span 1 span 2 span 2

Bisnis

Panduan Google Analytics Untuk Bisnis
Oleh: Doni Rahman
Dibaca Normal: 1 menit

panduan google
Sumber: cmscritic.com

Google analytics, sebuah aplikasi untuk menganalisis statistik di internet, khususnya di google. Secara kasar, google analytics adalah sebuah aplikasi untuk menganalisa kegiatan yang terjadi di situs yang tengah kamu kelola. Google analytics biasa digunakan untuk menganalisa kemungkinan bisnis terutama yang dilakukan secara online. Namun, bagaimana panduan google analytics untuk bisnis? Berikut tips nya.

Menginstall tracking code
 

menginstall tracking code

Sumber: hubspot.net

Tracking code adalah sebuah kode yang digunakan untuk menelusuri perkembangan situsmu. Tracking code ini haruslah disetel di setiap halaman di situsmu, fungsinya untuk menganalisa

  1. Login sebagai admin, masukkan email dan passwordmu.
  2. Setelah itu, pilih menu ‘setting’, lalu pilih menu ‘general’. Di menu ini kamu akan mengisinya dengan data situs seperti nama situs, tagline situs, alamat situs, dan lain-lain sesuai form yang disediakan.
  3. Lanjut ke menu ‘writing’, masuk ke ‘update services’. Masukkan url ping service yang akan memberitahu jika situsmu telah mengeluarkan artikel atau sesuatu yang baru.
  4. Terakhir, masuk ke settingan ‘permalink setting’, pilih ‘post name’. Lalu klik ‘save changes’.
Setting goals


setting goals

Sumber: kissmetrics.com

Bagi kalian yang menggunakan google analytics untuk berbisnis, tidak boleh melewatkan bagian ini. yakni menyusun setelan goals atau tujuan. Setelan ini bisa ditemukan di bagian ‘Admin’ dan klik pilihan ‘Goals’.

  1. Pilih ‘New Goals’ untuk memulai, klik ‘Custom Settings’ untuk panduan ini. sebenarna, kamu bisa memilih pilihan yang sudah disediakan di menu ‘template’, namun semua tergantung dengan kebutuhan bisnismu.
  2. Tentukan ‘goal description’ dan isi sesuai dengan deskripsi tujuanmu. Tentukan ‘Destination’ menjadi ‘Begins With’. Masukkan URL terkait halaman konfirmasi terima kasih.Klik ‘Next Step’.
  3. Sesuaikan fungsi value dan funnel, klik ‘Create Goal’.

Baca juga: Cara Belajar Search Engine Optimization Bagi Pemula

Dengan ini, kamu sudah sedikit lebih tahu kan tentang google analytics? Bisnis yang kamu kelola tentu akan menjadi lebih baik dengan bantuan google analytics. Tentunya, kamu harus mempunyai tekad yang kuat dalam mengelola bisnismu. Semoga berhasil!


Sumber Referensi

Hines, Kristi. (2015). “The Absolute Beginner's Guide to Google Analytics”. Diakses dari https://moz.com/blog/absolute-beginners-guide-to-google-analytics. Pada tanggal 17 Mei 2017.
Hines, Kristi. (2014). “How to Use Google Analytics: Getting Started”. Diakses dari http://www.socialmediaexaminer.com/google-analytics-basics/. Pada tanggal 17 Mei 2017.


0 Comments