span 1 span 2 span 2

Bisnis

Cara Belajar Wordpress Bagi Pemula
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

Bagi kalian yang ingin memulai bisnis di dunia maya, tentu harus mempunyai skill mengelola situs yang baik. untuk bentuk situs tertentu, memerlukan keterampilan khusus untuk mengelola situs agar menjadi seperti yang diinginkan. Namun, semakin kesini semakin mudah untuk mengatur tampilan website yang kamu kelola. Salah satunya menggunakan wordpress. Bagaimana caranya?

Konfigurasi awal
 

konfigurasi awal
Sumber: security.uci.edu

Jika kamu sudah memiliki situs yang sudah siap kamu atur. Mulailah mengatur halaman demi halaman di situsmu agar tersusun rapih dan siap dikunjungi para calon pembeli. Bagaimana caranya? Berikut caranya

  1. Login sebagai admin, masukkan email dan passwordmu.
  2. Setelah itu, pilih menu ‘setting’, lalu pilih menu ‘general’. Di menu ini kamu akan mengisinya dengan data situs seperti nama situs, tagline situs, alamat situs, dan lain-lain sesuai form yang disediakan.
  3. Lanjut ke menu ‘writing’, masuk ke ‘update services’. Masukkan url ping service yang akan memberitahu jika situsmu telah mengeluarkan artikel atau sesuatu yang baru.
  4. Terakhir, masuk ke settingan ‘permalink setting’, pilih ‘post name’. Lalu klik ‘save changes’.
Tips merawat webiste wordpress
 

tips merawat website
Sumber: proofpoint.com

1. Backup situsmu
 

Internet adalah tempat yang sangat berbahaya jika kamu hanya menaruh datamu di tempat tersebut. rawan terjadi pencurian data, bahkan pembajakan terhadap suatu situs. Apalagi jika situs yang kamu kelola mempunyai siklus konten yag tinggi. Banyak cara untuk melakukan backup terhadap situsmu. Bisa menggunakan FTP atau lewat penyedia hosting yang kamu gunakan.

2. Gunakan plugin yang up-to-date
 

Setiap software yang kamu gunakan harus tetap dirawat agar berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap aman. Untuk melakukan update terhadap plugin, sebulan sekali lakukan login kedalam situsmu. Semu aplugin yang terinstal akan secara otomatis di update.

3. Hindari menyetel plugin terlalu banyak
 

Setiap plugin yang disetel ke situs tentunya harus berguna dan efektif bagi situsmu. Beberapa plugin disarankan oleh para ahli seperti Yoast SEO, WordFence, dan lainnya. Banyak-banyaklah membaca review di situs-situs tekait kegunaan dan efektivitas suatu plugin. Menyetel plugin terlalu banyak hanya akan membuat situsmu semakin berat untuk diakses.

4. Kelola administrasi akunmu
 

Jangan lupakan untuk menjaga keamanan administratif situsmu. Biasanya,orang akan terlena ketika situs yang mereka kelola telah naik daun dan tidak mengurus keamanannya menuju tingkat yang lebih baik. misalnya dalam memberikan hak akses untuk menjadi admin situs tersebut.

5. Berinvestasi dalam web security
 

Semakin banyak yang mengakses situsmu, semakin banyak pula kamu harus berinvestasi kepada penyedia jasa keamanan situs yang kamu kelola. Satu yang paling diperhatikan adalah menjaga situs dari malware. Kamu bisa melihat review terhadap web security yang orang gunakan dalam menjaga keamanan situsnya.

Baca juga: Prinsip Dasar Membuat Pembukuan Perusahaan Anda

Dengan wordpress, kamu tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk memahami pengaturan website dengan belajar pemrograman. Tidak membutuhkan waktu lama kok untuk menguasai wordpress! Semoga berhasil.


Sumber Referensi

D’Amato, Trish. (2016). “5 Tips for Maintaining WordPress Websites”. Diakses dari http://www.business2community.com/online-marketing/5-tips-maintaining-wordpress-websites-01481920#8cWDzkTL0EjX4wmr.97. Pada tanggal 16 Mei 2017.
Dwiartara, Loka. (2016). “Konfigurasi Awal Pada WordPress Yang Harus Dilakukan”. Diakses dari http://www.ilmuwebsite.com/konfigurasi-awal-pada-wordpress-yang-harus-dilakukan. Pada tanggal 16 mei 2017.


0 Comments