span 1 span 2 span 2

Bisnis

Cara Menggunakan Mailchimps Bagi Pemula
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

cara menggunakan mailchimps
Sumber: fiverr-res.cloudinary.com

Kamu mempunyai situs atau blog yang mengharuskan kamu untuk mengirim email secara masif dalam waktu yang banyak? Nah, kamu pasti sering atau setidaknya pernah mendengar tentang Mailchimps, kan? Aplikasi ini termasuk kategori aplikasi autoresponder  yang populer dibandingkan yang lainnya, khususnya di Indonesia. Kelebihan dari Mailchimps adalah, kamu bisa menggunakannya secara gratis hingga maksimal 2000 subscriber blog atau website yang kamu kelola. Berikut panduan penggunaan Mailchimps bagi pemula secara umum.

1. Konfigurasi list e-mail yang akan dituju
 

konfigurasi
Sumber: witbanknews.co.za

Fungsi utama dari Mailchimps adalah membuat list alamat e-mail pelanggan situs atau bisnis Anda sehingga sewaktu-waktu dapat mengirimkan e-mail kepada pelanggan Anda terkait bisnis Anda. Berikut tahapannya:

  1. Masuk ke menu “List”, lalu tekan tombol “Create List”. Isi data sesuai urutan seperti list name, default from email, sampai dengan notification.
  2. Setelah list dibuat, masuk kembali ke jendela List, klik icon bergambar orang di sebelah kanan dan pilih “Add subscriber”.
  3. Isi data customer Anda disini. atau, jika Anda sudah mempunyai data dalam file excel, Anda tidak perlu repot-repot mengisinya kembali. Cukup import file excel tersebut.
2. Memasang tombol subscribe di website
 

memasang tombol subscribe
Sumber: static1.squarespace.com

Tombol subscribe ini bisa kamu letakkan dimana saja di halaman situsmu. Ada dua tipe peletakkan yakni general forms dan embedded forms. Berikut tahap-tahapnya untuk menggunakan embedded forms.

  1. Buka dasbor Mailchimp, klik “List”, pilih List yang sudah dibuat, pilih “Sigbup forms”, tekan “embed form”
  2. Alam muncul pilihan “classic”, “super slim”, “horizontal”, “naked”, dan “advanced”. Pilih “classic” agar tampilannya terlihat lebih sederhana. Jangan lupa menonaktifkan javascript bila dipasang pada laman situsmu sendiri.
  3. Konfigurasi selesai, salin dan tempel kode yang dihasilkan untuk diletakkan di situs atau blog Anda.
3. Mengirimkan e-mail ke pelanggan
 

mengirimkan email ke pelangganSumber: marketingland.com

Email sudah terkumpul, pelanggan sudah siap untuk menerima newsletter atau email dari Anda. Berikut caranya

  1. Klik menu “Campaigns”, lalu klik “Create Campaign”. Pilih “Send to Entire List” untuk mengirim pesan ke seluruh alamat yang terdaftar, atau pilih “Send to a Segment” jika Anda ingin memilih hanya ke beberapa orang untuk menerima e-mail dari Anda. Klik “Next” di pojok kanan bawah.
  2. Isi detail tentang kampanye. Selain “From Name” dan “Reply To”, biarkan semuanya default. Klik “Next” yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Pilih template untuk email yang Anda kirim. Akan ada 4 pilihan template, yakni drag & drop editor untuk kalian yang ingin mengatur sendiri layout gambar dan konten yang ada di email Anda, my template jika ingin menggunakan template yang telah Anda buat sebelumnya. Lalu, basic untuk template yang siap isi, dan predesigner yang sudah tinggal mengedit kontennya.
  4. Setelah memilih template, isi konten email dan klik “Next”.
  5. Konfirmasi semua data yang terkumpul sudah benar, pilih “Send Now” jika ingin mengirim pesan tersebut pada waktu itu juga. Jika tidak, tekan “Schedule” untuk mengatur penjadwalannya.
  6. Email Anda telah terkirim!

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Pembukuan Perusahaan Anda

Bagaimana? Tidak sulit, bukan? Sudah banyak pelaku bisnis online yang menerapkan sistem autoresponder seperti ini. selain hemat waktu, tidak akan ada hal yang terlewat jika memanfaat aplikasi seperti ini. selamat mencoba!


Sumber Referensi

Setyo, Langgeng. (2013). “Cara Menggunakan MailChimp untuk Mengelola Newsletter Bisnis Anda”. Diakses dari http://mebiso.com/mailchimp-untuk-mengelola-newsletter-bisnis-anda/.  Pada tanggal 15 Mei 2017.
“Panduan Lengkap MailChimp untuk Strategi Email Marketing Anda”. Diakses dari http://www.pandagila.com/panduan-mailchimp-strategi-email-marketing/. Pada tanggal 15 Mei 2017.


0 Comments