span 1 span 2 span 2

Bisnis

5 Cara Membuat Strategi Bisnis Untuk Pemula
Oleh: Susi Lubis
Dibaca Normal: 3 menit

cara membuat strategi bisnis
Sumber: megri.com

Jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pengangguran membuat sebagian orang memutar otak untuk tetap mendapatkan penghasilan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Dengan menciptakan lapangan perkerjaan sendiri, tentunya waktu kerja juga menjadi lebih fleksibel. Maka tak heran banyak yang mengambil kesempatan untuk menjadi pengusaha. Namun bagi sebagian orang, mengambil jalan menjadi seorang pengusaha sangat beresiko tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan strategi-strategi guna mengurangi resiko kegagalan.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:

1. Menjadi pribadi yang kreatif
 

menjadi pribadi kreatif
Sumber: bucurestifm.ro

Kreativitas adalah hal utama dalam membangun suatu usaha bisnis. Buatlah ide bisnis yang berbeda dengan bisnis yang sudah maju. Hal ini dikarenakan akan lebih sulit jika bersaing dengan bisnis yang sudah hadir lebih lama dan terkenal di masyarakat.

Untuk mendapatkan ide bisnis, Anda dapat melakukan riset kecil dengan membandingkan bisnis-bisnis usaha yang sudah ada, lalu tarik kesimpulan hal-hal apa saja yang tidak terdapat di dalam bisnis tersebut. Jika memang harus meniru bisnis yang telah ada, maka lakukan inovasi didalamnya.

2. Memiliki jiwa tahan banting
 

memiliki jiwa tahan banting
Sumber: newhope.com

Ingin punya bisnis tapi Anda termasuk pribadi yang mudah menyerah? Coba pikir-pikir lagi! Karena terdapat dua kemungkinan, bisnis anda sukses atau gagal. Bagus jika bisnis Anda langsung sukses, tapi bagaimana jika gagal? Pastinya Anda pernah mendengar ungkapan “gagal adalah keberhasilan yang tertunda”, hal ini berlaku dalam dunia bisnis.

Jika Anda menemukan kegagalan di awal berbisnis, jangan langsung menyerah dan meninggalkan bisnis Anda begitu saja. Pelajari pokok permasalahan dari kegagalan tersebut, lalu cari solusi yang tepat, dan bangun kembali bisnis Anda. Di dalam dunia bisnis sangat memerlukan orang-orang yang tangguh.

3. Pilih bisnis sesuai passion
 

pilih bisnis sesuai passionSumber: andrewwoodinc.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bisnis sangat rentan dengan kegagalan terutama pada awal membangun sebuah bisnis. Untuk menyiasatinya, pilihlah usaha bisnis yang memang Anda sukai atau sesuai passion. Hal ini dikarenakan Anda akan lebih bertahan dan berjuang ketika sedang berada di masa-masa sulit, misalnya saat bisnis kuliner sepi pembeli, jika Anda suka memasak tentunya akan mencoba resep-resep baru agar lebih disukai pembeli.

4. Bangga terhadap usaha Anda
 

bangga terhadap usaha anda
Sumber: betanews.com

Banggalah dengan usaha yang sedang Anda lakukan. Bagaimana orang lain akan menyukai produk/jasa yang Anda tawarkan jika Anda sendiri tidak bangga dengan produk/jasa Anda sendiri? Promosikan dengan bangga produk/jasa Anda pada keluarga dan teman-teman Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk sendiri untuk kegiatan sehari-hari seperti memakai baju dari toko sendiri.

5. Berikan kualitas terbaik
 

berikan kualitas terbaik

Sumber: vandelaydesign.com

Kualitas tidak dapat membohongi konsumen. Jalani bisnis Anda dengan jujur dan berikan kualitas terbaik kepada konsumen agar mereka merasa puas dengan produk/jasa Anda. Tenang saja kualitas terbaik akan membuat konsumen selalu datang kepada Anda lho!

Baca juga: Pentingnya Peran Akuntansi dalam Berbisnis

Strategi-strategi di atas dapat Anda aplikasikan dalam mengembangkan usaha bisnis. Ingat selalu bahwa membangun suatu usaha sangat diperlukan kerja keras dan pantang menyerah. Jangan takut untuk memulai usaha dari bawah ya!Dengan kerja keras, usaha dapat berkembang dan tentunya Anda dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain.


Sumber Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=eHzAtxW3TzY&t=132s
https://www.cermati.com/artikel/10-tips-sukses-memulai-bisnis-untuk-pemula-10


0 Comments