span 1 span 2 span 2

Bisnis

Pembukuan Sederhana Menggunakan Microsoft Excel
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 2 menit

pembukuan sederhana menggunakan microsoft excel
Sumber: investopedia.com

Bagi kalian para pelaku bisnis kecil-kecilan, tentu tidak mau kalau bisnisnya berantakan hanya karena pencatatan keuangan yang tidak rapih, bukan? Ada berbagai cara untuk melakukan pembukuan yang sederhana dan mudah dilakukan oleh orang awam akuntansi. Microsoft Excel menjadi alat bantu yang paling pas untuk mengerjakan hal ini. berikut caranya

1. Membuat format laporan keuangan pada Excel
 

membuat format laporan keuanganSumber: ytimg.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemformatan kepada lembar excel. Kolom-kolom yang dibutuhkan untuk laporan pembukuan sederhana tidak terlalu banyak, yakni:

  1. Nomor
  2. Tanggal
  3. Keterangan transaksi
  4. Debet
  5. Kredit
  6. Saldo

Meski hanya sedikit, namun ini adalah komponen paling penting dalam melakukan pembukuan. Setidaknya laporan keuangan usahamu akan lebih rapih dan mudah dimengerti.

2. Memasukkan rumus ke kolom saldo
 

Dalam pembukuan, tidak banyak fungsi yang digunakan,. Yakni fungsi IF, OR, dan fungsi SUM. Fungsi ini diterapkan agar kamu tidak perlu repot-repot menjumlahkan atau menambahkan debet dan kredit kedalam saldo yang ada. Berikut rumus fungsi yang bisa kamu salin dan tempel di kolom saldo paling atas di laporan keuanganmu. Tentunya, sesuaikan kolom yang ada di rumus tersebut (D7 dan E7) ke lembar kerjamu.

=IF(OR(D7<>0;E7<>0);SUM(D$7:D7)-SUM(E$7:E7);0)

Setelah rumus diatas dimasukkan ke dalam tabel yang dimaksud, maka akan terlihat seperti tabel dibawah ini.

memasukkan rumus ke kolom
Sumber: bp.blogspot.com

3. Memasukkan kolom ke saldo jumlah
 

Dalam saldo jumlah, ditaruh di kolom bawah agar terlihat hasil penjumlahannya. Kolom jumlah dipergunakan untuk melihat kondisi finansial terkini usahamu. Untuk ini, kamu juga perlu memasukkan rumus yang menjumlahkan kolom diatasmu, yaitu:

=SUM(D7:D14) untuk kolom debet
=SUM(E7:E14) untuk kolom kredit
=D15-E15 untuk kolom saldo

Baca juga: Cara Belajar Wordpress Bagi Pemula

Sesuaikan juga kolom yang dituliskan (D7,E7,D14,E14,D15,E15) dengan kolom di lembar kerjamu agar hasilnya tidak salah. Setelah rumus tersebut dimasukkan, laporan keuanganmu akan terlihat sebagai berikut.
 

memasukkan kolom saldo ke jumlah
Sumber: bp.blogspot.com

Tidak sulit, bukan? Sudah banyak pelaku bisnis yang menerapkan sistem pembukuan seperti ini. pun di zaman serba modern ini, semakin mudah untuk menuliskan pembukan lewat berbagai aplikasi pembantu yang bisa diunduh secara bebas di internet. Jika kamu sudah mengetahui langkah membuat pembukuan untuk perusahaan Anda, tentu usaha Anda bisa berkembang kearah yang lebih baik lagi. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

Warni, Sri. (2014). “Contoh Pembukuan Sederhana Dengan Excel”. Diakses dari http://zahiraccounting.com/id/blog/contoh-pembukuan-sederhana-dengan-excel/ pada tanggal 12 Mei 2017.
“Membuat Pembukuan Keuangan Menggunakan Excel”. Diakses dari http://tukangteori.com/2015/03/membuat-pembukuan-keuangan-menggunakan-excel.html pada tanggal 12 Mei 2017.


0 Comments