span 1 span 2 span 2

Bisnis

Pentingnya Customer Service Plans untuk Bisnis
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 3 menit

pentingnya customer service plans untuk bisnisSumber: marketingdonut.co.uk

Dalam sebuah bisnis baik itu bidang barang ataupun jasa, banyak faktor yang harus diperhatikan untuk mengembangkan bisnis yang kamu kelola menjadi lebih baik. tentunya, faktor yang dikembangkan haruslah berbanding lurus dengan produktivitas perusahaan kamu. Salah satu faktor yang paling penting dalam sebuah bisnis yang berbentuk B2C (business to Consument) adalah customer service. Servis kita terhadap pelanggan merupakan ujung tombak gambaran perusahaan kita di mata konsumen. Maka dari itu, penting untuk menyusun customer service plans yang baik.

Mengapa customer service plans sangatlah penting?
 

mengapa customer service plansSumber: experts911.com

Jika kamu membeli suatu barang di sebuah toko, namun pelayanan toko tersebut tidak ramah. Maukah kamu untuk kembali ke toko itu lagi? Tentu kamu akan mencari alternatif toko yang lebih nyaman untuk disinggahi. Hal tersebut adalah sala satu faktor penting diperlukannya customer service plans bagi perusahaanmu. Selain itu, berikut poin-poin yang menjelaskan mengapa perencanaan terhadap pelayanan pelanggan harus dipertimbangkan secara matang.

  • Menambah loyalitas pelanggan.
  • Meningkatkan pengeluaran pengunjung terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan
  • Meningkatkan intensitas pembelian pelanggan
  • Membangun reputasi

Selain poin-poin diatas, tentunya masih banyak faktor lagi yang membuat perencanaan terhadap pelayanan pelanggan menjadi hal yang harus diperhatikan secara teliti.

Hal yang harus dilakukan dalam membangun dan menerapkan customer service plans yang baik
 

hal yang harus dilakukanSumber: thmb.tqn.com

Dalam membangun perencanaan pelayanan pelanggan yang baik, tentunya kamu harus mengetahui, bagaimana caranya terlihat baik di mata pelanggan. Dari situ, kamu bisa mengajarkannya kepada para karyawanmu untuk menerapkannya pada pekerjaan mereka. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memikat pelangganmu.

1. Memperlakukan pelangganmu layaknya raja
 

Kamu pasti sering mendengar “pelanggan adalah raja”, maksud dari kalimat tersebut adalah perlakukan pelanggan kamu dengan tidak semena-mena. Bantu dia dalam memenuhi kebutuhannya terkait perusahaanmu. Jangan meremehkan pelanggan yang datang karena keuntungan perusahaanmu tergantung dari seberapa banyak ia mengeluarkan uangnya terhadap bisnismu.

2. Mendengar dan menindaklanjuti masukkan dari konsumen
 

Dalam mendengarkan keluhan, tentunya persiapkan customer service yang tidak sekedar mendengar apa yang dikeluhkan oleh pelanggan. Namun, tindak lanjut dari pihak perusahaan terhadap pelanggan juga diperlukan. Mengapa? Karena hal ini termasuk ke dalam membangun kredibilitas konsumen dalam mempercayai perusahaanmu.

3. Memenuhi ekspektasi konsumen
 

Konsumen memiliki ekspektasi dalam menjalani proses pertukaran barang dan jasa di perusahaanmu. Untuk itu, berikan apa yang mereka inginkan sehingga bisa memenuhi ekspektasi mereka terhadap perusahaanmu. Jika bisa, berilah lebih agar mereka merasa terkesan dengan pelayananmu dan tidak segan kembali ke perusahaanmu dalam memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Pembukuan Sederhana Menggunakan Microsoft Excel

Dalam menyusun business plan, tentunya perlu untuk menetapkan customer service plans agar konsumen merasa betah dengan pelayanan yang perusahaan kamu berikan nantinya. Untuk itu, fokus terhadap tujuanmu sebelum menyusun keseluruhan yang kamu butuhkan. Namun jika kamu sudah memulainya, tidak ada salahnya untuk memperbaiki sektor pelayanan untuk memajukan perusahaanmu. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

“What is good customer service?”. Diakses dari  https://www.business.gov.au/info/plan-and-start/start-your-business/what-is-customer-service pada tanggal 10 Mei 2017.
Haden, Jeff. (2015). “How to Write a Great Business Plan: Products and Services”. Diakses dari https://www.inc.com/jeff-haden/how-to-write-a-great-business-plan-products-and-services.html pada tanggal 10 Mei 2017.


0 Comments