strategi tidak akan bisa dilihat. Begitu juga untuk keberlangsungan dampak kegiatan nya di masa depan. Penambahan atau pengurangan di sektor-sektor tertentu perlu dilakukan dalam suatu kegiatan evaluasi.

Apa itu evaluasi?
 

apa itu evaluasi
Sumber: quickanddirtytips.com

Menurut Patton (1987), evaluasi adalah sebuah proses yang secara kritis memeriksa program yang dijalankan. Yakni mengumpulkan dan menganalisis informasi sebuah aktivitas, karakteristik, dan keuntungan-keuntungannya. Tujuannya, untuk menilai suatu program, memperbaiki efektivitas, dan/atau menginformasikan programer yang mengerjakan. Berikut alasan mengapa kita harus mengevaluasi program yang kita lakukan.

  • Memperbaiki desain program dan implementasinya

Penting untuk melakukan pengecekan secara periodik untuk meyakinkan bahwa program yang dilaksanakan merupakan program yang efektif. Evaluasi bisa membantumu mengidentifikasi hal yang harus diperbaiki dan membantu untuk mencapai tujuan objektifnya.

  • Mendemonstrasikan dampak program yang terjadi

Evaluasi bisa memperlihatkan program yang tengah dikerjakan telah berhasil atau masih dalam proses.

Cara evaluasi yang baik
 

cara evaluasi
Sumber: irim.mn

1. Dibangun berdasarkan pengetahuan evaluasi yang baik
 

Evaluasi yang Anda buat haruslah ditujukan kepada tujuan dan objektif yang spesifik. Pengetahuan evaluasi yang baik dibutuhkan agar lembar evaluasi yang dibuat tidak keluar jalur dari jalan evaluasi yang baik.

2. Inklusif & jujur
 

Keterbukaan adalah kunci dari evaluasi secara inklusif. Hal ini menjamin banyaknya masukkan dari berbagai sudut pandang dan berdampak positif atas hasil evaluasi. Semakin banyak sudut pandang, hasil yang muncul akan semakin jelas dan terarah. Selain itu, dibutuhkan bukti-bukti yang memperkuat hasil program dalam evaluasi yang dijalankan.

3. Mudah diubah-ubah

Model evaluasi yang baik adalah model evaluasi yang fleksibel, bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun, tujuan evaluasi harus tetap sesuai dengan teori yang ada. Sehingga, tidka keluar dari koridor evaluasi yang baik.

Baca juga: Langkah yang Harus Dilakukan Untuk Membangun Startup

Banyak orang berpikir jika evaluasi hanya sekedar mengambil foto untuk bukti penyelenggaraan program. Namun, evaluasi semacam ini tidak akan membuat program di masa yang akan datang menjadi lebih baik. maka dari itu, penting untuk melakukan evaluasi secara berkala untuk perusahaan Anda. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Lohrey, Jockie. (n.d). “The Importance of Strategic Evaluation”. Dikutip dari http://yourbusiness.azcentral.com/importance-strategic-evaluation-25658.html. Diakses pada tanggal 12 Mei 2017.
Martinez, Cathy L. (2005). “The Importance of Evaluation. Dikutip dari https://www.guidestar.org/Articles.aspx?path=/rxa/news/articles/2005/importance-of-evaluation.aspx. Diakses pada tanggal 12 Mei 2017.


0 Comments